SELEBRITI

Tulis Nota Pembelaan Sendiri, Vicky Prasetyo Berharap Hakim Mau Mempertimbangkan Hukumannya

Kamis, 05 Agustus 2021 21:00

Vicky Prasetyo © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Sidang pencemaran nama baik dengan terdakwa Vicky Prasetyo kembali digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dalam sidang, suami Kalina Oktarani itu membacakan sendiri pledoi atau nota pembelaan.

"Iya dirangkai sendiri kan tadi, (disusun) dari persidangan awal sampai sekarang," ucap Vicky Prasetyo usai sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (5/8).

Nota pembelaan yang dibacakan di depan hakim dikatakan Vicky Prasetyo ditulis berdasarkan fakta-fakta dan pernyataan saksi di persidangan. Untuk itu, mantan suami Angel Lelga itu berharap hakim nantinya bisa mempertimbangkan saat menjatuhkan vonis.

"Bahwa seperti yang disampaikan saksi-saksi, mereka (sebut) laki-laki ada di dalam kamar mungkin itu jadi pertimbangan," kata Vicky Prasetyo.

Dari awal hingga kini, Vicky Prasetyo terus menegaskan kalau penggerebekan yang dilakukannya pada Angel Lelga yang saat itu masih berstatus istrinya semata-mata untuk menjaga martabatnya sebagai suami.

"Jangan sampai nanti jadi ajang percontohan perkara ini untuk semua wanita yang melakukan kesalahan atau berada di dalam kamar bersama lelaki lain saat seorang suami membela kehormatan keluarganya, tapi malah jadi dia (suami) yang bermasalah," pungkasnya.

1. Tak Alami Kesulitan Saat Menulis Nota Pembelaan

Menurut tim kuasa hukum Vicky Prasetyo, tak terlalu sulit untuk menuliskan nota pembelaan. Sebelas dua belas dari yang disampaikan Vicky, kuasa hukum menegaskan bahwa apa yang dituliskan dan disampaikan benar-benar fakta yang dialami oleh kliennya terkait perkara itu.

"Jadi ini bukan hal yang rumit karena itu fakta semua. jadi klien kami tinggal menceritakan. Kami sandingkan dengan peraturan perundangan yang berlaku dan fakta persidangan yang kami sampaikan dalam bentuk pembelaan, jadi biasa saja," kata Arif selaku kuasa hukum Vicky di PN Jakarta Selatan, Rabu (29/7/2021) lalu.

Dalam kesempatan yang sama, Vicky sempat memberikan bocoran isi dari nota pembelaan. Suami Kalina Oktarani ini mengaku hanya mencoba untuk mengungkap kejadian yang sebenarnya atas perkara tersebut.

"Menceritakan fakta yang terjadi aja. dan beberapa poin karena ini permasalahan rumah tangga. Makanya aku sama kuasa hukum aku yang sering komunikasi. Nanti mereka lebih jitu membuat pembelaan dari paragraf ke paragraf semua aku tinggal baca aja. Aku udah nulis beberapa. Kemarin juga ada voice note," kata Vicky Prasetyo.

2. Awal Mula Kasus Vicky Prasetyo dan Angel Lelga

Masalah ini bermula ketika Vicky Prasetyo mencalonkan diri sebagai anggota legislatif pada pemilu tahun 2019. Saat itu, Vicky melakukan sosialisasi melalui media sosial. Dari postingan tersebut, adik Angel Lelga diduga memberikan komentar yang dinilai tidak layak.

"Melihat ini ada beberapa orang yang memberikan komentar yang kita rasa tidak elok dan tidak layak banget lah untuk orang dewasa yang paham hukum. Jadi itu termasuk salah satunya adalah adiknya dari Angel Lelga, mantan istrinya mas Vicky dan ada satu orang lagi juga udah kita laporkan," katanya.

"Jadi karena klien saya merasa terusik, dirugikan beliau sebagai warga negara yang baik mengambil langkah hukum dengan menempuh jalur membuat laporan kepolisian," tutup Sri Dharen.


REKOMENDASI
TRENDING