SELEBRITI

Dewa 19 Tetap Bertahan Selama 30 Tahun, Ahmad Dhani: Kita Bener-Bener Memahami Cara Kerja Queen

Jum'at, 01 Juli 2022 09:13

Ahmad Dhani ©KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Buat pecinta musik Indonesia, pasti mengenal grup band Dewa 19. Grup yang kini beranggotakan Ahmad Dhani, Andra Ramadhan, Yuke, Agung, serta dua vokalis featuring-nya Virzha dan Ello itu sudah berusia 30 tahun berkarier secara profesional di industri musik Indonesia.

Bukan cuma sekedar bertahan, Dewa 19 juga masih mempertahankan eksistensinya di kancah musik tanah air hingga saat ini. Pentolan Dewa 19, Ahmad Dhani mengungkap resep yang membuat bandnya masih bertahan sampai sekarang.

"Kenapa Dewa 19 bertahan, karena saya ngefans sama Queen. Dari Queen kita banyak dapet pelajaran. Bahkan nasib kita pun sama dengan Queen, ditinggal penyanyinya. Jadi, Andra mungkin tahu Queen itu punya resep-resep ngetop yang bisa dipelajari sebenernya," kata Ahmad Dhani di FX Jakarta Selatan, Kamis (30/6).

1. Aplikasikan Teknik Queen

Kemudian, Ahmad Dhani menjelaskan bahwa grup band Dewa 19 mengaplikasikan teknik Queen dalam menciptakan lagu-lagu hits. Setiap album yang dirilis, Queen selalu menghasilkan hits yang akhirnya disukai oleh penggemarnya.

"Salah satu resepnya adalah membuat satu album yang banyak lagu enaknya. Rata-rata kebanyakan orang itu bikin album cuma dua yang enak, satu yang enak, gitu ya. Kita enggak," kata Dhani.

"Kita dari album pertama, kedua, ketiga keempat, kelima, bahkan Once pun jadi saksi ketika kita bikin (album) BINTANG LIMA itu hampir semua lagu nggak ada yang percuma gitu," tambah Ahmad Dhani.

2. Diingat Karena Karya Fenomenal

Ternyata, cara tersebut dirasa tepat untuk mengangkat Dewa 19 sebagai salah satu band terbesar di Indonesia. Meskipun sudah bongkar pasang personel, nama Dewa 19 pada akhirnya tetap diingat karena karya-karyanya yang fenomenal.

"Jadi itu teknis yang bisa saja jelaskan. Kita penggemar Queen dan kita bener-bener memahami cara kerja Queen. Queen sampai band legend sampai sekarang itu yang bisa kita tiru, kita bisa adaptasi," tutup Ahmad Dhani.


REKOMENDASI
TRENDING