INTERNASIONAL

'HIGH SCHOOL MUSICAL 3: SENIOR YEAR', Musik Sebagai Ungkapan Kegelisahan

Jum'at, 31 Oktober 2008 06:00  | 

Zac Efron







KapanLagi.com - Pemain: Zac Efron, Vanessa Hudgens, Ashley Tisdale, Lucas Grabeel, Corbin Bleu, Monique Coleman

Menjalani tahun terakhir di SMA bisa punya banyak arti. Ada yang berharap masa ini cepat berakhir agar mereka bisa segera masuk universitas yang artinya lebih banyak 'kebebasan' namun tak jarang yang berharap masa SMA tak pernah berakhir.

Troy Bolton (Zac Efron) dan Gabriella Montez (Vanessa Hudgens) adalah jenis yang terakhir. Seiring waktu yang berjalan, mereka semakin gelisah. Mereka sadar bahwa tak lama lagi mereka akan berpisah karena harus menempuh jalan hidup mereka masing-masing.

Bersama anggota Wildcats yang lain termasuk Sharpay Evans (Ashley Tisdale), Ryan Evans (Lucas Grabeel), Chad Danforth (Corbin Bleu), Taylor McKessie (Monique Coleman), dan Kelsie Nielson (Olesya Rulin) mereka lalu mencoba mengungkapkan kegundahan mereka lewat musik yang mereka pentaskan.

Bagian ketiga dari sekuel HIGH SCHOOL MUSICAL ini masih dipercayakan pada sutradara sekaligus koreografer Kenny Ortega yang juga menggarap dua sekuel sebelumnya. Tak cuma sang sutradara, keenam aktor dan aktris pendukung film ini pun tetap kembali memegang peran sebelumnya.

Karena film bertema musikal ini dilepas dengan target penonton 'keluarga', maka jangan terlalu berharap mendapat suguhan cerita yang realistis. Malah bisa dibilang alur cerita film ini lebih mirip dongeng anak-anak. Semua masalah pasti bisa diselesaikan selama masih ada teman yang setia. Ini tak mengherankan karena bila dibuat lebih realistis, maka film ini akan jadi terlalu berat untuk dicerna anak-anak.

Dari sisi akting, mungkin para pemain utama film ini tak terlalu mengalami masalah karena mereka telah beradaptasi dengan karakter tokoh yang mereka perankan sejak bagian pertama film ini. Dan yang jelas waktu dua tahun yang berlalu sejak bagian pertama yang dilepas tahun 2006 pasti telah membuat para aktor dan aktris pendukung film ini lebih 'dewasa' dalam masalah akting.

Film HIGH SCHOOL MUSICAL 3: SENIOR YEAR ini juga tercatat sebagai sekuel yang menghabiskan biaya produksi paling tinggi bila dibanding dengan dua sekuel sebelumnya. Hasilnya, sebuah tontonan yang cukup memanjakan mata, tentunya bila Anda suka dengan film-film bertema musikal.

Salah satu kelemahan dari film ini bisa jadi adalah tema yang tak terlalu 'menggigit'. Dengan tema yang seringan ini, film ini bisa jadi hanya akan memuaskan para fans lama dari sekuel ini. Sementara di saat yang sama film ini tak akan mampu menggaet para penggemar baru.

(kpl/roc)

Lihat Galeri Foto:

HIGH SCHOOL MUSICAL 3: SENIOR YEARHIGH SCHOOL MUSICAL 3: SENIOR YEAR
HIGH SCHOOL MUSICAL 3: SENIOR YEARHIGH SCHOOL MUSICAL 3: SENIOR YEAR
HIGH SCHOOL MUSICAL 3: SENIOR YEARHIGH SCHOOL MUSICAL 3: SENIOR YEAR