KOREA

8 Grup Idol K-Pop dengan Mantan Member Terbanyak, Ada yang Sampai Belasan Hingga Puluhan Orang

Kamis, 22 Oktober 2020 11:00 Penulis: Renisya Satya Putri

grup K-Pop dengan mantan member terbanyak (cr: istimewa)

Kapanlagi.com - Perubahan formasi member grup K-Pop di beberapa titik dalam karir mereka merupakan hal yang biasa terjadi. Bisa saja ada seorang member yang keluar dari grup atau digantikan oleh yang lain karena berbagai alasan, mulai dari alasan kesehatan hingga habis kontrak.

Namun, sederet grup K-Pop berikut ini memiliki mantan member yang sangat banyak. Saking banyaknya, mantan member grup tersebut sampai bisa membentuk sebuah grup K-Pop baru. Siapa saja mereka? Intip yuk.

1. Kiwi Band

Kiwi Band yang aktif antara tahun 2014 dan 2018 hanya memiliki 2 member saat mereka bubar. Tidak banyak yang diketahui tentang grup ini karena mereka tidak merilis banyak karya, yang jelas 10 membernya hengkang pada waktu yang berbeda di sepanjang karier Kiwi Band.

2. HINT

Grup yang sebelumnya bernama TURAN ini awalnya debut dengan 7 member. Namun, 5 member hengkang hanya dalam beberapa bulan dan digantikan oleh 4 orang lainnya.

Selama beberapa tahun berikutnya, jajaran member grup ini berubah beberapa kali sampai mereka mencapai formasi sekarang dengan 5 member yang ada (Hyejin, Ar Ra, Cherry, Haesol, dan Nael). Mereka lantas melanjutkan karier dengan nama baru, HINT. Grup ini memiliki total mantan member 10 orang.

3. Underdog

Boy group Underdog hanya bertahan antara tahun 2013 hingga 2017 dan kehilangan banyak member di sepanjang perjalanan karier mereka. Jumlah member Underdog berkurang menjadi 4 pada saat mereka bubar.

Keempat member ini baru bergabung pada tahun 2016, dan 3 orang dari mereka (Kain, Baekjin, dan Iro) sekarang bergabung dengan Hi5 meski tidak ada kejelasan apakah mereka sedang bersiap untuk debut atau tidak. Total, ada 11 member yang hengkang saat grup ini dibubarkan.

4. XING

Grup K-Pop lawas XING memulai debutnya pada tahun 2006 dan dibubarkan pada tahun 2009. Selama tiga tahun berkarier, mereka kehilangan total 13 member.

Untungnya, banyak dari mereka yang kemudian bergabung dengan grup baru, termasuk Kevin (sebelumnya dari U-KISS), Kibum (sebelumnya dari U-KISS), Junhyung (sebelumnya dari BEAST/HIGHLIGHT), dan banyak lagi yang membentuk grup baru bernama The Boss.

5. Pure/Pure Boy/Pure L/Naughty Boys/NTB

Boy group yang satu ini tidak hanya mengalami banyak perubahan member, tetapi juga berkali-kali melakukan perubahan nama. Sekarang boy group ini dikenal sebagai NTB dan memiliki 6 member setelah melalui perubahan jajaran member yang berakhir dengan 14 orang mantan member.

Mereka awalnya diperkenalkan pada tahun 2011 sebagai PUREBOY dengan 11 anggota, tetapi grup ini terus mengalami perubahan bahkan sebelum rilis pertama mereka dan terus berubah selama bertahun-tahun hingga sekarang.

6. LPG

LPG adalah grup wanita yang memulai debutnya pada tahun 2005 dengan 4 member. Grup ini tergolong unik karena beberapa membernya merupakan peserta kontes kecantikan.

LPG sendiri melewati tiga generasi member yang berbeda. Generasi pertama antara tahun 2005 dan 2009 (hanya tersisa 2 orang sebelum 2009), lalu 6 member baru sebagai generasi kedua bergabung di waktu yang berbeda-beda antara 2009 dan 2012. Terakhir, generasi ketiga yang berjumlah 10 orang bergabung sekitar tahun 2013 tetapi hanya tersisa 3 saat mereka bubar.

7. APeace

Boy group APeace awalnya memulai debut pada tahun 2010 sebagai grup dengan nama Double B 21 karena memiliki 21 member. Mereka debut kembali sebagai APeace pada tahun 2011.

Sampai sekarang, mereka memiliki 10 member aktif, dengan 13 member asli yang menghilang, 1 member asli tidak aktif, 2 member yang bergabung kemudian dan hengkang, dan 1 member baru yang sekarang tidak aktif. Total ada 17 mantan member.

8. Leader'S

Last but not least, Leader'S mengambil posisi teratas untuk daftar grup dengan mantan member terbanyak. Grup ini awalnya memulai debut dengan 8 member pada awal 2011, tetapi pada bulan Oktober di tahun yang sama, agensi mereka TGN Entertainment mengumumkan bahwa Leader'S dirombak menjadi grup beranggotakan 24 orang yang dipecah menjadi 3 sub-unit.

Pada saat mereka bubar di tahun 2015, mereka hanya memiliki 5 member yang tersisa. Grup ini memiliki begitu banyak member yang bergabung dan keluar sehingga mereka berakhir dengan 36 mantan member.


REKOMENDASI
TRENDING