Brian May (guitarist), Freddie Mercury (vocal), John Deacon (bass), dan Roger Taylor (drums) mendirikan grup legendaris Queen di London tahun 1970. 3 tahun setelah dibentuk, grup ini berhasil melepas album pertama mereka QUEEN. Walaupun album ini mendapat banyak pujian dari kritikus musik, namun angka penjualan tidak cukup memuaskan.

Album ke-2 mereka QUEEN II terangkat oleh single Seven Seas of Rhye dan berhasil masuk 5 besar British Album Charts. Namun penjualan diluar Inggris masih keteteran dan tak jauh beda dengan album pertama mereka.

Akhirnya sukses datang juga menghampiri mereka seiring dilepasnya album ke-3 mereka SHEER HEART ATTACK. Album ini masuk peringkat ke-2 di Inggris dan menembus Amerika Serikat dengan penjualan memuaskan.

Album A NIGHT AT THE OPERA yang dilepas tahun 1975 mendapat 3 platinum di Amerika Serikat. Salah satu lagu didalamnya akhirnya menjadi masterpiece mereka. Bohemian Rhapsody beberapa kali terpilih menjadi lagu terbaik sepanjang masa.

Grup yang tidak pernah berganti-ganti personel selama masa aktif mereka ini akhirnya harus mengakhiri kesuksesan mereka dengan meninggalnya Freddie Mercury akhir 1991. Sisa personel memutuskan bahwa Queen tidak akan mencari pengganti vokalis lagi yang artinya bahwa Queen sudah berakhir. Walaupun gosip sempat beredar bahwa mereka akan bergabung lagi dengan vokalis Paul Rodgers sebagai pengganti Freddie, namun tampaknya gosip ini belum terbukti sampai sekarang.

Formasi terakhir Queen tercatat hanya ada nama Brian May dan Roger Taylor saja sejak John Deacon memutuskan untuk pensiun dari dunia musik. Queen beberapa kali tampil live dengan nama Queen + Paul Rodgers walaupun belum pernah melepas studio album sejauh ini.

Baca Profil Lengkap Queen ▼



Show More ▼