SELEBRITI

Sukses Buka Klinik Kecantikan, Selebgram dr Oky Pratama Sempat Tak Direstui Orangtua - Kena Tipu

Minggu, 02 Agustus 2020 20:00 Penulis: Canda Dian Permana

Dr Oky Pratama © KapanLagi.com/Adi Abbas Nugroho

Kapanlagi.com - Di era sosial media seperti saat ini, siapa pun bisa dengan mudah menjadi selebriti di dunia maya. Seperti dr Oky Pratama yang tidak hanya dikenal sebagai dokter kecantikan serta pengusaha, tapi juga selebgram.

Pria berusia 29 tahun ini mengaku awalnya memang ingin menjadi selebriti walau menganggap mukanya pas-pasan. Sayangnya impian itu tak mendapatkan restu dari orangtua yang inginkan anaknya berprofesi di bidang jasa.

"Awalnya selain dokter, pengen juga jadi artis waktu lulus SMA walau muka nggak ganteng-ganteng banget. Karena orangtua nggak mendukung, dirasa nggak ada jaminan, nggak boleh ambil sekolah di Jawa, terutama Jakarta biar fokus jadi dokter dan nggak jadi artis. Lalu saya masuk di kedokteran Universitas Baiturrahmah Padang," kata Oky dijumpai di kantornya, kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (1/8/2020).

1. Jualan Produk Kecantikan

Uniknya saat melakukan pengabdian di Madura, akun gosip di Instagram malah melejitkan namanya hingga menjadi selebgram. Karena pada saat itu ia menjual krim kecantikan, pamor krim tersebut ikut menjulang. Penjualan bersihnya sampai menyentuh angka ratusan juta.

"Sembari selesaikan studi saya jualan produk kecantikan. Karena di tahun 2015-2016 tidak banyak orang jualan online, hasil bersihnya cukup besar. Dari hasil penjualan saya alokasikan untuk membuka klinik pertama di Jambi, tempat kelahiran saya. Walau gambling juga ya, apakah jalan atau tidak," sambung Oky yang begitu lulus cum laude menolak mengambil spesialis kandungan dan diam-diam mengambil estetik di Amerika", jelasnya

2. Ditipu dan Diremehkan

Saat merintis pembangunan klinik Bening's Clinic, pertama, Oky Pratama sempat kena tipu ratusan juta oleh admin yang meng-handle barang jualannya. Namun hal itu tak menggoyahkan semangat hingga kini sukses sebagai dokter, pengusaha dan juga selebgram.

"Saya dirikan company ini tanpa bantuan orangtua. Kalau yang nggak tahu, saya dikira dibiayain orangtua, padahal nggak karena mereka awalnya nggak setuju. Saat merintis, saya juga pernah ditipu 130 juta lebih. Begitu buka, klinik nggak langsung ramai, bahkan merasa terhina juga ada pasien yang bilang 'Ngapain ke sini, ini klinik baru, dokter baru, belum tentu bagus'. Tapi saya ingin buktiin dan mampu mengalahkan yang sudah berdiri sebelumnya," tandas pria yang memiliki lima ratus ribu follower di Instagram ini.


REKOMENDASI
TRENDING