SELEBRITI

Tyas Mirasih Dilaporkan ke Polisi Akibat Dugaan Eksploitasi Anak

Senin, 21 Januari 2019 15:26 Penulis: Mahardi Eka Putra

Maryke bersama Sunan Kalijaga. Foto: Moh. Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Tyas Mirasih dilaporkan oleh Maryke Harris Pohu atras dugaan eksploitasi anak. Sunan Kalijaga yang ditunjuk menjadi pengacara Maryke mengatakan bahwa pihaknya telah mengumpulkan barang bukti terkait dugaan eksploitasi A, yang adalah cucu Maryke. Salah satu yang menjadi bukti adalah akun instagram A yang bertuliskan 'My Aunty yang menjalankan Instagram ini'.

Sunan menyebut bahwa akun IG A telah dipakai untuk berjualan. A juga diduga telah diekspolitasi demi keuntungan. "Ini kan endorse. Patut kami duga ini dimanfaatkan dan kenapa sampai sekarang anak ini nggak dikembaliin, ini bukan hanya dugaan karena ada alat bukti. Ini postingan tanggal 6 Oktober 2018, pada saat ini kakek-neneknya sedang berjuang untuk mendapatkan anak ini. Kurang lebih seputar ini laporan kita, yang menjalankan akun IG anak ini adalah seorang Tyas Mirasih. Di sini juga mengakui ayahnya Billy Pohu, ini Maryke Pohu, jadi jelas yaa asal usul darahnya," ujar Sunan Kalijaga sembari menunjukkan akun IG A saat ditemui di SPKT Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Minggu (20/1).

Sunan meyakini bahwa endorse adalah sesuatu yang menghasilkan uang. Pihaknya menduga bahwa setelah 24 September 2018, ada beberapa postingan di akun IG A yang termasuk golongan postingan endorse.

"Dugaan kami, kami laporkan (dengan pasal) 76 UU NO 35 tahun 2015 perlindungan anak ancaman 10 tahun eksploitasi anak secara ekonomi. Tujuan Tyas ini mencari keuntungan terhadap Amandine. Kenapa ngga pulangkan ke klien kami karena ada keuntungan yang bisa didapat dari A******* sebagai model di IG," tegasnya.

Saat ini follower akun IG A* sudah mencapai 944. Disebut Sunan, pada tanggal 6 Oktober tahun lalu, akun tersebut masih aktif dan mengunggah postingan endorse produk karpet.

Ketika ditemui di tempat yang sama, Maryke mengaku hingga saat ini belum ada itikad baik dari pihak Tyas Mirasih terkait perseteruan ini. Ia mengaku belum dihubungi oleh Tyas. "Saya kan sudah datang ke rumah dia tapi sampai sekarang nggak ada itikad baik," ungkapnya. Bahkan Maryke menyebut bahwa hingga saat ini ia tidak tahu keberadaan A.

1. Kronologi Perseteruan Maryke dan Tyas Mirasih

Bagi yang belum mengikuti pemberitaan seputar Tyas Mirasih dan Maryke, semua bermula dengan tudingan penculikan anak berinisial ACB oleh aktris Tyas Mirasih. Maryke, nenek kandung ACB yang mengungkap hal ini dan melaporkannya ke Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Setelah mendapatkan laporan, KPAI pun memanggil Tyas.

Setelah melakukan pembicaraan dengan KPAI, Tyas yang didampingi keluarganya pun menjelaskan kronologi tudingan penculikan. Om Tyas, Steffi Billianto mengungkap bagaimana hal ini bisa terjadi.

"Jadi gini kenapa Tyas bisa disebut menculik ACB. Karena pada waktu itu ada yang namanya Pak Salim. Saya juga sudah memberikan bukti bukti ke pihak KPAi, bahwa hari itu, Waktu itu masih dalam masa berkabung. Hari itu saya sudah dapat WA dari Pak Salim, bahwa anak itu harus segera saya ambil dari rumah Pondok Indah. Sedangkan saya belum pernah membicarakan soal anak itu karena masih dalam masa berkabung," ungkap Steffi.

"Kalau tidak segera diambil, anak itu akan dikirim ke rumah saya. Nah karena rumah saya masih dalam renovasi, saya minta tolong Tyas. Tolong Tyas kamu Ambilin dulu. Kamu lebih Deket dari sana (Pondok Indah) dan kamu deket dengan ACB. Nah Tyas ambil ke sana, bawa ke rumah Tyas. Jadi tidak ada itu namanya Tyas menculik. Dan bukti-bukti itu sudah ada. Kita sudah serahkan," lanjut Steffi,

Menurut Tyas, setelah ia mengambil ACB dari Pondok Indah, keponakannya itu tinggal bersamanya selama tiga minggu. Selama tinggal bersamanya, ACB sehat wal afiat, berangkat sekolah seperti biasa, makan enak dan bahagia.

"Bahagia alhamdulillah," ujar Raiden, suami Tyas.

"(Tinggal) Bersama saya dan suami saya di rumah," timpal Tyas.

"Sekarang lebih bahagia lagi. Dengan tantenya juga," sahut Raiden.

Saat ini, ACB tinggal bersama Amanda Seali Syah, sepupu Tyas Mirasih. Alasannya adalah karena sekolah ACB dekat dengan tempat tinggal Seali, sehingga sementara dititipkan di sana.

"Sementara sama Seali dulu. Tapi tiap akhir minggu diantar ke rumah saya," pungkas Steffi.


REKOMENDASI
TRENDING