HOME » KOREA
KOREA

Beda dari yang Lain, 6 Hal Luar Biasa Ini Sampai Dilakukan Penggemar Ketika Dukung Idol K-Pop Mereka

Rabu, 15 Juli 2020 10:33 Penulis: Dhia Amira

Ilustrasi (credit: koreaboo.com)

Kapanlagi.com - Menjadi seorang penggemar dari idol K-Pop memang bukan hal yang mudah, bahkan banyak dari mereka berkorban waktu dan juga materi untuk mendukung para idola agar sukses. Para penggemar idol K-Pop ini kebanyakan akan membentuk sebuah grup atau perkumpulan untuk menjadi tempat mencari dan memberi informasi, hingga membahas sebuah project.

Panggilan untuk idola yang disukai oleh penggemar K-Pop adalah bias. Mereka akan melakukan hal apapun, untuk mendukung semua kegiatan yang sedang dilakukan oleh para bias mereka, seperti comeback atau membuat album baru.

Kira-kira apa saja sih hal luar biasa yang dilakukan oleh penggemar idol K-Pop untuk para bias mereka? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 6 hal luar biasa yang dilakukan oleh penggemar dalam mendukung grup idol K-Pop yang digemari. Yuk langsung saja dicek.

 

1. Melakukan Streaming

Hal pertama yang dilakukan penggemar idol K-Pop dalam mendukung bias mereka yaitu dengan melakukan streaming. Hal ini biasanya gencar dilakukan saat seorang idol baru saja mengeluarkan single atau album terbaru mereka. Para penggemar ini akan melakukan streaming selama 1 hingga 2 hari berturut-turut untuk menaikkan viewers, di YouTube, V LIVE, atau aplikasi Korea lainnya.

Hal ini dilakukan untuk memberikan penghargaan bagi sang idol karena telah sukses dalam membuat lagu hingga video klip yang mereka suguhkan. Tidak hanya itu saja, bila viewers tinggi hal ini merupakan sesuatu pencapaian luar biasa yang patut untuk dibanggakan oleh para idol K-Pop dan juga penggemarnya.

2. Dengerin Lagu Lewat Situs Resmi

Selain mendengarkan lagu lewat YouTube, para penggemar idol K-Pop ini juga akan mendengarkan lagu lewat situs-situs resmi seperti iTunes, Spotify, Melon, dan aplikasi resmi lainnya. Hal ini untuk menghitung jumlah pendengar pada saat lagu tersebut dirilis. Tidak hanya lagu baru saja, lagu-lagu lama pun tetap mereka dengarkan lewat aplikasi berbayar atau resmi.

Hal ini untuk menghargai usaha dari para idol K-Pop yang telah berjuang dalam membuat, atau ikut serta pada kegiatan pembuatan single serta album. Para penggemar juga akan bangga bila hasil dari tangga lagu yang mereka dengarkan masuk dalam chart populer di Korea Selatan dan juga dunia.

3. Join dengan Aplikasi Berbayar

Selain mengikuti kegiatan bias lewat media sosial Instagram, YouTube, dan Twitter. Biasanya ada beberapa aplikasi berbayar untuk penggemar yang ingin mengikuti kegiatan dari para bias favorit mereka. Hal ini tentu saja dilakukan oleh para penggemar untuk mengetahui kegiatan terupdate dari para idol K-Pop tersebut.

Selain itu ada pula aplikasi untuk penggemar agar dapat chat secara langsung dengan bias favorit mereka. Ada pula member berbayar khusus yang hanya dimiliki oleh beberapa penggemar saja, yang tentunya dengan bayaran yang cukup tinggi. Biasanya member ini hanya ada di Korea Selatan, Jepang, atau China.

4. Membeli Album

Bagi pecinta idol K-Pop membeli album merupakan sesuatu hal yang harus dilakukan paling tidak 1 kali dalam seumur hidup. Sebenarnya bukan sebuah keharusan, tetapi para penggemar merasa belum seutuhnya mendukung para bias mereka bila belum membeli 1 album pun dalam setiap comeback yang dilakukan.

Ada beberapa management yang menjadikan album sebagai tolak ukur apakah idol K-Pop tersebut sukses dalam comeback atau debut mereka. Dan apakah grup K-Pop tersebut dapat melanjutkan kembali comeback mereka kedepannya atau tidak. Itulah mengapa untuk mempertahankan sebuah grup yang mereka sukai, penggemar juga mendukung para idol lewat album yang mereka beli.

5. Membeli Merchandise

Tidak semua penggemar idol K-Pop membeli setiap merchandise yang dimiliki. Mereka akan membeli sesuatu menarik menurut mereka, dan tidak terlalu mahal. Itulah mengapa tidak semua penggemar idol K-P memiliki merchandise. Mereka lebih mewajibkan untuk membeli lightstick, karena lightstick merupakan identitas penggemar.

Lightstick digunakan dalam setiap kegiatan yang dihadiri oleh idol K-Pop favorit, seperti konser, fan meeting, acara musik, dan masih banyak lagi. Itulah mengapa lightstick bagi penggemar K-Pop merupakan suatu hal yang wajib dimiliki.

6. Melakukan Project

Dan hal luar biasa yang dilakukan oleh penggemar K-Pop yang terakhir yaitu dengan melakukan sebuah project. Biasanya project ini dilakukan saat bias yang mereka sukai berulang tahun, atau memberikan kejutan konser, hingga merayakan anniversary grup idol K-Pop yang disukai.

Mereka akan melakukan project kecil hingga project yang besar dengan biaya yang besar pula. Biasanya untuk project besar, para penggemar akan mempersiapkan hal tersebut beberapa bulan sebelum, atau 1 tahun sebelum acara. Mereka akan mengadakan perkumpulan untuk mengumpulkan dana secara suka rela agar dapat membantu melancarkan project tersebut.

Bukan main-main, biasanya project berupa iklan pada layar LED yang ada di Korea Selatan, China, Taiwan, hingga Amerika. Ada pula project dengan memberikan bantuan sosial, mengadopsi binatang langka, membangun perpustakaan, membangun sekolah, memberi nama bintang, hingga menjadi salah satu donatur dalam acara besar yang diadakan oleh Korea Selatan.

Itulah 6 hal luar biasa yang dilakukan oleh penggemar idol K-pop dalam mendukung bias mereka. Semua hal di atas merupakan bentuk kasih sayang, serta dukungan untuk menghargai setiap usaha dan kerja keras yang dilakukan oleh para idol K-Pop kesayangan mereka.


REKOMENDASI
TRENDING