SELEBRITI

Tidak Hanya Kekeyi, Sederet Seleb Ini Juga Pernah Tersandung Pelanggaran Hak Cipta

Sabtu, 06 Juni 2020 11:33 Penulis: Dita Tamara

Kekeyi, Syakir Daulay, Via Vallen (credit: instagram.com/rahmawatikekeyiputricantikka23; credit: instagram.com/syakirdaulay; credit: instagram.com/viavallen)

Kapanlagi.com - Baru-baru ini jagad dunia maya tengah dihebohkan dengan lagu Keke Buka Boneka. Bahkan, lagu tersebut menjadi trending pertama di youtube selama lebih dari sepekan. Tak tanggung-tanggung beberapa seleb dan juga selebgram tanah air juga ikut mengcover ulang dengan versinya masing-masing.

Namun, sayangnya di tengah melejitnya lagu tersebut, Kekeyi justru tersandung masalah akibat pelanggaran hak cipta. Rupanya, tidak hanya Kekeyi saja yang pernah tersandung masalah tersebut. Sebelumnya ada beberapa seleb yang pernah terlibat masalah akibat hak cipta. Siapa saja mereka? Berikut ini Kapanlagi.com merangkum dari beberapa sumber terkait seleb yang pernah tersandung pelanggaran hak cipta.

 

1. Kekeyi

Kabar terbaru tentang video berjudul Keke Buka Boneka tengah ramai menjadi perbincangan publik. Bahkan lagu berdurasi 3 menit 26 detik itu tercatat lebih dari 19 juta penonton dan menjadi trending pertama di youtube. Hal tersebut tentu membuat Kekeyi berbangga hati atas pencapaiannya itu.

Namun, belum puas dalam menikmati hal tersebut, Kekeyi harus terkena kasus akibat dugaan melanggar hak cipta lagu milik Rinni Wulandari. Klaim hak cipta pelanggaran lagu tersebut dilayangkan oleh pihak Sony Music Indonesia sebagai label yang dulu menggarap produksi lagu Aku Buka Boneka dan juga Novi Umar sebagai pencipta lagu Aku Buka Boneka. Akibatnya, video milik Kekeyi harus di take down. Namun, belum lama di takedown, lagu Keke Buka Boneka muncul kembali di trending pertama youtube.

 

2. Syakir Daulay

Syakir Daulay sempat terseret kasus hak cipta akibat mengcover lagu Aisyah Istri Rasulullah. Karena ke viralannya, lalu banyak pihak yang mempertanyakan status lisensi lagu Aisyah Istri Rasulullah ini. Penyanyi sekaligus youtuber Anji sempat membuat konten terkait lisensi lagu tersebut. Namun, belakangan ini, lagu Aisyah Istri Rasulullah telah dibeli lisensinya oleh Syakir Daulay.

Pihaknya juga mengatakan bahwa lagu yang dinyanyikannya itu menjadi trending, apabila tidak diurus ketakutan fatal muncul di benaknya. Sehingga ia memutuskan untuk membeli lisensi lagu tersebut. Syakir juga menyebutkan bahwa dirinya yang pertama dari Indonesia yang memiliki hak cipta dari Universal Malaysia.

3. Gen Halilintar

Selanjutnya, kasus pelanggaran hak cipta terjadi pada keluarga Gen Halilintar. Nagaswara merupakan sebuah perusahaan rekaman menuduh keluarga youtuber ini telah mengcover lagu Lagi Syantik milik Siti Badriah tanpa izin. Seperti yang diketahui, Siti Badriah merupakan penyanyi di bawah manajemen nagaswara. 

Dalam kasus tersebut, Gen Halilintar juga mengubah beberapa lirik lagu tersebut. Hal tersebutlah yang membuat perusahaan rekaman musik tersebut tidak terima dengan adanya unggahan cover lagu Lagi Syantik di akun youtube milik Gen Halilintar.

4. Via Vallen

Perseteruan antara drummer Superman is Dead (SID) Jerinx SID engan pedangdut Via Vallen banyak menjadi perbincangan. Jerinx mulanya memprotes Via Vallen melalui akun Twitter dan Instagram pribadinya menuduh pelanggaran hak cipta hingga saat membawakan lagu Sunset di Tanah Anarki.

Menanggapi tuduhan tersebut, Via Vallen pun akhirnya angkat bicara dan menanggapi protesan Jerinx melalui akun Instagram pribadinya. Pihaknya tidak terima akibat tuduhan dari Jerinx. Namun, dengan adanya kasus tersebut, akhirnya Via Vallen meminta maaf atas kejadian tersebut.

5. Iwan Fals

Selanjutnya, penyanyi senior Iwan Fals juga sempat terseret kasus akibat pelanggaran hak cipta. Kasus tersebut bermula saat Iwan Fals membawakan lagu Bencana Alam disebuah stasiun televisi pada 16 Oktober 2009 silam.

Toto Goenarto sebagai pencipta lagu tersebut tidak terima lantaran stasiun televisi tersebut mencantumkan lagu itu karangan dari Iwan Fals. Dalam keterangannya, pihak televisi mengaku jika pencantuman nama tersebut sudah berkoordinasi dengan Iwan Fals. Akibatnya, Toto melaporkan kejadian tersebut ke Polda Metro jaya tentang pelanggaran hak cipta.

Itulah beberapa seleb tanah air yang pernah tersandung masalah pelanggaran hak cipta. Menurut kalian siapa yang paling kontroversi?

 


REKOMENDASI
TRENDING