SELEBRITI

Video Kehidupan Masa Kecil Jokowi, Anak Seorang Penjual Kayu

Jum'at, 12 April 2019 14:22 Penulis: Guntur Merdekawan

Jokowi © Istimewa

Kapanlagi.com - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo alias Jokowi dikenal sebagai sosok yang begitu sederhana, membumi dan kekinian. Di luar dunia politik, Ia juga dikenal sebagai seorang pengusaha mebel yang sukses.

Namun di luar kesuksesannya sekarang, Jokowi ternyata punya kisah hidup yang tak disangka-sangka. Ya, ketika masih muda dulu, suami dari Iriana Jokowi ini sempat mengalami kehidupan yang berat dan penuh perjuangan.

Lewat chanel Youtube resminya, Jokowi belum lama ini mengunggah sebuah video animasi yang bercerita mengenai kronologi kehidupannya. Semua dimulai dari penggambaran dirinya saat masih kecil dan hidup di sebuah keluarga sederhana.

1. Bapak Penjual Kayu

Jokowi lahir dari sebuah keluarga yang biasa saja dari segi ekonomi. Ia merupakan sulung dari 4 bersaudara, di mana ketiga adiknya berjenis kelamin perempuan.

Ayah dari Jokowi merupakan seorang pedagang kayu, sementara ibunya fokus pada tugas sebagai ibu rumah tangga. Seorang diri sang bapak menghidupi keluarga dari pekerjaan yang dijalaninya.

"Bapak berjuang untuk hidup kami dengan berjualan bambu dan kayu di pasar. Ibu sangat gigih membantu bapak. Setelah selesai masak dan membereskan rumah, Ia segera pergi ke lapak dagang bapak untuk membantu mengikat bambu dan kayu," ujar Jokowi dalam narasinya.

2. Terinspirasi Bapak

Masuk ke bangku sekolah, Jokowi belajar dengan giat agar tidak mengecewakan kedua orangtua yang telah membiayainya. Perjuangan dari bapak untuk menghidupi keluarga adalah landasan semangatnya.

"Mereka melakukan itu semua demi anak-anaknya untuk bisa sekolah. Mereka meyakinkan saya bahwa sekolah akan mampu mengubah hidup saya. Perjuangan dan usaha bapak sangat menginspirasi saya," jelas Jokowi

3. Mulai Nakal

Seperti anak muda lain pada umumnya, Jokowi juga pernah yang namanya nakal. Salah satu kenakalannya kala itu adalah terus-terusan minta jajan setiap kali ada pedagang makanan yang lewat depan rumahnya. Tentu saja pada akhirnya sang ibu yang harus membayar semuanya.

Sampai pada suatu saat, Jokowi sempat salah mengira penjual arang sebagai makanan. Sudah terlanjur memanggil, sang ibunda pun membayar arang tersebut, lalu menggoda Jokowi untuk memakan arang yang telah dibeli tersebut.

"Ayo makan. Habisin ya. Kamu kan yang kepingin jajan," ujar sang ibunda pada Jokowi.

4. Simak Videonya!


Video by: Presiden Joko Widodo

REKOMENDASI
TRENDING