KOREA

6 Rahasia Sukses BTS Gaet Popularitas Global, Konten Gratis Jadi Kunci Utama

Kamis, 18 Februari 2021 15:05 Penulis: Iwan Tantomi

credit via Big Hit Entertainment

Kapanlagi.com - Tak ada yang meragukan popularitas BTS dewasa ini. Apalagi mereka bukan saja terkenal di Asia, tetapi sudah mendunia. Kesuksesan BTS pun dinilai turut mendobrak stereotip akan musisi Asia yang bisa menembus pasar musik Barat, terutama Amerika dan Eropa tanpa harus bernyanyi dalam lirik berbahasa Inggris sepenuhnya.

Tak heran jika beberapa pihak pun bertanya-tanya, sebenarnya apa sih kunci kesuksesan BTS gaet popularitas global? Rupanya salah satu kunci utamanya adalah konten gratis. Benar, BTS sangat memanjakan penggemarnya dengan beragam konten, dari musik hingga dokumentasi kehidupan sehari-hari secara cuma-cuma.

Sekalipun terdengar sepele, ternyata hal tersebut sangat diapresiasi para penggemar. Bahkan, fans merasa lebih dekat dengan sang idol K-Pop dengan beragam sajian konten tersebut. Tak jarang pula banyak fans baru BTS bermunculan setelah menonton atau mendengar konten-konten digital tersebut. Seperti apa?

1. Bangtan Bomb

Sejak debut pertama kali, BTS sudah membiasakan diri mengunggah konten di balik layar setiap kegiatan mereka di YouTube. Konten video bernama Bangtan Bomb atau BTS Bomb tersebut bisa dinikmati para penggemar secara cuma-cuma.

Selain itu, lewat konten tersebut, penggemar BTS sedari awal sengaja diperkenankan untuk tahu kepribadian masing-masing member BTS saat di balik kamera. Hal tersebut untuk membuktikan jika semua member BTS sebenarnya apa adanya, baik saat tampil maupun di balik panggung.

Siapa sangka konten itu pun sangat efektif, di kala masih banyak agensi K-Pop saat itu cenderung masih menutupi kehidupan di balik kamera para artisnya. Namun, BTS lewat Big Hit Entertainment memilih cara berbeda dan lebih terbuka untuk berinteraksi dengan fans. 

Malah Big Hit Entertainment membolehkan penggemar membuat video kreasi BTS dari konten yang mereka bikin. Itulah yang membuat kedekatan BTS dan para penggemar, pada akhirnya bisa terbentuk sangat kuat hingga sekarang.

 

2. Soundcloud

BTS sangat aktif berpartisipasi dalam produksi musik di setiap album mereka sejak debut. Saking aktifnya, lagu yang mereka bikin pun sampai tak terkira jumlahnya. Apalagi masing-masing member punya gaya bermusik sendiri, dan agensi tak membatasi mereka berkarya.

Menariknya, selain musik-musik komersial, BTS juga kerap menghadiahkan para penggemar dengan musik berkualitas yang bisa dinikmati secara cuma-cuma. Biasanya musik tersebut diunggah di saluran Soundcloud resmi BTS.

Kerennya lagi, BTS bahkan sering merilis album berbentuk mixtape yang juga gratis. Sampai-sampai setiap bulan hampir selalu ada musik baru yang dirilis baik secara grup maupun individual.

Berkat konten musik yang melimpah inilah, para penggemar jadi tak pernah bosan mendengarkan musik-musik BTS. Menurut para fans, musik BTS yang dirilis di Soundcloud punya 'citarasa' berbeda dengan yang dirilis dalam album resmi.

 

3. FESTA

Demi menunjukkan rasa terima kasih kepada para penggemar, BTS hampir tak pernah absen merayakan debut anniversary bernama FESTA setiap tahunnya. Event yang selalu diadakan pada 13 Juni tersebut bahkan selalu digelar secara spektakuler dengan menghadirkan konten gratis dan konser.

Di mata para penggemar BTS, FESTA ini sendiri lebih mirip seperti festival. Karena sepekan lebih lamanya, fans akan dimanjakan dengan beragam konten eksklusif berupa foto keluarga ala BTS, video koreografi, musik baru, hingga konten-konten seru dan menarik lainnya. Itulah kenapa FESTA ini begitu dinanti-nantikan kehadirannya oleh para penggemar BTS.

 

4. Run BTS!

BTS juga punya variety show sendiri bernama Run BTS! Acara ini pun dapat dinikmati secara gratis setiap minggunya via platform VLIVE maupun WEVERSE.

Lewat variety show tersebut penggemar dapat mengenal lebih dalam bagaimana karakter masing-masing member BTS yang dasarnya super kocak dan tak jaim sama sekali. 

Selain Run BTS! juga kerap mengocok perut, karena menghadirkan beragam misi dan permainan. Meski awalnya acara ini dibikin sebagai sebuah proyek, tetapi karena banyak penggemar yang menyukai, akhirnya dibikin secara rutin untuk mendekatkan BTS dengan para penggemar.

Saking banyaknya yang nonton, acara Run BTS! bahkan selalu trending di VLIVE. Beberapa episodenya bahkan telah diputar di TV Korea. Kerennya, variety show ini telah tayang lebih dari 100 episode, menandai akan kesuksesannya menggaet jutaan penonton.

 

5. Bang Bang Con

Sama halnya dengan para musisi lain, BTS juga terpaksa harus membatalkan konser dan tur dunia sepanjang 2020 akibat pandemi Covid-19. Demi mengobati kekecewaan penggemar, BTS pun tak tinggal diam. Mereka justru menghadirkan konser 2 hari berturut-turut secara online dan gratis untuk para penggemar.

Konser bernama Bang Bang Con tersebut menghadirkan rangkaian konser BTS yang selama ini hanya bisa dilihat lewat DVD eksklusif. Namun, pada 18-19 Maret 2020, Big Hit Entertainment menayangkannya secara streaming di YouTube Bangtan TV sebagai hiburan, terutama bagi para penggemar baru BTS yang belum pernah menontonnya.

 

6. American Hustle Life

Di tahun-tahun pertama debut, BTS sudah menghadirkan konten eksklusif bernama American Hustle Life yang ditayangkan di Mnet. Lewat konten tersebut, BTS sebagai rookie dikirim ke Amerika untuk belajar hip-hop.

Konten ini pun masih bisa ditonton sampai sekarang. Biasanya para penggemar baru akan disarankan oleh penggemar lama BTS untuk menonton tayangan ini. Tujuannya agar tahu bagaimana beratnya perjuangan BTS di awal-awal debut, bagaimana mereka belajar hip-hop dari para rapper terkenal macam Warren G dan Coolio.

Itulah deretan konten gratis BTS yang bisa dinikmati para penggemar. Bukan saja menghibur, konten-konten tersebut juga menjadi bukti kesuksesan BTS menggaet para penggemar di berbagai penjuru dunia, hingga akhirnya bisa besar seperti sekarang.

(kly/tmi)

Reporter: Iwan Tantomi


REKOMENDASI
TRENDING