SELEBRITI

Ini Sederet Artis Indonesia yang Pernah Menikah Siri, Ada Ahmad Dhani - Mulan Jameela Hingga Lesti - Rizky Billar yang Bikin Heboh

Kamis, 28 April 2022 11:38

Artis Indonesia yang pernah menikah siri (credit: instagram.com/mulanjameela1/lestykejora)

Kapanlagi.com - Tim penulis: Aretha Naurah Aureliaputrie, Anak Agung Anindita, Syahla Aina Maghfirah
Editor: Louvina Gita

Pernikahan merupakan perayaan suci dan penuh kebahagiaan bagi kedua pengantin, serta keluarga dan kerabat. Bagaimanapun juga, pernikahan adalah persatuan dua keluarga yang terikat secara hukum.

Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan pasal 2 ayat (1) dan (2), perkawinan atau pernikahan dikatakan sah jika dilakukan sesuai hukum agama atau kepercayaan masing-masing mempelai serta harus dicatat menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku. Berdasarkan ayat-ayat tersebut, selama pernikahan tidak tercatat, walaupun telah disahkan secara agama, tidak akan sah secara hukum.

Tapi di kalangan masyarakat Indonesia sendiri juga populer istilah menikah siri atau secara agama. Pernikahan siri menurut KBBI adalah pernikahan yang hanya disaksikan oleh seorang modin dan saksi, tanpa melalui Kantor Urusan Agama (KUA), menurut agama Islam yang sudah sah.

Dikarenakan tidak adanya campur tangan KUA sebagai lembaga berwajib, orang-orang yang menikah siri tidak terdata secara hukum sehingga tidak memiliki kekuatan hukum. Jadi, walaupun nikah siri sah menurut agama, namun tidak adanya dokumen resmi membuat pasangan suami-istri tidak dapat mengakses fasilitas tertentu yang ditawarkan pemerintah.

Sampai saat ini, tidak sedikit masyarakat yang memilih untuk menikah siri sebelum akhirnya mencatatkan pernikahan mereka secara resmi. Hal itu juga terjadi di kalangan selebriti Tanah Air. Lantas siapa saja sih artis Indonesia yang pernah melakukan pernikahan siri?

1. Pengakuan Ahmad Dhani yang Menghebohkan

Salah satu pasangan selebritis yang cukup terkenal karena berita pernikahan siri mereka adalah Ahmad Dhani dan Mulan Jameela. Pasangan penyanyi yang telah menikah secara resmi sejak tahun 2009 ini diketahui menjalani pernikahan siri terlebih dahulu pada tahun 2006, seperti yang diakui Ahmad Dhani pada program talkshow yang dipandunya sendiri. Pentolan Dewa 19 ini mengaku telah menikahi Mulan Jameela sebelum resmi bercerai dengan Maia Estianty walaupun telah bercerai secara agama.

Selebritis lain yang cukup dikenal dengan berita nikah sirinya adalah Rhoma Irama, terutama saat menikah siri dengan Angel Lelga yang saat dinikahi masih berusia 19 tahun pada tahun 2005. Bahkan, Angel Lelga rela meninggalkan keluarganya untuk menikah dengan sang Raja Dangdut karena tidak diberi restu.

Sebelum diresmikan di Jember pada tahun 2008, pasangan Dewi Perssik dan Aldi Taher melakukan nikah secara siri terlebih dahulu. Menurut Aldi Taher, nikah siri tidak memiliki konotasi negatif. Bahkan, ia memaklumi jika orang memilih nikah siri di zaman sekarang karena adanya virus corona. Selain itu, dia ingin menghindari zina dengan cara menikah siri.

Pernikahan Vicky Prasetyo dan Kalina Ocktaranny yang sekarang sudah menjalani perceraian diawali oleh pernikahan siri di awal tahun 2021 lalu. Awal pengakuan nikah siri mereka dimulai saat livestream pernikahan di mana para penonton mencurigai kesahan pernikahan itu secara hukum karena tidak adanya buku nikah. Akhirnya, Kalina Ocktaranny terang-terang mengaku bahwa pernikahannya dengan Vicky Prasetyo adalah nikah siri di kanal YouTube miliknya.

Pada tahun 2014, Tata Janeeta menikahi pria asal Iran bernama Mehdi Zati. Wawancara di Gedung Trans pada tahun 2017 mengungkap bahwa pernikahan tersebut dilakukan secara siri. Hal itu dikarenakan sulitnya mengurus surat pernikahan antara pasangan beda bangsa dan beda negara. Akhirnya ibu Tata menyarankan agar putrinya melakukan pernikahan yang sah secara agama terlebih dahulu, disahkan oleh ayahnya.

2. Alasan Menikah Siri

Satu lagi selebriti yang diketahui pernah menjalani pernikahan siri adalah Kiwil dan Venti Figianti. Pernikahan itu dilakukan secara rahasia pada tahun 2020. Tapi, pada tahun 2021 dan 2022, status pernikahan yang tidak sah secara hukum itu diakui oleh Kiwil sendiri.

Namun, sampai sekarang Kiwil tetap kukuh tidak memberi lebih banyak detail tentang lokasi dan waktu tepatnya pernikahan tersebut. Meski sempat dibantah karena dibilang nikah siri adalah nikah tanpa wali, pernikahan mereka tetap dilaksanakan hanya secara agama, jadi tetap dianggap siri.

Berita pernikahan siri lainnya yang masih hangat adalah pernikahan Rizky Billar dan Lesti Kejora. Keduanya menikah secara resmi pada bulan Agustus 2021 seperti yang disiarkan di televisi. Tetapi, sebuah acara eksklusif Indosiar mengungkap bahwa keduanya sudah menjalani pernikahan siri pada bulan April. Hal ini dikonfirmasi juga oleh Rey Mbayang, sahabat dan saksi nikah siri Lesti-Billar.

Alasan para artis memilih untuk melakukan nikah siri terlebih dahulu ada beragam. Contohnya saja, pasangan Ahmad Dhani dan Mulan Jameela memilih untuk menikah siri sebelum disahkan karena pada saat itu, Ahmad Dhani belum bercerai secara hukum dengan Maia Estianty walaupun sudah berpisah secara agama. Di sisi lain, pasangan Rhoma Irama dan Angel Lelga menikah siri karena tidak disetujui oleh orang tua Angel.

Tapi tidak seperti Rhoma Irama dan Angel Lelga, pernikahan siri Tata Janeeta dan Mehdi Zati disetujui, bahkan disarankan dan disahkan oleh orang tua Tata. Ada juga pasangan Kiwil dan Venti Figianti yang menikah secara siri karena mereka maunya pernikahan itu, sekaligus untuk melindungi privasi.

3. Opini Publik Tentang Pernikahan Siri Artis

Menurut survei yang telah dilakukan tim Kapanlagi.com, alasan-alasan tersebut juga dimengerti oleh banyak masyarakat. Selain seperti yang sudah disebut di atas, ketika ditanya alasan selebritis memilih untuk menikah siri, sebagian besar jawaban publik adalah untuk menghindari zina karena walaupun tidak sah secara hukum, pernikahan siri diakui secara agama sehingga termasuk halal.

Walaupun begitu, ada beberapa jawaban yang menyinggung pernikahan siri sebagai cara mencari ketenaran atau karena tergiur dengan hidup berumah tangga. Mereka juga mengatakan bahwa menikah secara siri lebih menguntungkan pihak suami dan merugikan pihak istri serta anak-anak.

Pandangan publik tentang pernikahan siri campur aduk. Sebagian orang merasa bahwa siapa yang menikah dengan cara apapun bukan urusannya. Sebagian lain merasa bahwa pernikahan siri memiliki lebih banyak kerugian, terutama jika berhubungan dengan hal-hal yang harus diurus secara hukum. Tapi tidak sedikit juga yang merasa bahwa pernikahan siri boleh saja dilakukan, terutama ketika menyangkut selebritis yang seringkali tidak memiliki privasi dari publik.

"Menyangkut tentang pernikahan siri di kalangan selebritis, asumsi saya tentang alasan mereka melakukan nikah siri adalah privasi," tulis seorang responden berinisial S ketika ditanya alasan para selebritis memilih untuk nikah siri.

4. Pro dan Kontra

Ketika ditanya apabila umur pernikahan yang dilaksanakan secara siri akan langgeng, sebanyak 48,1% responden survei mengatakan tidak tahu. Sekitar 6,3% mengatakan ya dengan pasti, dan 25,3% mengatakan tidak dengan pasti.

Namun, sebanyak 20,3% total responden mengatakan bahwa langgeng atau tidaknya pernikahan yang dilakukan secara siri bergantung pada kompatibilitas pasangan tersebut.

Jika nikah dilakukan atas dasar cinta, pernikahan mereka akan langgeng. Kalau dilakukan hanya karena ketertarikan sekilas dan publisitas, dapat dijamin bahwa pernikahan tersebut tidak akan bertahan terlalu lama.

"Boleh aja, asal disetujui keluarga dan bukan hubungan terlarang. Mungkin mereka memilih untuk nikah siri supaya tidak dosa karena zinah, tapi terserah mereka mau seperti apa, asal tidak merugikan orang lain," tulis responden berinisial S.B ketika ditanya tentang pandangan tentang nikah siri di kalangan selebritis.

Nah, itulah pernikahan siri di kalangan artis Indonesia. Bagaimana KLovers? Seperti apa pandangan kalian tentang pernikahan siri di kalangan artis?


REKOMENDASI
TRENDING