in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Jerinx Ungkap Kenapa Hanya Menyindir Via Vallen Karena Membawakan Lagu SID

Senin, 12 November 2018 15:17 Penulis: Ayu Srikhandi

Via Vallen - Jerinx SID

Kapanlagi.com - Beberapa waktu sebelumnya Jerinx sempat mengungkap keberatan lagu Sunset di Tanah Anarki dibawakan oleh Via Vallen tanpa izin. Penyanyi dangdut ini pun juga memberikan klarifikasi kalau ia hanya membawakannya di atas panggung dan tidak mengkomersilkan lagu tersebut.

Dalam statement yang diungkapkan lewat Instagram, Via Vallen juga sempat bertanya kenapa hanya dia yang mendapat sindiran padahal ada banyak penyanyi dangdut lain yang juga mengcover Sunset di Tanah Anarki.

Jerinx pun kemudian memberikan penjelasan mengapa hanya Via Vallen yang mendapat teguran keras darinya karena membawakan lagu SID itu.

1. Ingatkan Penyanyi Lain Lewat Via Vallen

Menurut Jerinx, Via Vallen merupakan penyanyi yang paling terkenal di dunia dangdut. Karena hal itu lah, ia memilih untuk memberikan teguran padanya sebagai perwakilan agar penyanyi dangdut lain yang juga tidak izin membawakan lagu SID sadar.

"Kenapa saya cuma serang satu penyanyi? Karena untuk tipe penyanyi genre tersebut, dia yang paling terkenal. Dan imbasnya bakalan besar untuk menyadarkan penyanyi lain yang -baik sengaja atau tidak cari makan dengan cara merusak ruh lagu orang lain," tulis Jerinx lewat Instagramnya, Senin (12/11/2018).

Jerinx pun mengungkap kalau Superman Is Dead (SID) juga pernah dilarang manggung karena menyuarakan pendapat mereka, "Sama seperti bagaimana dulu hanya SID yang dilarang manggung oleh penguasa karena kami menolak reklamasi Teluk Benoa, sementara band-band lain yang ikut menolak, jobnya lancar-lancar saja."

2. Tak Ingin Lagu SID Lain Dicover Sembarangan

Jerinx memilih untuk menegur Via Vallen karena tak ingin lagu-lagu SID lainnya dicover sembarang oleh orang lain. Ia pun menyangkal tuduhan netizen kalau tindakannya ini semata-mata karena ingin mencari kepopuleran.

"Saya tak butuh lebih banyak ketenaran, SID sudah punya market yang setia sejak lama. Saya angkat isu ini sekarang karena kami baru rilis album dan tak mau lagu-lagu baru kami diperlakukan seperti SDTA (Sunset di Tanah Anarki)," tulis Jerinx.

3. Tak Mau Makna Lagu SID Dirusak

Dalam pesan yang ditulisnya ini, Jerinx berharap agar lagu-lagu SID tidak dirusak esensinya.

"Saya juga tak lakukan ini untuk materi. Pihak istana ingin membeli lagu saya saja saya tolak. Kami bukan pelacur. Silakan Google. Saya hanya inginkan kesadaran. Jika tak paham akan lirik atau esensi lagu SID, tolong jangan dirusak. Dan jika paham, lakukanlah dengan kesadaran dan itikad baik; untuk sesama, sejarah, masa depan, serta bumi pertiwi. Terima kasih. JRX," tutup pesan yang dituliskan Jerinx lewat akun Instagramnya.

Di sisi lain, Irma Dharmawangsa ikut memberikan pendapatnya soal kritikan Jerinx pada Via Vallen. Ia membela Via dan merasa apa yang dilakukan oleh penyanyi dangdut 27 tahun tersebut.


REKOMENDASI
TRENDING