INDONESIA

'3 HATI', 2 Dunia 1 Cinta

Jum'at, 02 Juli 2010 06:37  | 

Reza Rahadian







KapanLagi.com - Pemain: Reza Rahadian, Laura Basuki, Arumi Bachsin, Ira Wibowo, Robby Tumewu, Henidar Amroe, Rasyid Karim, Zainal Abidin Domba, Jay Wijayanto

Kisah berawal dari kehidupan Rosid (Reza Rahadian) yang keturunan betawi muslim. Rosid yang mengidolakan penyair kondang WS. Rendra ini, memilih membiarkan rambut kribonya tumbuh. Hal ini yang tidak disukai ayahnya, Mansur (Rasyid Karim). Menurut pandangan ayahnya, selain tidak rapi, anaknya jadi tidak pernah mengenakan peci yang jadi lambang kesalehan dan kesetiaan kepada tradisi keagamaan. Tapi Rosid punya alasan sendiri kenapa ia ogah memakai peci, Rosid tidak ingin keberagamaannya dicampur-baur oleh sekadar tradisi leluhur yang disakralkan.

Dalam perjalanannya, Rosid jatuh cinta. Gadis beruntung itu adalah Delia (Laura Basuki). Sayangnya kisah cinta mereka banyak menemui rintangan, salah satunya karena Delia memeluk agama Katolik. Rosid dan Delia sadar betul akan konsekuensi hubungan mereka, tapi mereka masih berusaha mempertahankan cinta mereka.

Sayangnya, kedua orang tua masing-masing tidak sependapat. Mansur langsung naik pitam begitu mengetahui anak laki-lakinya menyukai gadis dengan kalung salib di lehernya. Ia mencari cara agar Rosid tak lagi berhubungan dengan Delia. Sampai pada akhirnya, ia berusaha menjodohkan Rosid dengan putri temannya, Nabila (Arumi Bachsin).

Tak berbeda jauh dengan orang tua Rosid, kedua orang tua Delia, Frans (Robby Tumewu) dan Martha (Ira Wibowo) juga berusaha menjauhkan putrinya dari Rosid. Mereka ingin mengirimkan Delia untuk sekolah di Amerika.

Rosid dan Delia sadar dengan pilihan mereka, tapi rasa sayang dan bakti kepada orang tua masing-masing membuat Rosid dan Delia berada di tengah dilema. Melanjutkan kisah cinta mereka dengan beban psikologis yang harus mereka hadapi ataukah mengalah kepada keputusan orang tua?

Film yang dibesut oleh Putut Widjanarko dan diproduksi oleh Mizan Production berusaha menyuguhkan sesuatu yang lain di dunia perfilman Indonesia. Hal yang lazim ada di antara remaja-remaja saat ini. Meski bergenre drama, tapi 3 HATI banyak menampilkan kelucuan-kelucuan di sini. Seperti hubungan antara orang tua dan anak, yang karena berbeda generasi.

Meski menghadirkan kisah cinta berbeda keyakinan, 3 HATI yang mulai tayang awal Juli 2010 ini tidak menyuguhkan sebuah film yang menggurui. Malah sepertinya film ini ingin membebaskan penonton yang memilih. Ending yang disajikan di akhir film ini pun mungkin akan berbeda dengan ekspektasi para penonton. (kpl/riz)