Audisi 'INDONESIAN IDOL IV' di Ambon Tinggi Peminat

Selasa, 08 Desember 2009 10:50 Penulis: Yunita Rachmawati
Kapanlagi.com - Indonesia bagian timur semakin menunjukkan kiprahnya di bidang tarik suara. Buktinya, sekitar 302 peserta yang sebagian besar anak muda dan pelajar kota Ambon mengikuti audisi INDONESIAN IDOL IV yang digelar stasiun TV swasta RCTI bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Senin (7/12).

Audisi yang dipusatkan di Taman Budaya Karang Panjang Ambon itu, penjuriannya dilakukan tiga juri lokal yakni Semmy Toisutta, Agus Gasperzs, dan Rence Alfons untuk menyaring 200 peserta yang memiliki kualitas vokal di atas rata-rata.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (DPKPO) Kota Ambon, Marthen Keiluhu, mengatakan event ini untuk ketiga kalinya digelar di kota Ambon untuk menjaring generasi muda Maluku dan Ambon yang berkualitas dan berbakat di bidang tarik suara itu.

"Sebanyak 200 peserta yang lolos ke babak berikutnya akan dinilai langsung tim juri yang didatangkan secara khusus oleh RCTI sebagai pemegang hak siar ajang pencari bakat ini, dan akan berlangsung pada Selasa (8/12)," katanya.

Ia mengatakan potensi dan kemampuan tarik suara yang dimiliki generasi muda di Ambon dan Maluku umumnya tidak perlu diragukan lagi, karena selama ini telah dikenal sebagai lumbung penyanyi berkualitas dan banyak melahirkan penyanyi berkelas internasional seperti Glenn Fredly, Andre Hehanussa, Yopie Latul, Bob Tutupoli, dan Broery Pesulima.

"Oleh karena itu, Ambon ditetapkan sebagai salah satu lokasi audisi di Indonesia Timur, selain Manado dan Makassar, karena selama dua tahun terakhir audisi yang dilakukan di Ambon, penyanyi dari daerah ini berhasil lolos hingga ke Grand Final di Jakarta," katanya.

Dia berharap melalui audisi pada 2009 akan lahir penyanyi berkualitas dari ibukota provinsi Maluku itu yang mampu menembus nominasi penyanyi dari Pulau Jawa dan Sumatra dan menjadi pemenang pada ajang pencari bakat yang paling terkenal di tanah air itu.

Ia mengatakan suara merdu seseorang belum tentu cukup untuk menaklukkan hati para juri yang melakukan audisi di tingkat lokal dan nasional, karena yang dilirik para juri tahun ini adalah generasi muda yang memiliki ciri khas suara yang berbeda dan jarang ada di tanah air. "Penyanyi yang dinyatakan lolos juga harus memiliki kemampuan vokal yang fantastis dan luar biasa," katanya.

Keiluhu mengimbau seluruh peserta audisi memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk menunjukkan kemampuan dan penampilan maksimal agar berhasil lolos mengikuti babak selanjutnya di Jakarta.

Menurut dia, Pemkot Ambon selama dua kali penyelenggaraan Indonesian Idol selalu mendukung peserta yang lolos dari Ambon ke babak selanjutnya, dengan menggarap partisipasi dan dukungan masyarakat melalui polling SMS (layanan pesan singkat), termasuk menyediakan transportasi dan akomodasi bagi mereka.   

(ant/boo)


REKOMENDASI
TRENDING