SELEBRITI

Sederet Tips Bikin Lagu Hits Ala Rian D'Masiv: Harus Percaya Diri, Selalu Berdoa Kepada Tuhan

Kamis, 22 Juli 2021 22:19 Penulis: Umar Sjadjaah

Rian D'Masiv - instagram.com/rianekkypradipta

Kapanlagi.com - KLovers tentu sudah tahu dong bahwa Rian Ekky Pradipta atau akrab disapa Rian D'Masiv adalah musisi yang juga produktif dalam menciptakan sejumlah judul lagu yang meledak di pasaran. Sederet lagu yang akrab di telinga kita: Di Antara Kalian, Rindu Setengah Mati, dan Sudahi Perih Ini adalah sedikit dari mahakarya pria yang juga menyukai sepak bola ini. 

Rian mulai bergabung di grup D'Masiv sejak tahun 2003. Bersama Kiki, Rai, Rama, dan Wahyu ia menjadi salah satu pendiri grup band papan atas dengan banyak lagu hits yang masih eksis hingga kini.

Tak hanya produktif menciptakan lagu untuk D'Masiv, Rian juga menciptakan lagu untuk beberapa penyanyi lain. Terbaru, ia mencipatakan lagu untuk pasangan selebriti yang jadi idola banyak netizen yaitu Rizky Billar dan Lesti Kejora.

Dilansir dari akun Youtube Rian Ekky Pradipta, pria 34 tahun tersebut membocorkan sederet rahasia dan fakta unik yang biasa ia lakukan dalam membuat sebuah lagu. Seperti apa? Yuk simak artikel ini sampai habis ya!

1. Pagi Hari

Credit: instagram.com/rianekkypradipta

Tips pertama dari Rian D'Masiv adalah soal waktu yang menurutnya dirasa paling pas. Ia menyarankan agar proses penciptaan lagu dilakukan di pagi hari.

"Biasanya kalau aku buat lagu itu pagi. Ya, karena pagi itu kita bangun tidur. Masih fresh. Banyak inspirasi datang di pagi hari gitu," ujarnya.

Bahkan ada sebuah lagu yang nyatanya Rian dapatkan dari alam mimpi. Begitu bangun, ia langsung mengambil gitar dan mereka ulang apa yang ia dapatkan di mimpinya pada malam itu. Wow!

"Lagu Rindu Setengah Mati itu gue dapatnya malah di mimpi. Jadi pas mimpi terekam notasi lagu itu. Pas bangun, langsung ambil gitar dan dapat deh notasi untuk reff lagu itu," ujar Rian sambil tersenyum.

2. Punya Banyak Referensi

Credit: instagram.com/rianekkypradipta

Tips kedua, Rian mengaku bahwa alangkah lebih baik apabila kamu yang ingin menciptkan sebuah lagu itu punya banyak referensi lagu berbagai musisi besar terdahulu.

"Gue dari bersyukur banget kecil punya bokap yang bermusik dan ngasih banyak musik referensi musik, seperti Chichago, The Beatels, The Rolling Stones, dan Electric Light Orchestra. Kalau musisi Indonesia salah satunya Chrisye," ujarnya.

3. Jangan Tunggu Mood Datang

Credit: instagram.com/rianekkypradipta

Ia kemudian menjelaskan bahwa untuk menciptakan sebuah lagu, biasanya orang-orang menunggu suasana hati yang baik atau mood datang kepadanya. Setelah itu barulah orang tersebut dapat menciptakan lagu. Namun Rian memberi tips versinya.

"Kalau gue tipenya gak mau nunggu mood datang dulu. Gue akan berusaha untuk menciptakan mood baik tersebut, bagaimanapun situasinya. Gue bersyukur selama ini Tuhan selalu memberi notasi dan lirik dengan cepat," tuturnya.

4. Mohon pada Tuhan

Credit: instagram.com/rianekkypradipta

Rian menjelaskan bagian terpenting dalam proses menciptakan lagu. Ia berkata bahwa bagaimanapun juga yang memberi inspirasi dalam penciptaan lirik dan notasi sejatinya adalah Tuhan Yang Maha Esa.

"Ini yang terpenting. Jangan pernah merasa sok hebat. Karena yang memberi dan menciptakan lirik dan notasi yang hebat adalah Tuhan Yang Maha Esa. Gue selau berdoa pada Tuhan agar diberi lirik dan notasi yang bagus," ujar ayah dari dua anak ini.

5. Harus Percaya Diri

Credit: instagram.com/rianekkypradipta

Rian mengaku bahwa dulu saat SMP ia pernah membuat lagu yang menurutnya 'cemen'. Namun saat itu ia tetap percaya diri atas hasil karyanya. Ia memberi garis bawah pada sikap tak takut untuk membuat karya, baik atau buruk.

"Lagu itu harus jujur. Apa yang keluar dari kita, kita harus pede. Mau orang bilang jelek ya yang penting kan lagu kita. Jangan pernah takut bikin lirik dan not jelek," jelas Rian yang bicara soal kepercayaan diri kemantapan hati.

6. Lakukan Ini Bila Ternyata Mirip Lagu Lain

Credit: instagram.com/rianekkypradipta

Rian memberi tips apabila di kemudian hari ternyata lagu yang kita ciptakan memiliki kemiripan dengan lagu yang telah ada sebelumnya.

"Namanya not kan cuma tujuh ya. Pasti ada lah kalau dimirip-miripin dengan lagu lain. Tips dari gue, kalau setelah membuat lagu ternyata ada kemiripan, maka 'dibelokin' dikit aja," ujar Rian dengan mencontohkan lagu Widuri yang memiliki kemiripan dengan lagu Sudahi Perih Ini.

7. Bikin Lagu Saat Ada Tekanan

Credit: instagram.com/rianekkypradipta

Bagi sebagian orang, bekerja dengan tekanan justru malah bisa membuat hasil pekerjaan maksimal dan lebih produktif. Hal yang sama dirasakan oleh Rian.

"Gue itu kalau ada deadline malah bisa semakin maksimal buat lagunya. Banyak orang bilang juga lagu-lagu yang tercipta pas gue susah dulu bagus-bagus. Gue selalu memposisikan diri gue ada di wilayah gak nyaman pas nyiptain lagu," jelasnya.

8. Jangan Jadi Beban

Credit: instagram.com/rianekkypradipta

Rian memberi tips pada netizen bahwa jangan ada beban saat menciptakan sebuah lagu. Sebaiknya proses penciptaan sebuah lagu dilakukan dengan rasa riang gembira, sekalipun dalam tekanan seperti perkataannya sebelumnya.

"Janganlah bikin lagu itu karena terpaksa, ada beban. Bikin lagu itu harus seneng. Apapun yang kita kerjakan karena cinta dan senang maka tak akan jadi beban," tutupnya.

Nah, itulah sederet tips menciptakan lagu dari sang vokalis yang sudah malang melintang di dunia tarik suara sejak bertahun-tahun yang lalu. KLovers, yuk mulai berkarya dari sekarang, siapa tahun karyamu bakal dikenal seluruh penjuru negeri!

 

(kpl/ums)

Editor: Umar Sjadjaah


REKOMENDASI
TRENDING