KOREA

7 Fakta Haruma Miura Bintang 'ATTACK ON TITAN' Semasa Hidup, Siapa Nama Aslinya - Ternyata Ngefans BTS

Sabtu, 18 Juli 2020 21:51 Penulis: Renisya Satya Putri

Haruma Miura © TPG Images

Kapanlagi.com - Kabar meninggalnya Haruma Miura pada Sabtu (18/7/2020) mengejutkan banyak orang, terutama para penggemar drama dan film Jepang. Aktor yang baru berusia 30 tahun tersebut ditemukan gantung diri di kediamannya yang terletak di Minato Ward pada pukul 13:00 waktu setempat.

Nama Haruma Miura dikenal publik karena lakonnya sebagai Eren Jaeger dalam film adaptasi anime populer ATTACK ON TITAN. Ternyata, aktor yang kerap menjadi pemeran utama film dan drama Jepang ini pernah menjajal kemampuannya sebagai idol J-Pop. Intip yuk fakta lain tentang Haruma Miura di sini!

1. Nama Asli Haruma Miura

Nama Miura ternyata merupakan stage name aktor kelahiran 5 April 1990 ini. Untuk yang belum tahu, sebenarnya nama asli Haruma Miura adalah Haruma Sakamoto.

Haruma Miura biasa dipanggil Harumacchi oleh para penggemar dan kawan-kawannya. Julukan ini diberikan oleh teman-teman sekelas Miura saat masih duduk di bangku sekolah.

2. Awal Perjalanan Karier

Haruma Miura bisa dibilang sudah makan asam garam di dunia akting. Ia mengawali kariernya sebagai aktor cilik saat masih berusia 7 tahun.

Proyek debut akting Haruma Miura adalah drama pagi berjudul AGRI yang tayang di saluran NHK. Dalam drama ini, Miura kecil memerankan karakter bernama Shotaro.

3. Debut Grup J-Pop

Sambil melanjutkan karir aktingnya di drama televisi Jepang, Haruma dan dua siswa Tsukuba Actor's Studio lainnya membentuk sebuah grup J-Pop bernama Brash Brats. Setelah Tsukuba Actor's Studio tutup, ketiganya bergabung dengan salah satu agensi bakat terbesar di Jepang, Amuse.

Tak lama setelahnya, popularitas Haruma Miura semakin meroket setelah penampilannya di drama keluarga NHK berjudul FIGHT. Miura kemudian menetapkan bahwa Brash Brats hiatus untuk jangka waktu yang tidak ditentukan.

4. Aktor Papan Atas

Karier Haruma Miura sebagai aktor semakin meningkat, terbukti dari keterlibatannya sebagai salah satu pemeran versi layar lebar SKY OF LOVE dan drama TBS berjudul BLOODY MONDAY. Ia juga membintangi film laga CROWS ZERO 2 yang disutradarai oleh Takashi Miike bareng Shun Oguri.

Salah satu proyek Haruma Miura yang paling dikenal publik adalah saat dia memerankan karakter Eren Jaeger dalam film ATTACK ON TITAN dan ATTACK ON TITAN: END OF WORLD. Kedua film adaptasi anime berjudul sama tersebut tayang pada tahun 2015.

5. Raih Berbagai Penghargaan

Sebagai seorang aktor dengan kemampuan akting yang tak diragukan lagi, Haruma Miura sukses menyabet berbagai penghargaan dalam ajang bergengsi. Di awal perjalanan karirnya sebagai aktor dewasa, Haruma Miura meraih penghargaan 31st Japan Academy Prize (2008) dan Elan d'or Awards (2009) untuk kategori Rookie of the Year. Ia juga menyabet penghargaan 63rd Mainichi Film Awards untuk kategori Sponichi Grand Prix New Talent Award di tahun 2009.

Pada tahun 2015, Miura meraih penghargaan 38th Japan Academy Prize untuk kategori Best Supporting Actor. Lalu di tahun 2017, Miura memenangkan penghargaan 24th Yomiuri Theater Award untuk dua kategori sekaligus, yakni Best Actor Award dan Haruko Sugimura Award.

6. Sahabat Sato Takeru

Haruma Miura dikenal memiliki persahabatan yang erat dengan Sato Takeru. Keduanya sering kepergok fans makan bareng sambil mengobrol santai. Dalam sebuah wawancara dengan majalah Jepang, Miura mengaku topik pembicaraan yang sering mereka bahas adalah tentang cewek-cewek.

Kedekatan Haruma Miura dan Sato Takeru juga terlihat dalam program dokumenter yang mereka bintangi berdua. Acara ini dirilis dalam bentuk DVD pada tahun 2010.

7. Berteman dengan Chanyeol EXO

Selain Sato Takeru, Haruma Miura juga berteman akrab dengan Chanyeol EXO. Aktor asal Negeri Sakura ini pernah mengunggah momen kebersamaannya dengan Chanyeol di akun Instagram resminya.

Dalam postingannya, Miura mengaku baru saja makan unagi (belut) bareng Chanyeol yang datang ke Jepang untuk menonton pertunjukan musikalnya, Kinky Boots. Miura memuji Chanyeol yang tetap rendah hati meski sudah menjadi bintang kelas dunia.

8. Ngefans BTS

Masih seputar K-Pop, ternyata Haruma Miura ngefans sama BTS lho. Miura mengungkapkan bahwa dirinya punya album MAP OF THE SOUL, bahkan menonton konser BTS Speak Yourself yang digelar di Jepang.

Rest in peace Haruma Miura. Terima kasih sudah menemani para penggemar film dan drama Jepang dengan akting yang memukau.


REKOMENDASI
TRENDING