KOREA

6 Bintang Korea yang Pernah Ditolak YG Entertainment Saat Audisi Ini Kini Sukses Mendunia

Sabtu, 21 Agustus 2021 18:00 Penulis: Iwan Tantomi

credit via TNGT, NYLON Korea, 1st Look, Marie Claire Korea

Kapanlagi.com - Jalan kesuksesan yang ditempuh setiap orang beda-beda. Bahkan, kendati kamu merasa sangat berbakat, bukan jaminan auto diterima saat melamar di sebuah perusahaan ternama.

Hal inilah yang pernah dialami sederet bintang Korea, baik dari kalangan aktor maupun idol K-Pop. Siapa kira di balik popularitas mereka sekarang yang telah mendunia, para bintang Korea ini dulunya pernah mengikuti audisi di YG Entertainment.

Sayangnya, YG Entertainment tak jeli melihat bakat mereka kala itu, sehingga memilih untuk tidak meloloskan. Untungnya, kegagalan yang diterima dari YG Entertainment, tak membuat mereka patah arang untuk terus berjuang.

Hasilnya, kini beberapa sosok berikut ini sukses menjadi bintang Korea yang mendunia. Ada siapa saja?

1. Rain

Jauh sebelum sukses sebagai artis sekaligus pebisnis seperti sekarang, Rain lebih dulu mengawali kariernya dengan ikutan audisi di YG Entertainment. Sayangnya, Yang Hyun Suk, mantan CEO YG Entertainment, yang kala itu mengaudisinya, tak meloloskan Rain.

Benar saja, YG Entertainment sepertinya memang bukan sumber rezeki Rain, sebab setelah ia diterima dan sukses di bawah JYP Entertainment, namanya terus bersinar. Popularitasnya bahkan mencuat di seluruh penjuru Asia, bahkan sampai ke AS.

2. Park Bo Gum

Salah satu penyesalan Yang Hyun Suk sepanjang kariernya mengaudisi banyak sosok berbakat adalah tak jeli mengamati talenta yang dimiliki Park Bo Gum. Benar, Bo Gum juga pernah mengirimkan video audisi ke YG Entertainment, tetapi videonya tak terpilih, sehingga ia tak bisa melanjutkan audisi ke tahap berikutnya.

Tak lolos audisi sebagai trainee idol K-Pop, Bo Gum justru memantapkan langkah awalnya di dunia hiburan dengan debut sebagai aktor pada 2014. Ia kebagian peran di drama Korea NAEIL'S CANTAIBILE dan WONDERFUL DAYS

Namanya semakin melejit setelah didapuk menjadi MC di acara musik Korea Music Bank, serta kebagian peran di salah satu drama Korea paling laris dalam sejarah, REPLY 1988. Sejak saat itu Bo Gum pun mulai dikenal secara global, khususnya sebagai salah satu aktor terbaik Korea.

3. Chungha

Selain Park Bo Gum, Yang Hyun Suk juga tak meloloskan video audisi Chungha. Kala itu Chungha tak masuk kandidat terbaik di audisi yang diadakan YG Entertainment.

Padahal, Chungha sangat berbakat sebagai idol K-Pop. Sebaliknya, Yang Hyun Suk membiarkan Chungha beralih ke JYP Entertainment begitu saja. Chungha kemudian pindah ke MNH Entertainment.

Namanya mulai menyedot perhatian, saat ia sukses ikutan Produce 101 dan debut bersama I.O.I. Meski grup tersebut telah resmi bubar, tapi Chungha sukses melanjutkan kariernya. Hasilnya, ia menjadi salah satu penyanyi solo paling sukses di industri K-Pop saat ini.

4. Wendy Red Velvet

Nasib serupa juga dialami oleh Wendy Red Velvet. Ia mengirim audio audisi ke YG Entertainment. Namun, Yang Hyun Suk tak menerimanya. Padahal, Wendy punya kualitas vokal yang tak begitu powerful.

Sayang, Yang Hyun Suk tak bisa melihat hal tersebut. Wendy kemudian diterima di SM Entertainment, dan sukses debut bersama Red Velvet. Popularitasnya pun tak perlu diragukan lagi.

Wendy bahkan tak hanya sukses bersama grupnya, tetapi ia juga berhasil debut solo karena memang musikalitasnya begitu diakui di dunia idol K-Pop.

5. Crush

'Korban' penolakan YG Entertainment lainnya adalah Crush. Siapa sangka musisi R&B terkenal di Korea ini juga pernah mengalami nasib apes kala ikutan audisi di YG Entertainment.

Crush juga pernah mengirimkan video audisi ke YG Entertainment, tetapi lagi-lagi Yang Hyun Suk tak jeli melihat talentanya. Crush ditolak oleh YG Entertainment, tetapi sekarang ia sukses meraih kariernya sebagai musisi.

Bahkan, boleh dibilang Crush termasuk salah satu musisi yang langganan jadi teman duet para penyanyi Korea lainnya. Andai tak bergabung dengan Amoeba Culture, mungkin jalan kesuksesannya tak segemilang sekarang.

6. Honey Lee

Last but not least, ada Honey Lee. Benar, Honey Lee dikenal sebagai salah satu aktris ternama Korea. Sejumlah drama dan film box office Korea pun pernah dibintanginya.

Namun, perjalanan kariernya ternyata tak murni langsung di dunia akting. Di awal-awal meniti karier, Honey Lee justru pernah ikutan audisi di YG Entertainment dengan mengirimkan video juga.

Dan, seperti nasib artis dalam daftar ini, Honey Lee pun ditolak Yang Hyun Suk masuk YG Entertainment. Meski begitu, hal tersebut sukses membuatnya menemukan batu loncatan, hingga pada 2007 Honey Lee menjadi Miss Korea yang mewakili negaranya di ajang kecantikan bergengsi, Miss Universe.

Pil pahit yang diterima para artis ketika memulai karier ini dapat menjadi bukti, jika kegagalan di awal tak selalu jadi penghambat kesuksesan di akhir. Justru dengan tetap berjuang dan bekerja keras, mereka mampu membuktikan diri menjadi superstar dunia dengan bakat yang dimiliki. 

Sungguh menginspirasi sekali, kan, KLovers?

(kly/tmi)

Reporter: Iwan Tantomi


REKOMENDASI
TRENDING