SELEBRITI

Tegur Acara Ramadan Yang Tak Sesuai, MUI Akui Tak Punya Kewenangan Tutup Program

Kamis, 30 Mei 2019 09:01 Penulis: Sanjaya Ferryanto

© KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Baru-baru ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyorot beberapa program televisi yang tayang pada bulan ramadan ini. MUI menilai beberapa acara yang ditayangkan sudah jauh melenceng dari spirit keagamaan dan nuansa Ramadan.

Meski begitu secara jujur MUI mengatakan jika mereka tak memiliki kewenangan untuk menutup program. Untuk penutupan program, semua adalah ranahnya KPI.

 

1. Tak Miliki Kewenangan

"MUI tidak memiliki kewenangan untuk tutup menutup progam. Itu semua ranahnya KPI. Kami sudah merembuk dengan KPI. Bahwa tahun depan tidak ada acara Ramadan yang goyang-goyang gitu harus dibatasi dan mengurangkan unsur erotis," ujar Masduki Baidlowi (Ketua MUI Bidang Informasi dan Komunikasi) di Kantor MUI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (29/5).

"Ini sudah menerapkan regulasi yg sifatnya umum atau general. Kita sudah menyerahkan kepada KPI yang memiliki kewenangan. Itu keputusan KPI, kami hanya memeberikan masukan," tambahnya.

2. Berharap Adanya Tontonan Yang Tinggi

Dirinya mengatakan jika MUI berharap dengan adanya evaluasi, nantinya akan tercipta kebijakan-kebijakan baru yang lebih bagus. Kebijakan tersebut nantinya dapat digunakan untuk menciptakan tontonan yang berkualitas.

"Dengan harapan akan ada kebijakan-kebijakan yang lebih bagus untuk menciptakan sebuah tontonan yang tinggi sekaligus etika yang tinggi. Sehingga tontonan tidak menggambarkan kegampangan-kegampangan. Sehingga tidak membuat struktur pemahamaham masyarakat yang mentah menjadi semakin mentah, seperti itu," tutupnya.

(kpl/apt/frs)


REKOMENDASI
TRENDING