in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Penampilan Grup 6 Top 21 LIDA 2019: Novi Duta Kalimantan Barat Tersenggol

Rabu, 27 Maret 2019 16:10 Penulis: Louvina Gita

Grup 6 Top 21 LIDA 2019 (credit: Indosiar)

Kapanlagi.com - Konser Top 21 grup 6 Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2019 yang diselenggarakan Selasa malam (26/3), berlangsung menarik. Yusuf yang menjadi penampil pertama sukses memanaskan panggung LIDA 2019 lewat lagu berjudul Sedang Sedang Saja.

Penampilan spektakuler dari Yusuf membuat kagum seluruh juri dan fashion guru yang bertugas yakni Zaskia Gotik, Inul Daratista, Rita Sugiarto, Ruben Onsu, Soimah dan Eko Tjandra. Mereka yang duduk di meja dewan juri, semuanya berdiri memberikan standing ovation kepada wakil dari provinsi Maluku Utara itu.

Suasana studio pun riuh dengan tepuk tangan penonton, terutama pendukung Yusuf yang juga ikut mengapresiasi penampilan dari Yusuf. Soimah, juri yang bisa dibilang tegas dan pelit untuk memberikan lampu biru kepada peserta, menyanjung penampilan Yusuf.

“Baru kali ini saya berdiri buat kamu, penampilan kamu sudah bagus. Tidak ada catatan buat kamu,” pujinya. “Saya suka kamu bernyanyi bermacam-macam genre, penampilan kamu malam hari ini bagus. Semuanya sudah pas, tidak ada yang berlebihan,” timpal Rita Sugiarto.

Saat penilaian, seluruh juri memberi lampu biru kepada Yusuf. Sementara dari tiga orang panel provinsi yang bertugas, hanya dua yang memberikan Yusuf lampu dukungan.

1. Ninda Memikat Juri

Usai Yusuf, giliran Novi unjuk kemampuan. Tak mau kalah saing dari rivalnya, duta dari provinsi Kalimantan Barat ini mencoba memikat hati juri, panel provinsi dan penonton lewat lagu berjudul Badai Biru.

Sayang, Novi yang tampil bagus pada saat babak 28 besar dan berhasil memborong seluruh lampu dukungan, tak bisa tampil maksimal. Ia banyak melakukan kesalahan saat melantunkan tembang yang dipopulerkan Itje Trisnawati tersebut. Hasilnya, ia hanya meraih tiga lampu dukungan dari panel provinsi dan dua lampu biru dari juri.

“Saya tidak mendapatkan feel waktu kamu bernyanyi. Ekseskusi kamu kurang bagus. Nyanyinya terasa berat dan tidak natural,” kritik Inul Daratista.

Ninda, duta provinsi Jawa Tengah menjadi penampil terakhir. Penampilannya membawakan lagu berjudul Mawar Putih, memikat seluruh juri untuk memberikannya lampu biru dan dua lampu dari panel provinsi.

Zaskia Gotik yang terpesona, memuji penampilan Ninda. “Kamu punya suara yang khas, cengkok kamu dangdut banget dan unik. Kamu nyanyi seperti lagu ini punya kamu dan kamu enjoy dan percaya diri membawakan lagu ini,”

2. Tampil Bersama

Setelah tampil solo, ketiga peserta kembali diuji kemampuannya untuk bernyanyi secara bersamaan dalam melantunkan lagu berjudul Darah Muda yang dinilai para dewan juri. Untuk penampilan kedua, seluruh peserta meraih lima lampu biru dari juri.

Setelah itu, tiba giliran mereka untuk mendengarkan hasil dukungan dari pemirsa melalui polling SMS dan vote Shopee yang ditutup usai acara. Sebagaimana diketahui ada tiga elemen penilain kepada peserta.

Pertama dari panel provinsi yang memiliki bobot 5 persen, kedua dewan juri yang memiliki bobot 20 persen, dan ketiga polling SMS dan vote aplikasi Shopee dari pemirsa yang memiliki bobot paling besar, yakni sebesar 75 persen.

3. Skor Akhir

Berdasar urutan tampil, nilai yang diperoleh Yusuf dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya adalah sebesar 1,43. Dari juri sebesar 7,41. Dari pemirsa sebesar 24,48. Setelah digabungkan, Yusuf meraih total nilai 33,32.

Sedangkan Novi yang tampil kedua meraih nilai dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya sebesar 2, 14. Dari juri sebesar 5,19. Dari pemirsa sebesar 22,13. Setelah digabungkan, Novi meraih total nilai 29,45.

Ninda yang tampil terakhir memperoleh nilai dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya sebesar 1,43. Dari juri sebesar 7,41. Dari pemirsa sebesar 28,40. Setelah digabungkan, Ninda meraih total nilai 37,23

Dengan demikian Ninda berada di posisi puncak dengan skor akhir tertinggi yakni 37,23. Sementara Yusuf berada di posisi kedua dengan total nilai 33,32 dan Novi harus puas berada di posisi terbawah dengan total nilai 29,45.

Sebagai peraih nilai terendah, Novi pun harus tersenggol. Perjalanannya di panggung LIDA 2019 harus terhenti. Saksikan terus LIDA 2019, dan dukung peserta favoritmu dengan cara voting melalui aplikasi Shopee atau voting SMS (ketik: LIDA [spasi] Nama Peserta, kirim ke 97288).

(kpl/dan/lou)

Reporter: Dadan Deva


REKOMENDASI
TRENDING