KOREA

Ada-Ada Saja, 7 Lagu K-Pop Terkenal Ini Dilarang Diputar di Gym Seoul Karena Dianggap Sebarkan Covid-19

Kamis, 15 Juli 2021 19:05 Penulis: Iwan Tantomi

credit via Big Hit Music/YG Ent/BE:LIFT LAB/SM Ent

Kapanlagi.com - Penyebaran Covid-19 di dunia kian mengkhawatirkan. Apalagi sejak munculnya varian Covid-19 baru, sejumlah negara mengalami peningkatan kasus. Di Korea Selatan dilaporkan kini jumlah kasus positif Covid-19 meningkat lebih dari 1500 kasus per hari.

Demi mencegah penyebaran Covid-19 lebih lanjut, sejumlah kebijakan pun diambil pemerintah kota Seoul, Korea Selatan. Paling baru, ada kebijakan kontroversial yang dirilis dinas kesehatan kota Seoul, di mana musik yang temponya lebih 120 beats per minute (bpm) dilarang diputar di gym.

Selain lagu, kecepatan treadmill di gym juga tak boleh lebih dari 6km per jam, karena dikhawatirkan semakin tinggi kecepatannya, maka akan membuat napas jadi lebih cepat dan keringat jadi mudah terlempar ke orang lain.

Menanggapi hal ini, salah satu pemilik gym di Seoul Kang Hyun Ku sebagaimana lansiran Reuters turut mempertanyakan kebijakan pemerintah di kotanya.

"Pertanyaan terbesar saya, apakah ada bukti ilmiahnya memutar lagu klasik atau lagu BTS bisa menyebarkan Covid-19? Jadi, kita tak akan terinfeksi Covid-19 kalau berjalan lebih pelan dari 6km per jam di treadmill? Lagian, siapa di dunia ini yang mau repot-repot cek bpm musik lebih sebelum berolahraga? Saya sungguh tak mengerti, bagaimana bisa Covid-19 sampai berpengaruh ke tempo musik segala," ungkapnya.

Lebih lanjut, berikut beberapa lagu K-Pop terkenal yang terpaksa harus dilarang diputar di gym. Lagu BTS dan BLACKPINK ikutan terkena imbasnya lho.

 

1. BTS - Permission To Dance

Baru saja dirilis ternyata lagu BTS Permission To Dance termasuk lagu yang temponya di atas 120 bpm. Lagu ini memang bisa bikin siapapun yang mendengarnya jadi ikutan bergoyang.

Bisa jadi, dinas kesehatan kota Seoul khawatir orang-orang yang tengah berolahraga di gym jadi lupa diri, hingga menyebarkan keringat yang bisa memicu penyebaran Covid-19, jika workout sambil mendengarkan Permission To Dance.

Namun, tak perlu khawatir lagu BTS lainnya yang tak kalah hits, seperti Dynamite dan Butter masih boleh diputar, karena temponya ternyata di bawah 120 bpm.

2. BLACKPINK - How You Like That

Selanjutnya ada How You Like That dari BLACKPINK yang ternyata juga punya tempo di atas 120 bpm. Lagu ini hits banget di Korea tahun lalu, bahkan bukan saja jadi lagu favorit di tempat karaoke, tetapi juga gym. Sayangnya, gara-gara Covid-19, How You Like That terpaksa tak boleh diputar sementara waktu di gym Seoul.

Sedihnya lagi, masih dari lansiran Reuters, sebagian besar lagu hits BLACKPINK ternyata punya tempo di atas 120 bpm, jadi Lovesick Girls hingga Bombayah dengan berat hati juga harus masuk daftar larangan ini.

3. ENHYPEN - Drunk-Dazed

Sejak kali diputar saja, Drunk-Dazed sudah langsung mengajak para pendengarnya manggut-manggut, hingga chorus-nya bikin siapapun semangat buat bergoyang. Namun, sesuai perkiraan, lagu comeback perdana ENHYPEN ini ternyata memang di atas 120 bpm temponya, sehingga terpaksa masuk daftar dilarang diputar di gym Seoul selama pandemi Covid-19.

4. Weekly - After School

Tak kalah upbeat ada After School yang dibawakan oleh Weekly. Lagu ini juga memiliki tempo di atas 120 bpm, sehingga mau tak mau harus dilarang diputar di gym Seoul sebagaimana anjuran pemerintah setempat. Padahal, lagu ini memang enak banget buat olahraga, terutama sambil lari di treadmill.

5. ITZY - WANNABE

Viral dengan goyangan bahunya, WANNABE milik ITZY memang tak bisa bikin orang diam begitu saja saat mendengarnya. Apalagi saat lari treadmill, tentu akan semakin memacu adrenalin. Namun, seperti lagu enak lainnya dalam daftar ini, WANNABE ternyata punya tempo di atas 120 bpm, sehingga masuk daftar larangan diputar di gym Seoul.

6. DAY6 - Zombie

Zombie dari DAY6 tak luput masuk daftar ini. Lagu ini memang biasa jadi mood booster, termasuk saat workout di gym. Namun, Zombie ternyata termasuk lagu dengan tempo di atas 120 bpm, sehingga buat pecinta lagu ini terpaksa harus rela tak mendengarnya kala berolahraga di gym Seoul. Lagu DAY6 lainnya yang juga dilarang diputar selama Covid-19 ini adalah Man in a Movie.

7. NCT Dream - We Go Up

Last but not least, ada We Go Up dari NCT Dream yang ternyata juga bertempo di atas 120 bpm. Lagu ini memang bisa menumbuhkan semangat saat beraktivitas, sehingga banyak orang di Korea memilihnya dalam playlist workout di gym.

Akan tetapi, aturan baru akibat pandemi Covid-19 di Korea, turut membuat lagu ini terpaksa tak bisa dinikmati di gym Seoul. Lagu NCT Dream lainnya yang juga terpaksa dilarang adalah GOLagu sub-unit NCT lainnya yang juga punya tempo di atas 120 bpm adalah Boom dari NCT 127. Sementara Hot Sauce dari NCT Dream yang lagi hits, aman dari daftar ini.

Untungnya, larangan tersebut hanya berlaku di gym Seoul. Tak terbayang kan, betapa sedihnya jika salah satu lagu favoritmu tersebut harus dilarang diputar kala sedang treadmill di gym Indonesia?

(kly/tmi)

Reporter: Iwan Tantomi


REKOMENDASI
TRENDING