KOREA

Anniversary ke-8 Beginilah Perjalanan Karir EXO dari Debut Sampai Sekarang, Ditinggal Member - Kisah Cinta Para Member

Rabu, 08 April 2020 19:44 Penulis: Dhia Amira

EXO (credit: instagram.com/weareone.exo)

Kapanlagi.com - Sudah 8 tahun EXO berkarya di industri hiburan Korea Selatan. Banyak hal yang telah dilewati oleh para member EXO dan juga para penggemar yaitu EXO-L.

Perjalanan karir EXO dari debut hingga menuju ke-8 tahun pastinya memiliki banyak cerita. Melewati 8 tahun bukanlah hal mudah bagi para member EXO dan juga EXO-L. Mulai saat debut, ditinggal keluar oleh beberapa member EXO hingga kisah percintaan dari member EXO telah mengisi cerita perjalanan para member dan juga EXO-L.

Ingin tahu lebih dalam bagaimana perjalanan karir EXO dari debut hingga saat ini? Dilansir dari berbagai sumber, inilah perjalanan karir EXO yang harus kamu ketahui bila menjadi seorang EXO-L.

 

1. Awal Karir EXO

Pada saat debut tahun 2012, EXO memiliki 12 member yang terdiri dari Suho sang leader, lalu dilanjutkan dengan Xiumin, Chen, Chanyeol, Baekhyun, Lay, D.O, Kai, Sehun, Kris, Luhan dan Tao. Awal debut EXO dibagi menjadi dua sub-unit, pertama EXO-K untuk sub-unit member dari Korea Selatan dan EXO-M merupakan sub-unit member dari Tiongkok.

Awal debut mereka membawakan single yang berjudul MAMA dengan dua bahasa, yaitu Korea dan juga Mandarin. Kedua sub-unit tersebut melakukan promosi secara terpisah, EXO-K melakukan promosi di Korea dan EXO-M melakukan promosi di Tiongkok.

Semua usaha mereka dalam melakukan semua promosi lagu terbayar. Untuk lagu MAMA versi Korea masuk dalam Gaon Chart Music, serta menempati posisi ke 8 pada Billboard World Album Chart. Lalu untuk versi Mandarinnya, lagu MAMA masuk dalam urutan nomor dua di Sini Album Chart Tiongkok dan menempati posisi nomor satu di semua aplikasi daring di Tiongkok.

Setelah sukses dengan single pertama, EXO kembali dengan single yang kedua berjudul What Is Love dan Historyn dengan mendapatkan kesuksesan sama seperti MAMA. Karena hal tersebut EXO mendapatkan sebuah penghargaan berupa Best New Asian Grup di Mnet Asian Music Awards tahun 2012 serta Newcomers Awards di Golden Disc Awards.

2. Album Perdana EXO

Setelah sukses dengan single MAMA, pada tahun 2013 EXO mengeluarkan album perdana mereka yang berjudul XOXO serta memiliki dua single utama berjudul Wolf dan juga Growl.

Kali ini album XOXO kembali mendapatkan penghargaan berupa Song Of The Years di Melon Music Awards untuk lagu Growl, dilanjutkan dengan Disc Daesang di Golden Music Awards, Album Of The Year di Mnet Asian Music Awards untuk album XOXO, Daesang di Seoul Music Awards dan terakhir Most Popular Grup Awards di Top Chinese Music Awards 2013.

Kesuksesan EXO juga terjadi karena para EXO-L yang membuat album XOXO terjual habis dalam lebih dari satu juta copy untuk semua versi. Ini membuat EXO menjadi artis Korea Selatan pertama yang meraih pencapaian selama 12 tahun.

3. Tur Dunia Perdana

Setelah sukses dengan merilis album, pada tanggal 23 Mei 2014 EXO menggelar konser perdana mereka yang bertema EXO From Exoplanet #1-The Lost Planet. Kembali mencetak rekor, tiket konser tersebut terjual habis dalam waktu 1.47 detik saja di Seoul Korea Selatan. Karena hal tersebut membuat pihak management menambahkan waktu konser selama 3 hari untuk Seoul, Korea Selatan.

Tak hanya Seoul saja, di negara-negara lain pun ikut antusias dengan konser perdana dari EXO. Itu dapat dilihat bagaimana besarnya penjualan tiket yang terjadi.  Seperti 3 kota besar di Jepang, yaitu Fukuoka, Tokyo dan Osaka yang menjual sebanyak 355 ribu lebih. Lalu ada Bangkok yang menjual tiket sebanyak 28 ribu tiket, dilanjutkan dengan Hongkong 27 ribu tiket, Beijing 23 ribu Tiket, dan di Indonesia dengan 14 ribu tiket dan masih banyak lagi negara lainnya.

Total semua negara yang dikunjungi EXO sebanyak 17 negara dengan waktu konser selama 8 bulan, tepatnya pada bulan Mei 2014 hingga bulan Desember 2014.

4. Keluarnya Member EXO-M

Saat karir dari grup band EXO sedang melambung tinggi, saat itu juga rintangan datang. Pada tanggal 15 Mei 2014, Kris yang saat itu merupakan leader dari grup band EXO sekaligus member dari EXO-M melayangkan gugatan hukum untuk memutuskan kontrak dengan SM Entertaiment.

Lalu berselang 5 bulan setelah Kris melakukan gugatan, pada tanggal 10 Oktober 2014, Luhan juga memasukkan gugatan untuk memutus kontraknya dengan SM Entertaiment.

Pada bulan Maret 2015 salah satu anggota dari EXO-M yaitu Tao absen melakukan promosi album kedua EXO yang berjudul Exodus karena cedera yang di alaminya. Lalu pada tanggal 24 Agustus 2015, Tao menjadi member EXO ke-3 yang memberikan gugatan bagi SM Entertaiment untuk memutuskan kontraknya.

Hal ini membuat member EXO dan juga EXO-L bersedih. Akhirnya, setelah menyelesaikan kasus yang terjadi dengan Kris, Luhan dan Tao maka dinyatakan bahwa EXO hanya beranggotakan 9 orang saja.

5. Kisah Percintaan EXO

Memiliki prestasi yang luar biasa, tidak membuat para member EXO bisa lepas dari jeratan paparazi. Beberapa dari member EXO ketahuan memiliki hubungan percintaan dengan wanita dari kalangan selebriti dan non selebriti.

Di mulai pada tahun 2014 saat rumor menyebarkan kisah bahwa Baekhyun memiliki hubungan spesial dengan leader dari girlband SNSD yaitu Taeyeon. Tak selang beberapa lama hal tersebut pun terungkap. Paparazi menangkap momen Baekhyun dan juga Taeyeon sedang jalan bersama, dan membuat Taeyeon serta Baekhyun melakukan pernyataan bahwa mereka sedang menjalani hubungan spesial.

Lalu yang kedua datang dari member EXO bernama Kai. Sama seperti Baekhyun, Kai juga memiliki hubungan spesial dengan teman satu agensinya yaitu Krystal F(x). Adik dari Jessica ini tertangkap kamera sedang jalan berdua dengan Kai pada februari 2016 oleh salah satu paparazi di Korea Selatan.

Dan membuat mereka harus memberikan konfirmasi kepada publik bahwa mereka memiliki hubungan spesial, tapi hal tersebut tak berlangsung lama, karena Kai dan juga Krystal memutuskan mengakhiri hubungan mereka pada pertengahan tahun 2017.

Setelah bersama dengan Krystal F(x), Kai juga pernah tertangkap kamera sedang berjalan dengan Jennie member dari Blackpink. Hal tersebut terjadi pada awal tahun 2019, yang membuat mereka memutuskan untuk melakukan konfirmasi atas hubungan mereka kepada publik. Akan tetapi hubungan mereka tidak berjalan lama, mereka memutuskan hubungan untuk fokus pada karir masing-masing.

Terakhir adalah kisah cinta dari vokalis utama grup band EXO yaitu Chen. Ia memiliki hubungan dengan salah satu wanita yang bukan dari kalangan selebriti. Diberitakan bahwa Chen akan melangsungkan pernikahan secara tertutup dengan wanita tersebut. Hal ini tentu saja membuat para EXO-L terkejut dengan adanya pengumuman yang begitu mendadak.

Ada beberapa penggemar yang sedih tetapi banyak juga ada yang mendukung Chen dan memberikan selamat akan berita pernikahan tersebut.

Begitulah perjalanan karir dari para member EXO dari awal debut hingga sukses sampai saat ini. Dan membuat grup band EXO di kenal di seluruh penjuru dunia dengan jumlah penggemar yang tidak sedikit.

Semoga EXO tetap terus eksis dan tetap terus berkarya di industri hiburan Korea dengan segudang prestasi dan juga bakat yang dimiliki.


REKOMENDASI
TRENDING