KOREA

5 Idol K-Pop dari Luar Korea Paling Terkenal Selama Satu Dekade Terakhir

Selasa, 09 Maret 2021 15:30 Penulis: Iwan Tantomi

credit: as tagged.

Kapanlagi.com - Industri K-Pop mengalami perkembangan pesat selama satu dekade terakhir. Bukan saja menjaring bakat-bakat muda dari Korea, tetapi juga mengundang talenta dari mancanegara. Hal inilah yang membuat K-Pop terus berkembang secara global.

Kerennya, dari sekian banyak trainee internasional atau dari luar Korea, tak sedikit yang sukses debut hingga mencapai puncak popularitas yang mendunia bersama dengan grupnya.

credit via koreaboo.credit via koreaboo.

Sebuah studi pun dilakukan beberapa waktu ini oleh pihak industri hiburan Korea. Mengandalkan data dari Google Analytics, akhirnya dapat diketahui, berikut sederet idol K-Pop dari luar Korea paling terkenal dalam satu dekade terakhir. Ada siapa saja?

1. Lisa BLACKPINK

Pertama ada Lisa BLACKPINK yang boleh dibilang kini sudah dikenali publik hampir di seluruh dunia. Apalagi makin ke sini, BLACKPINK bukan lagi sekadar menjadi grup K-Pop biasa, tetapi idol K-Pop papan atas yang namanya dikenal secara global.

Tak hanya itu, secara personal, Lisa juga memiliki visual dan kharisma yang menawan. Kemampuan dance-nya kerap menuai pujian. Idol K-Pop asal Thailand ini juga sukses berkarier secara solo sebagai juri hingga public figure di berbagai acara TV, termasuk di China.

Brand reputation yang tinggi, membuat Lisa juga memiliki pengaruh yang besar di media sosial. Wajar jika ia pun didapuk menjadi brand ambassador merek mewah dunia.

Tak heran dalam satu dekade terakhir Lisa mendapatkan jumlah pencarian tertinggi di mesin pencarian Google, dengan persentase 26.3% via Google Analytics.

 

 

2. Tzuyu TWICE

Kecantikannya yang paripurna membuat Tzuyu menjadi sorotan utama setiap kali orang melihat TWICE. Visualnya idol K-Pop asal Taiwan ini memang tidak main-main. Pesonanya mampu membius setiap pasang mata penggemar.

Apalagi TWICE telah mendapatkan popularitas yang terus menanjak sejak debut. Bahkan, sebagai girlgroup K-Pop, apa yang diperoleh TWICE ini sangatlah luar biasa. Idol K-Pop debutan JYP Entertainment itu pun termasuk salah satu girlgroup dengan penjualan album tersukses dalam sejarah.

Tak heran dengan semakin melejitnya nama TWICE, Tzuyu juga merasakan dampaknya langsung sebagai member. Ia pun mendapatkan popularitas sebesar 16.1% via Google Analytics, sebagai idol K-Pop dari luar Korea yang banyak dicari di mesin pencarian Google dalam 10 tahun terakhir.

 

 

3. Jessica Eks Girls Generation

Menariknya, di urutan ketiga idol K-Pop dari luar Korea yang sangat populer di mesin pencarian Google dalam 10 tahun terakhir adalah Jessica. Mantan member Girls Generation tersebut mendapatkan persentase sebesar 10.4% via Google Analytics.

Idol K-Pop asal Amerika Serikat ini mengakhiri kariernya bersama Girls Generation pada 2014. Namun, namanya kian bersinar, karena Jessica Jung sukses merintis bisnis fashion-nya. Ia juga terbilang sukses berkarier secara solo sebagai penyanyi.

Visualnya yang menawan, membuat Jessica cukup sering didapuk sebagai model untuk cover majalah terkenal. Ia juga seorang aktris. Dengan segudang talenta dan keaktifannya di industri hiburan, membuat nama Jessica tak meredup sebagai idol K-Pop dari luar Korea yang sangat populer dalam satu dekade terakhir.

 

 

4. Jackson GOT7

Jackson sangat bertalenta. Visualnya sebagai idol K-Pop juga tak perlu diragukan. Member GOT7 ini pun juga aktif berkarier secara solo, baik sebagai penyanyi, dancer, rapper, hingga produser.

Tak hanya itu, sebagai idol K-Pop yang berasal dari Hong Kong, Jackson juga tak membatasi kariernya di Korea saja. Ia juga aktif berkarya di luar negeri, baik di negaranya sendiri, China maupun di pasar Amerika Serikat.

Secara personality, Jackson juga tipikal public figure yang mudah humble dan bersosialisasi. Kemahirannya berbahasa Inggris, menjadi modal besarnya memperluas koneksi di dunia internasional.

Kerennya lagi, selain bermusik, Jackson juga aktif modelling. Berulang kali wajahnya menghiasi beragam majalah terkenal. Ia juga didapuk menjadi brand ambassador produk mewah. Jackson juga memiliki label rekaman sendiri bernama Team Wang.

Besarnya dukungan fans dari China, Korea dan mancanegara, akhirnya membuat popularitas Jackson sebagai idol K-Pop dari luar Korea begitu besar dalam satu dekade terakhir. Ia mendapatkan persentase sebesar 8% berdasarkan data Google Analytics.

 

 

5. Luhan Eks EXO

Last but not least, ada Luhan. Mantan member EXO ini sudah mencuri perhatian banyak pasang mata sejak debut. Bukan hanya memiliki visual yang menawan, tetapi kemampuan bernyanyinya yang keren membuat banyak orang tak ragu jadi penggemarnya.

Sayangnya, Luhan tak berkarier lama sebagai idol K-Pop. Ia memutuskan keluar dari EXO pada 2014. Member asal China ini pun melanjutkan kariernya sebagai penyanyi dan aktor yang sukses di negaranya.

Meski begitu, popularitas Luhan tak bisa dipungkiri di mesin pencarian Google. Biarpun ia hanya fokus berkarier di China, tetapi data Google Analytics membuktikan jika ia mampu meraih persentasi sebesar 6.2% sebagai idol K-Pop dari luar Korea yang banyak dicari dalam satu dekade terakhir.

Well, itulah beberapa idol K-Pop dari luar Korea yang sangat populer berdasarkan data Google Analytics dalam 10 tahun terakhir. Dari semua idol K-Pop tersebut, adakah yang kamu favoritkan, KLovers?

 

(kly/tmi)

Reporter: Iwan Tantomi


REKOMENDASI
TRENDING