SELEBRITI

Takut Vonis Hukuman Lebih Tinggi, Zul Zivilia Tak Jadi Ajukan Banding

Senin, 30 Desember 2019 19:18 Penulis: Sanjaya Ferryanto

Kapanlagi/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Vokalis band Zivilia, Zulkifli alias Zul sempat tak terima atas putusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara yang menjatuhi hukuman 18 tahun penjara kepadanya. Setelah vonis diumumkan, Zul mengatakan akan mengajukan banding. Bahkan ia yang merasa vonis 18 tahun terlalu berat, sempat membandingkan perkara yang dialaminya dengan Steve Emmanuel.

Rupanya, setelah batas waktu yang diberikan hakim usai, Zul tak kunjung mengajukan banding. Menurut kuasa hukum sekaligus mertua Zul, Andi Bahtiar Effendy, Zul tak jadi mengajukan banding karena berbagai pertimbangan.

"Enggak banding karena kalau dia banding, paling turunnya tiga tahun. Yang dikhawatirkan hukuman malah bisa naik, bisa jadi naiknya bisa 20 tahun dan bisa seumur hidup kembali," ujarnya saat dihubungi, Senin (30/12).

"Jadi pertimbangannya yang sudahlah itu risiko dari perbuatan kan," tambah Andi Bahtiar Effendi.

 

1. Sepakat Tak naik Banding

Masih kata Andi Bahtiar Effendy, berdasar pertimbangan itu, Zul dan juga istrinya, Retno Paradinah akhirnya sepakat untuk tak naik banding dan menerima hasil putusan sidang.

"Ya memang waktu itu Zul sangat ngotot untuk naik banding, tapi setelah dikasih pengertian dan penjelasan-penjelasan ya dia terima. Istrinya juga begitu," kata Andi.

2. Telah Inkracht

Sebagaimana diketahui, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara menjatuhkan vonis bersalah kepada Zul yang dinyatakan bersalah sebagai perantara narkoba dengan hukuman penjara selama 18 tahun dan denda sebesar Rp 1 miliar pada 18 Desember 2019 lalu.

Karena Zul tidak mengajukan banding atas putusan tersebut, maka keputusan itu dinyatakan Inkracht atau berkekuatan hukum tetap.


REKOMENDASI
TRENDING