Suzanna Dikebumikan di TPU Giriloyo

Kamis, 16 Oktober 2008 15:26 Penulis: Yunita Rachmawati
Kapanlagi.com - Sesuai amanat sebelum meninggal, jenazah sang 'Ratu Horor' Suzanna (66), dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Giriloyo, Kota Magelang, Jawa Tengah, Kamis (16/10).

"Sesuai dengan wasiatnya, Suzanna kalau meninggal dunia tidak mau dipertontonkan dan diupacarakan secara besar-besaran," kata Penasihat Hukum keluarga Suzanna dengan suaminya, Clift Sangra, Bambang Tjatur Iswanto, S.H., di Magelang, Kamis (16/10).

Ia mengatakan, relatif tidak banyak orang yang datang baik di rumah duka di kawasan Kebon Dalem, Kelurahan Potrobangsan, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang maupun di pemakaman Giriloyo saat prosesi pemakaman artis tersebut.

Suzanna meninggal dunia di rumahnya, Rabu (15/10), sekitar pukul 23.15 WIB. "Tadi yang menghadiri pemakaman, Ketua RT, Ketua RW, Ketua Lingkungan, beberapa umat Katolik, yang mendoakan di rumah duka Romo Winarto. Doa di pemakaman dipimpin Prodiakon Melkias," katanya.

Clif Sangra mengatakan, Suzanna meninggal dunia karena menderita penyakit diabetes sejak beberapa tahun terakhir. Selama lima hari, sejak tanggal 1 Oktober 2008, katanya, Suzanna sempat dirawat di Rumah Sakit Harapan Kota Magelang. Setelah kondisinya berangsur membaik lalu dia dibawa pulang. "Tadi malam sempat minum susu sebelum tidur, sekitar 15 menit kemudian nampak mengambil napas dalam lalu kelihatan tertidur," katanya.

Clift mengaku, memanggil dua dokter pribadinya masing-masing dr. Hasman dan dr. Mia Pramudianti untuk melihat kepastian kondisi Suzanna. Ia juga memanggil pengacaranya, Bambang Tjatur Iswanto, S.H., ketua rukun tetangga, dan rukun warga setempat. "Dokter memastikan Suzanna meninggal dunia," katanya.

Pada Kamis (15/10) pagi, katanya, Kasat Reskrim Polresta Magelang, AKP Purwanto Hae Widodo memimpin anak buahnya melakukan identifikasi terhadap jenazah Suzanna.

Pemakaman berlangsung secara sederhana. Suzanna dimakamkan di samping kubur ibundanya, Yohana van Osch, dan di dekat makam salah satu anaknya, Ari Adrianus, dan kakaknya, Irene Beatrik van Osch.

Sebelum bersuami Clift, Suzanna menikah dengan Diki Suprapto dan memiliki dua anak yakni Kiki Maria dan Ari Adrianus. Sedangkan, pernikahannya dengan Clift dikaruniai seorang anak yakni Rama Yohanes.

Pada tahun 2006 terjadi pertengkaran di dalam keluarga Suzanna hingga ke meja hijau. Pertengkaran itu antara keluarga Clift - Suzanna dengan keluarga Abriyarso Priharto Boyoh - Kiki Maria.

Bambang Tjatur mengatakan, keberadaan dan nomor telepon Kiki Maria tidak diketahui Clift dan Suzanna setelah pertengkaran keluarga tersebut. "Tadi Kiki Maria tidak terlihat hadir, setelah pertengkaran itu tidak diketahui tempat tinggal dan nomor kontaknya," katanya.

Salah seorang kakak Suzanna, Wiliam, mengatakan, Kiki kini berada di Yogyakarta dan telah dikabari bahwa ibunya meninggal dunia dan sudah dimakamkan.  

(kpl/boo)


REKOMENDASI
TRENDING