KOREA

7 Lagu K-Pop yang Paling Banyak Memenangkan Tropi Music Show dalam Sejarah

Jum'at, 21 Januari 2022 17:35 Penulis: Iwan Tantomi

Credit via Big Hit Music, P Nation, SM Entertainment

Kapanlagi.com - Music show kerap dimanfaatkan para idol K-Pop untuk mempromosikan lagu baru. Bahkan, datang ke music show di Korea seolah sudah menjadi agenda wajib dalam setiap comeback para idol K-Pop.

Uniknya, music show di Korea sangat banyak, dari KBS Music Bank, SBS Inkigayo, MBC M Show Champion, MBC Show! Music Core, SBS MTV The Show, serta Mnet M Countdown. Inilah yang bikin comeback menjadi agenda yang melelahkan bagi sebagian besar idol K-Pop.

Tak hanya menjadi ajang promosi, music show juga memberikan tropi mingguan untuk lagu-lagu baru terbaik yang paling digemari masyarakat. Masing-masing punya kriteria sendiri, sehingga sangat sulit meraih peringkat pertama.

Meski begitu, ternyata ada lagu K-Pop yang sukses meraih tropi music show terbanyak dalam sejarah. Beberapa di antaranya bisa dilihat berikut ini.

1. BTS - Dynamite

Di urutan pertama, lagu K-Pop dengan jumlah tropi kemenangan dari music show paling banyak di Korea adalah Dynamite milik BTS. Lagu yang dirilis pada 20 Agustus 2020 ini menjadi lagu berbahasa Inggris pertama BTS yang sukses merajai Billboard Hot 100.

Keberuntungan ini pun ternyata juga terjadi di Korea, di mana lagu bahasa Inggris yang biasanya jarang populer di kalangan masyarakat Korea, justru viral dan banyak diputar di mana-mana.

Hasilnya, Dynamite mampu melampau rekor lagu-lagu lawas, dan merebut tahta baru dengan 32 tropi kemenangan dari music show di Korea dalam sejarah K-Pop.

2. Shin Seunghun - Invisible Love

Selanjutnya, ada lagu lawas Invisible Love milik Shin Seunghun yang dirilis pada 30 November 1991. Di era itu, TV masih menjadi media hiburan utama, sehingga lagu baru yang sanggup memenangkan tropi music show, berarti mampu menarik hati penggemar sepenuhnya di Korea. Invisible Love pun sukses mengantongi 31 tropi kemenangan dari music show di Korea.

3. Seo Taiji and Boys - I Know

Di urutan ketiga ada lagu Seo Taiji and Boys berjudul I Know. Lagu yang dirilis pada 23 Maret 1992 ini hits di masanya. Apalagi TV masih menjadi hiburan utama di Korea dan Seo Taiji sukses meraih hati banyak penggemar. I Know pun sukses memenangkan 26 tropi kemenangan dari music show di Korea.

4. PSY - Gangnam Style

Bicara K-Pop, rasanya tak afdal jika tak membicarakan Gangnam Style milik PSY. Lagu yang dirilis pada 15 Juli 2012 ini secara perlahan viral tak hanya di Korea, tetapi di seluruh penjuru dunia. Tak heran jika Gangnam Style mampu meraih total 25 tropi music show. PSY sendiri sampai saat ini telah mendapatkan 42 tropi music show dengan lagu-lagunya.

5. BTS - Boy With Love

Di urutan kelima ada BTS dengan lagu Boy With Luv. Lagu yang dirilis pada 12 April 2019 ini tak hanya booming di Korea, tetapi juga di dunia internasional, khususnya Amerika. Bukan saja sanggup menembus peringkat 8 Billboard Hot 100, tetapi juga mampu meraih 21 tropi music show di Korea.

6. EXO - Call Me Baby

Ada pula EXO dengan lagu Call Me Baby. Lagu yang dirilis pada 27 Maret 2015 ini menyita banyak perhatian netizen. Terlebih EXO mulai mencapai puncak ketenaran kala itu. Tak heran jika Call Me Baby mampu meraih 17 tropi kemenangan dari berbagai music show.

7. Apink - Luv

Last but not least, ada Luv dari Apink yang menjadi satu-satunya girlgroup K-Pop dalam daftar ini. Lagu ini dirilis pertama kali pada 24 November 2014. Popularitas Apink yang moncer saat itu, membuat Luv banyak didengarkan masyarakat luas. 

Hasilnya, lagu mampu meraih total 17 tropi music show. Adapun secara keseluruhan, Apink telah meraih 51 tropi kemenangan music show sepanjang kariernya.

Itulah beberapa lagu K-Pop dengan yang meraih tropi kemenangan music show terbanyak dalam sejarah. Dari beberapa lagu tersebut, manakah yang berada di eramu kala sedang viral?

https://www.newshub.id/interactive2/2904

(kly/tmi)

Reporter: Iwan Tantomi


REKOMENDASI
TRENDING