SELEBRITI

Terungkap Penyebab Thareq Kemal Anak Bungsu BJ Habibie Pakai Penutup Mata

Sabtu, 14 September 2019 13:10 Penulis: Ayu Srikhandi

Thareq Kemal Habibie © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Kemunculan Thareq Kemal Habibie yang merupakan putra bungsu almarhum BJ Habibie cukup ramai dibicarakan. Pasalnya, Thareq memiliki penamppilan yang cukup berbeda yakni dengan mengenakan penutup di sebelah mata kanannya.

Tentu banyak yang penasaran apa yang menyebabkan putra Presiden Republik Indonesia ke-3 itu sampai memakai penutup mata. Ilham Habibie yang merupakan kakak Thareq pun mengungkap soal penyakit yang diderita oleh adiknya ini.

1. Menderita Glaukoma

Ternyata selama ini Thareq Kemal menderita glaukoma yang merusak bagian retina matanya. Bahkan hingga saat ini belum ada teknologi yang bisa memulihkan kondisi mata pria 52 tahun tersebut.

Bahkan sebelumnya sempat beredar kabar kalau mendiang BJ Habibie mendonorkan retina matanya untuk sang putra. Namun Ilham langsung membantahnya karena sampai sekarang pun masih belum bisa disembuhkan bahkan dengan donor.

"Itu tidak bisa digantikan, dengan teknologi hari ini tidak bisa, sekali rusak selalu rusak. Belum ada metode pengobatannya," jelas Ilham di Jakarta, Jumat (13/9/2019), seperti yang dilansir Liputan6.

2. Tidak Tertolong

Glaukoma yang diderita Thareq sendiri disebabkan karena penyakit gula yang sudah dideritanya selama bertahun-tahun silam dan sampai merusak retina. Meski ada cerita hoax yang cukup menyentuh soal BJ Habibie mendonorkan retina untuk putra bungsunya, penyakit Thareq ini bisa dikatakan tidak bisa tertolong.

"Biarpun ya ceritanya indah didengar tapi secara teknis itu (donor retina dari BJ Habibie) tidak bisa dan tidak pernah terjadi kalau kita pakai bahasa, mungkin tidak bisa ditolong," ujar Ilham Habibie.


REKOMENDASI
TRENDING