KOREA

10 Idol KPOP Terkenal yang Justru Nggak Lahir di Korea, Ada Rose BLACKPINK - Mark NCT

Selasa, 14 Juli 2020 18:00 Penulis: Iwan Tantomi

credit via Dispatch/YG Entertainment/SM Entertainment

Kapanlagi.com - K-POP memang identik dengan Korea. Nggak sedikit pula idol K-POP yang popularitasnya sampai melambung ke penjuru dunia, di samping tenar di Korea. Beberapa orang awam atau non-fans pun nggak jarang yang mengira jika hampir semua idol K-POP terkenal lahir di Negeri Ginseng.

Nyatanya, nggak semua idol K-POP lahir dan besar, hingga sukses di Korea saja. Ada banyak idol K-POP yang justru baru masuk ke Korea saat usia remaja, demi menjalani masa trainee. Termasuk sederet idol K-POP populer berikut ini, ternyata justru lahirnya di luar Korea lho.

1. Rose BLACKPINK

Roseanne Park atau terkenal sebagai Rose BLACKPINK menjadi salah satu idol K-POP yang sangat populer, baik di Korea maupun di dunia internasional saat ini. Namun, bagi masyarakat umum, mungkin belum mengetahui jika Rose sebenarnya lahir di Auckland, New Zealand.

Main vocalist BLACKPINK ini juga nggak langsung tumbuh besar di Korea, melainkan masih menjalani masa kecilnya di Melbourne, Australia. Rose baru meninggalkan Australia pada usia 15 tahun untuk menjalani masa trainee di YG Entertainment, sebelum akhirnya debut bersama BLACKPINK.

2. Tiffany SNSD (Girls Generation)

Tiffany terkenal bersama grupnya, SNSD atau Girls Generation. Meski menjadi salah satu idol sukses di Korea, nyatanya pemilik nama asli Stephanie Hwang ini justru lahir di San Francisco, California, AS.

Dia bergabung bersama SM Entertainment untuk menjalani masa trainee pada usia 15 tahun. Kini Tiffany Young debut sebagai solois di Negeri Paman Sam, di bawah manajemen Paradigm Talent Agency. Di AS, Tiffany Young merilis single debut berbahasa Inggris, Over My Skin. 

3. Krystal f(x)

Sama seperti kakaknya, Jessica Jung mantan member SNSD, Krystal f(x) juga nggak lahir di Korea. Sebaliknya, ia lahir di San Francisco, California, AS. Menariknya, Krystal ditemukan pihak agensi SM Entertainment saat sedang berada di mall pada 2000.

Pada 2006, Krystal mengikuti audisi SM Casting System, hingga akhirnya sukses debut sebagai penyanyi dan penari bersama f(x) pada 2009. Karirnya pun makin melejit, setelah Krystal turut membintangi sejumlah drama Korea terkenal, seperti THE HEIRS (2013), PRISON PLAYBOOK (2017-2018), hingga THE BRIDE OF HABAEK (2017).

4. Jay Park

Sebelum keluar, Jay Park lebih dulu dikenal sebagai leader 2PM. Boy group bentukan JYP Entertainment itu pernah menarik atensi publik Korea di masanya. Menariknya, Jay Park justru nggak lahir di Korea lho.

Sebaliknya, Jay Park lahir di Edmonds, Washington, AS. Ia baru ke Korea pada 2004 untuk menjalani masa trainee di JYP Entertainment, sebelum akhirnya debut bersama 2PM empat tahun kemudian. Meski begitu, Jay Park termasuk sukses berkarir solo dan mendapatkan banyak sekali penghargaan internasional.

5. Sunny SNSD (Girls Generation)

Selain Tiffany dan Jessica, Sunny menjadi member SNSD yang juga nggak lahir di Korea. Sunny lahir di Los Angeles, California, AS. Dia dan keluarganya juga sempat tinggal di Kuwait, sebelum akhirnya memutuskan balik ke Korea Selatan untuk alasan keselamatan.

Pada 1998, Sunny join Starlight Entertainment, yang masih di bawah manajemen SM Academy. Menjalani masa trainee di sana selama lima tahun, Sunny kemudian menjadi trainee SM Entertainment pada 2007, hingga akhirnya debut bersama Girls Generation.

6. Joshua SEVENTEEN

SEVENTEEN juga memiliki member yang nggak lahir dan tumbuh dari kecil di Korea. Ia adalah Joshua. Pemilik nama asli Joshua Jisoo Hong itu pun lahir dan besar di Los Angeles, California, AS.

Momen pertama Joshua masuk ke dunia hiburan Korea adalah saat Pledis Entertainment mengajaknya bergabung di sebuah acara Festival Korea di Los Angeles. Saat itu, Joshua menjadi pemain gitar. Baru pada 2012 ia pindah ke Korea, dan menjadi trainee di Pledis Entertainment, sebelum akhirnya debut bersama SEVENTEEN.

7. Aron NU'EST

Berbeda dengan Joshua yang sudah mahir berbicara bahasa Korea saat pindah ke Negeri Ginseng, Aron yang lahir dan besar di Los Angeles, California, AS, justru mengalami kendala dengan bahasa Korea.

Pemilik nama lengkap Aaron Kwak itu pun diterima sebagai trainee, setelah jadi juara pertama 2009 PLEDIS USA Personal Auditions, berkat kemampuan vokal yang mengagumkan. Aron akhirnya debut sekaligus memperdalam bahasa Koreanya bersama para member NU'EST lainnya.

8. Bang Chan Stray Kids

Bang Chan yang memiliki nama asli Chris Bang, tumbuh dan besar di Sydney, Australia. Sebelum pindah ke Korea, Chan menamatkan sekolah kesenian di Newtown High School.

Setelah lulus audisi, Chan kemudian pindah ke Korea dan menjadi trainee JYP Entertainment pada 2010. Kini Bang Chan, menjadi lead vocalist, lead rapper, sekaligus leader boy group terkenal Stray Kids.

9. Felix Stray Kids

Rekan Bang Chan yang juga dari Australia adalah Felix. Idol KPOP terkenal ini juga lahir dan besar di Sydney, Australia. Sebelum pindah ke Korea, Felix menamatkan sekolah swasta Katolik di ST Patrick's Marist College, Sydney.

Felix yang berprestasi di bidang Taekwondo dan renang, kemudian pindah ke Korea dan menjadi trainee JYP Entertainment, sebelum akhirnya ia debut bersama Stray Kids. Felix terkenal di Korea, karena ia juga menjadi MC di beberapa acara tv di Negeri Ginseng.

10. Mark NCT

Last but not least, ada Mark NCT yang begitu terkenal, baik di Korea maupun di kancah global. Menariknya, rapper NCT ini justru lahir dan besar di Vancouver, Kanada. Mark juga sempat tinggal di Toronto dan New York.

Mark Lee baru pindah ke Korea Selatan, setelah ia ikut casting dan lulus SM Global Audition yang digelar di Vancouver, Kanada. Mark akhirnya debut dan bersinar bersama grup NCT juga SuperM.

Itulah beberapa idol K-POP terkenal yang justru lahir bukan di Negeri Ginseng. Dari beberapa idol tersebut, ada favoritmu, KLovers?

(kly/tmi)

Reporter: Iwan Tantomi


REKOMENDASI
TRENDING