Septian Dwi Cahyo, Pekerja Seni Pantomim Yang Kini Aktif Kembali di Dunia Hiburan

Senin, 13 November 2017 20:15 Penulis: Tyssa Madelina
Septian Dwi Cahyo, Pekerja Seni Pantomim Yang Kini Aktif Kembali di Dunia Hiburan Septian Dwi Cahyo. © Instagram/septian_dwi_cahyo

Kapanlagi.com - Dunia pantomim di Tanah Air pernah melambung setelah dekade 1986. Ketika itu muncul bersamaan dengan tren breakdance. Hingga 1997, geliatnya masih terasa, baik pantomim klasik atau pantomim yang lebih menyasar ke dance. Namun, belakangan, pantomim seolah hilang. Geliatnya tak terasa lagi, baik di panggung kesenian atau panggung hiburan lainnya.

Meski jarang bahkan langka pertunjukan pantomim digelar, artis Septian Dwi Cahyo terus berupaya memperkenalkan kesenian gerak tubuh dan ekspresi wajah itu. Hal ini dibuktikannya saat kembali menghibur pemirsa lewat layar kaca.

Tokoh Pantomim Indonesia ini sempat diundang di salah satu acara televisi HITAM PUTIH. Kala itu, ia berkolaborasi dengan Deddy Corbuzier pada sesi di akhir segmen. Dalam segmen yang dinamakan Kolaborasi Quote tersebut, Deddy akan membacakan sebuah kutipan dan kalimat bijak yang diiringi oleh gerakan pantomim dari Septian.

Saat ini, ia berkolaborasi dengan Dedy Corbuzier di salah satu segmen acara televisi. © Instagram/septian_dwi_cahyoSaat ini, ia berkolaborasi dengan Dedy Corbuzier di salah satu segmen acara televisi. © Instagram/septian_dwi_cahyo

Tentu bukan hal yang patut diremehkan untuk bisa menyelaraskan ucapan Deddy dengan gerakan dan mimik muka yang akan ditampilkan oleh Septian. Namun, bagi seorang profesional seperti dirinya, membangun imajinasi melalui kata yang terucap serta ditampilkan dalam sebuah gerakan yang apik tentu menjadi hal yang mudah.

Sebelumnya, nama Septian Dwi Cahyo sempat melambung perihal berbagai terobosannya dalam dunia seni pantomim. Septian sempat memiliki gagasan untuk menyatukan sanggar pantomim dalam satu wadah tingkat nasional. Selain itu, ia juga punya keinginan untuk membangkitkan kembali seni pantomim melalui anak sekolah dasar (SD) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Tampaknya, harapan Septian sedikit demi sedikit mulai terwujud. Ia mulai memupuk rasa cinta anak-anak penerus bangsa terhadap seni pantomim. Terbukti beberapa waktu lalu, ia pernah menjadi pembina Lomba Pantomim FLS2N tingkat nasional untuk anak-anak.

(kpl/tmd)

Editor:

Tyssa Madelina


REKOMENDASI
TRENDING