SELEBRITI

Zul Zivilia Divonis 18 Tahun Penjara, Ini Perjuangan Sang Istri Untuk Bertahan Hidup

Senin, 08 Maret 2021 22:40

Zul Zivilia / Credit: KapanLagi - Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Vokalis grup musik Zivilia, Zul Zivilia divonis 18 tahun penjara atas kasus narkoba oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Otomatis, selama Zul berada di dalam tahanan, Retno Paradinah istri Zul terpaksa menjadi tulang punggung untuk menghidupi anak-anaknya di rumah.

Retno mengatakan, setelah sang suami berada di dalam tahanan dirinya berjualan baju. Bukan cuma itu, Retno juga merangkap sebagai seorang make-up artist (MUA).  

"Kalau sekarang saya kan ada usaha jualan baju, terus juga sudah merangkap jadi MUA juga kan. Jadi pemasukan Alhamdulillah dari situ sih, kurang-kurangnya paling minta tolong sama saudara, sama orangtua, gitu," kata Retno Paradinah saat dihubungi, Minggu (7/3/2021).

1. Hal yang Paling Bikin Sedih

Sehari-hari, Retno Paradinah hidup bersama anak-anaknya setelah sang suami bermasalah dengan hukum. Yang bikin Retno sedih, ketika anak-anak menanyakan sang ayah. Dan hal itu dialami Retno hampir tiap hari.

"Ya dukanya gitu, tiap hari ngurusin anak, tiap hari anak nanyain bapaknya. Terus kalau anak-anak lihat anak tetangga jalan sama bapaknya, pada nanya, 'Kapan jalan-jalan lagi sama bapak?', apalagi yang paling gede kan dia suka nanya, 'Papa sudah mau pulang, sudah pulang?' itu kan sedih banget," kata Retno.

"Paling itu sih kalau ada acara-acara keluarga atau gimana, kan Zul orangnya aktif juga kalau ada acara keluarga, dia suka terlibat. Jadi ya sepi aja gitu," tambahnya.

2. Siasati Pertanyaan Sang Buah Hati

Untuk menyiasati pertanyaan sang buah hati, Retno sudah punya cara sendiri untuk menjawabnya. Ia memberi pengertian pada anak-anak jika sang ayah saat ini sedang berada di 'pesantren'.

"Masih di sekolah, iya di pesantren. Kalau sekali-kali video call, anak-anak bilang 'itu lagi di sekolah' gitu. Ada juga yang anak saya sudah ngerti, maksudnya bapaknya ditahan, tapi tetap bilangnya pesantren gitu. Soalnya anak saya kan sudah ada yang pintar baca ya, jadi ya gitu (sudah tahu), bukan hp, kadang iseng-iseng, eh ketemu berita tentang bapaknya," kata Retno.

Retno mengatakan Zul tidak pernah meminta makanan khusus ketika dibesuk. "Kalau dibesuk dia tuh jarang minta bawain buat dirinya sendiri, paling kayak buat petugas gitu, buat teman-temannya. Soalnya kalau ngikutin dia, katanya takutnya yang lain enggak bisa makan. Jadi apa aja dibawa gitu," tutup Retno.


REKOMENDASI
TRENDING