Tinggalkan Indonesia Demi Prancis, Anggun Ubah Takdirnya

Kamis, 10 September 2015 06:22 Penulis: Guntur Merdekawan
Tinggalkan Indonesia Demi Prancis, Anggun Ubah Takdirnya Anggun © KapanLagi.com®
Kapanlagi.com - Nama Anggun C Sasmi sempat ramai jadi bahan perbincangan publik ketika sang diva memutuskan untuk 'pergi' dari Indonesia ke Prancis. Pasalnya, tak cuma mengadu nasib sebagai penyanyi, wanita berusia 41 tahun itu juga mendaftarkan dirinya sebagai warga negara Prancis.

Keputusan Anggun itu tak pelak memancing kontroversi. Beberapa fans setia mengaku bangga karena ada penyanyi Indonesia yang akhirnya bisa go international, namun di lain sisi, ada yang menyebutnya sebagai pengkhianat karena telah jadi warga negara Prancis.

Jika selama ini Anggun tak terlalu terbuka mengenai keputusan besarnya, kini ia mulai berani bicara. Lewat sebuah proyek video bertajuk #ChangeDestiny, ia menjelaskan dengan detail mengenai alasannya meninggalkan Indonesia demi mengejar karirnya di pasar Internasional, yang mana bukanlah hal dan keputusan mudah baginya.

"Sukses di masa muda bisa jadi berbahaya. Saat saya kembali ke Indonesia, saya terjebak dengan kesuksesan saya sendiri. Harus saya akui, itu bukanlah masa-masa yang paling bahagia. Sebenarnya agak lucu karena saat kita sukses tapi kita tidak bahagia. Pasti ada sesuatu yang salah. Waktu itu saya butuh sesuatu yang lebih, sesuatu yang lebih bermakna dalam kehidupan saya yang nyata. Jadi saya mengemas musik saya, pergi dari Indonesia, meninggalkan semua yang saya tahu," ujar Anggun di video tersebut.

Sebelum sukses membesarkan nama di Prancis, Anggun awalnya mengadu nasib di London, Inggris. Sayangnya, di sana ia ditolak mentah-mentah dan gagal. Namun hal itu tak membuatnya menyerah begitu saja.

"Lalu sesampainya saya di London, saya harus bekerja keras agar bisa sukses karena tak seorang pun mengenal saya. Saya bukan selebriti, saya bekerja dengan gigih, menulis lagu, membuat demo rekaman, mengetuk pintu label-label rekaman. Saya tak terbiasa dengan pekerjaan seperti itu, sering begadang, sering pergi bolak-balik menemui orang-orang dan sebagainya, saya harus meyakinkan mereka. Saat saya sadar bahwa saya tidak akan berhasil di London, saya sedih sekali. Tapi yang menahan saya untuk tidak pulang adalah, saya sudah berjanji pada diri sendiri bahwa saya tidak akan pulang dengan tangan kosong," sambung pelantun lagu Mimpi itu.

Salah satu cuplikan Anggun di #ChangeDestiny © Youtube/SK-II IndonesiaSalah satu cuplikan Anggun di #ChangeDestiny © Youtube/SK-II Indonesia

Karir Anggun di panggung Internasional memang mulai membaik ketika ia pindah ke Prancis. Dari sana ia sadar bahwa setiap orang pasti pernah gagal dan terjatuh, namun bagaimana caranya kita bisa bangkit dan mencari solusi lain untuk menyelesaikan masalah tersebut.

"Jika kita melihat suatu masalah dari sudut pandang berbeda, kita akan mendapat solusi berbeda, jadi itulah yang saya lakukan. Saat saya memutuskan untuk pindah dari Inggris ke Prancis, saya seperti mengalami pencerahan. Setelah semua penolakan itu, saya bertemu dengan orang yang tepat. Lalu semuanya bagaikan menemukan potongan-potongan puzzle, tapi itu semua sebenarnya ada di depan kita. Dalam sekejap rasanya begitu seru. Saat titik balik yang mengubah hidup saya itu muncul, kita harus siap dan mampu menggapainya. Saat saya menengok ke belakang, saya sadar dan harus melalui itu semua agar bisa jadi saya yang sekarang," pungkasnya.

Apa pendapat kalian mengenai sosok Anggun setelah mendengar ceritanya itu? Tulis komentarmu di bawah ya!


Video by: SK-II Indonesia

(kpl/gtr)


REKOMENDASI
TRENDING