in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Belajar Dari Konflik Jerinx SID & Via Vallen, Ini Jenis-Jenis Kontrak Pembelian Lagu

Senin, 12 November 2018 14:01 Penulis: Sanjaya Ferryanto

Via Vallen & Jerinx SID © Kapanlagi

Kapanlagi.com - Hal yang lumrah dalam dunia musik, pencipta lagu menjual karyanya kepada penyanyi. Namun tahukah Anda jenis-jenis kontrak dalam jual beli lagu?

Penyanyi dangdut Irma Dharmawangsa mengatakan, setidaknya ada dua jenis kontrak dalam jual beli lagu. Pertama adalah jual putus atau beli putus, di mana sang penyanyi yang sudah membeli lagu berhak memiliki sepenuhnya karya dari sang pencipta lagu.

“Jual putus itu, kita sebagai penyanyi memiliki banyak keuntungan. Kita memiliki sepenuhnya lagu dan bebas mengaransemen lagu tersebut sesuai dengan yang kita inginkan, penciptanya juga sudah tidak bisa memberikan lagu kepada orang lain, dan kalau ada penyanyi lagu yang kita beli lalu dikomersilkan, kita bisa dengan mudah menggugatnya,” kata Irma Dharmawangsa saat dihubungi Kapanlagi Dangdut, Senin (12/11/2018).

1. Pernah Miliki Pengalaman Pahit

Kedua, jual dengan tenggang waktu. “Kalau pencipta menjual dengan tenggang waktu, di kontrak biasanya ada penjelasan, pihak pembeli hanya bisa menggunakan lagu yang dibeli dalam kurun waktu misalnya tiga tahun, setelah itu pencipta lagu berhak menjual lagunya kepada orang lain,” kata Irma.

Irma lebih lanjut mengatakan, ia memiliki pengalaman pahit ketika membeli lagu dengan tenggang waktu. Adalah lagu Sir Gobang Gosir yang mengangkat namanya di belantika musik dangdut. Oleh karena itu, ia sekarang lebih memilih untuk membeli putus.

“Dahulu lagu Sir Gobang Gosir tenar banget, tapi banyak yang nggak tahu siapa penyanyi aslinya. Bahkan penciptanya dengan mudahnya menjual lagu tersebut kepada orang lain,” kata Irma.

2. Memilih Bikin Karya Sendiri

Selain membeli putus, Irma juga kini lebih memilih untuk membuat karya cipta sendiri. Ia sudah menciptakan enam lagu yakni Jomblo Akut, Geal Geol, No Thank You, Jessica, Mister Cl, dan Bang Jarwo.

“Untuk waspada saja, lagipula mencipta sendiri lebih puas, dan lumayan sudah ado yang beli lagu saya yang mister CL,” kata Irma Dharmawangsa.

(kpl/dad/frs)


REKOMENDASI
TRENDING