Vicki Zhao atau biasa juga menggunakan nama Zhao Wei adalah seorang penyanyi, model dan aktris asal China. Lahir di Wuhu, Anhui, China, 12 Maret 1976, Zhao mengawali debut di dunia akting dalam film LA PEINTRE, meski dirinya hanya mendapatkan peran ringan.

Sementara peran utamanya baru didapatkan lewat serial TV, PRINCESS PEARL (1999), dan pada tahun yang sama dirinya mengawali karir sebagai penyanyi lewat album Swallow. Salah satu lagu There is a Girl dalam album menjadi theme song PRINCESS RETURNING PEARL. Album berikutnya berturut-turut, Magic of Love (1999), The Last Separation (2001), Piano (2004) dan DOUBLE (2005).

Sepanjang karirnya, Vicky cenderung memilih peran yang berlainan dari film ke film. Beberapa yang menonjol adalah perannya sebagai Lu Yiping dalam ROMANCE IN THE RAIN (2001), sebagai seorang polisi wanita bernama An Xin dalam JADE GODDESS OF MERCY (2004), sebagai Qu Ran yang ceria dalam film A TIME TO LOVE (2005), dan sebagai Yao Mulan yang lembut dan cerdas dalam film MOMENT IN PEKING (2005) dan lain-lain.

Kiprahnya dalam dunia perfilman membuat dirinya ditunjuk untuk menjadi wakil presiden Akademi Film Cina pada 6 Agustus 2009.

Zhao mengaku tak pernah menduga bahwa film akan menjadi dunianya. Sebelum memulai berakting, Zhao telah menyelesaikan pendidikan guru dan bermaksud menjadi guru seperti jejak ibunya.

Zhao pertama kali menampilkan akting berkilaunya dalam film penting SISTERS IN BEIJING yang membuat seorang penulis roman Taiwan tertarik padanya dan menawarinya bermain dalam PRINCESS PEARL.

Zhao bukan artis yang tak pernah kena masalah. Dia pernah dicemooh fansnya karena kedapatan mengenakan baju berbendera Jepang yang dianggap menghina negara tersebut.

Juli 2009, Zhao pindah ke Singapura karena menikah dengan seorang pengusaha. Kemudian, pada April 2010, kabar gembira itupun datang. Zhao melahirkan seorang putri di sebuah Rumah sakit pribadi yang mewah.

Baca Profil Lengkap Vicky Zhao ▼