Artis 'Wayang Bandel' Dituntut Minta Maaf Pada Umat Hindu

Selasa, 15 Mei 2012 20:01 Penulis: Darmadi Sasongko
Artis 'Wayang Bandel' Dituntut Minta Maaf Pada Umat Hindu Olga Syahputra
Kapanlagi.com - Tidak hanya pihak Trans TV yang menjadi sasaran protes komunitas Hindu, The Hindu Center of Indonesia, namun para artis yang terlibat dalam sitkom Wayang Bandel pun, dituntut untuk meminta maaf kepada umat Hindu Indonesia.

"Kami hanya ingin mereka (para artis) meminta maaf, agar berhati-hati memilih lakon untuk selanjutnya. Ini pelajaran kepada artis-artis Indonesia, ini diuji lah," jelas President The Hindu Center of Indonesia, Arya Wedakarna saat menggelar jumpa pers di Komala's Cafe, Sarinah, Jakarta Pusat, Selasa (15/5/2012).

Program sitkom Wayang Bandel dinilai melecehkan umat Hindu saat mengangkat tema Sastra Mahabrata, yang tayang pada Sabtu (12/5/2012) lalu. Program yang dibintangi Olga Syahputra, Jessica Iskandar, Ayu Dewi dan Yadi Sembako itu, menampilkan dialog antara Pandawa dan Kurawa dengan latar belakang Istana Hastanipura dan Istana Indraprasta.

Mereka yang sebenarnya memerankan figur suci dalam kitab Weda, yaitu Yudhistira, Drupadi, Duryodhana dan Dursasana, justru bersikap main-main yang syarat pelecehan. Kata-kata kasar dari dialog tidak mencerminkan tokoh suci, bahkan jauh dari nilai kepatutan.

The Hindu Center of Indonesia meminta kepada para artis tersebut untuk meminta maaf kepada umat Hindu sebagai rasa tanggung jawab dari artis-artis yang terlibat dalam sitkom tersebut.

"Artis kan panutan, jadi jangan sampai melecehkan sesuatu yang amat penting seperti agama. Jadi harus menelusuri dulu. Sebelum melakonkan itu harus ada ritual-ritual terlebih dahulu," ungkap Vidya Sharma dari The Hindu Center of Indonesia.

(kpl/buj/dar)


REKOMENDASI
TRENDING