KOREA

Apa Arti ARMY, Penggemar BTS? Ketahui Sejarah Fandom Terbesar K-Pop

Selasa, 25 Januari 2022 13:22

BTS (credit: twitter.com/bts_bighit/Bih Hit Music)

Kapanlagi.com - Dunia mengakui BTS sebagai boy group papan atas Korea Selatan. Apalagi, BTS memiliki fandom terbesar di dunia K-Pop dengan jumlah fans sangat fantastis. Namun sudah tahukan kalian apa arti ARMY sebenarnya?

Jika kalian penggemar BTS tentu perlu tahu apa arti ARMY. Pasalnya apa arti ARMY berasal dari sebuah singkatan yang memiliki makna sangat mendalam. Apa arti ARMY, fandom BTS ini juga memiliki logo yang ternyata kebalikan dari logo BTS.

Warna fandom ARMY sendiri diketahui adalah ungu. Tidak heran saat konser BTS, kalian akan melihat lautan manusia dengan lightstick berwarna ungu. Itulah fandom BTS yang dikenal dengan nama ARMY.

Untuk tahu apa arti ARMY sebenarnya, ulasan di bawah ini dapat menjawab rasa penasaranmu. Karena itulah langsung saja simak penjelasan mengenai apa arti ARMY yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Apa Arti ARMY di Kamus

Bertanya-tanya mengenai apa arti army mungkin saja pernah ada di benak kalian. Apalagi di sosial media kata army sangat sering dijumpai. Ya, pasalnya kata army menjadi nama fandom untuk boy group asal Korea Selatan yakni BTS. Bagi sebagian orang, mungkin sudah tidak asing lagi dengan mengetahui apa arti army, namun tidak ada salahnya kembali mengingat-ingat mengenai pengertian army di kamus bahasa Inggris.

Jika merujuk pada kamus bahasa Inggris terjemahan Indonesia, apa arti army adalah tentara. Apa arti army di kamus dapat juga diartikan dengan Angkatan Darat, Laskar, ataupun Bala Tentara. Namun pada intinya apa arti army adalah berkaitan dengan kemiliteran. Itulah apa arti army jika merujuk pada kamu bahasa Inggris. Sehingga memudahkan kalian untuk memahami apa arti army sebenarnya.

2. Apa Arti ARMY, Fandom BTS?

Seperti telah disinggung pada ulasan sebelumnya, kata army menjadi nama yang digunakan sebagai fandom resmi BTS. BTS adalah boy group asal Korea Selatan yang sudah sangat mendunia. Beranggotakan 7 orang member yakni Jin, RM, J-Hope, Suga, Jungkook, V, dan Jimin, kini boy group terpopuler tersebut sudah menjelma jadi bintang K-Pop terbesar. Meskipun berawal dari sebuah agensi kecil yang memulai debut pada bulan Juni tahun 2013 silam, BTS berhasil mencapai masa keemasan karir hingga diakui dunia.

Sementara itu, BTS juga memiliki nama fandom yang disebut dengan ARMY. Bagi sebagian orang mungkin saja sudah tak asing lagi mendengar apa arti ARMY. Namun, apa sebenarnya arti ARMY yang menjadi fandom BTS?

Buat kalian penggemar BTS, tentu saja perlu tahu apa arti ARMY. Berkaitan dengan apa arti ARMY, sebenarnya sangat gampang kalian pahami. Apa arti ARMY yang menjadi fandom BTS ini adalah singkatan dari Adorable Representative M.C For Youth. Sehingga apa arti ARMY merupakan kepanjangan dari kalimat tersebut.

Selain itu ada makna mendalam dari apa arti ARMY yang merupakan fandom BTS. Makna tersebut berkaitan juga dengan apa arti ARMY di kamus yang kita kenal dengan tentara. BTS sendiri merupakan kepanjangan dari Bangtan Soeonyeondan atau Beyeond The Scene. Arti BTS tersebut yakni Sekelompok Anak Laki-Laki yang Mengenakan Rompi Anti Peluru.

Karena itulah apa arti ARMY erat kaitannya dengan BTS. Sejumlah sumber menyebutkan bahwa makna dari apa arti ARMY sebenarnya diibaratkan tentara militer yang mengenakan rompi anti peluru. Karena itulah apa arti ARMY dan BTS tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Sebab keduanya akan selalu bersatu dan bersama-sama. Sehingga keduanya diibaratkan seperti seorang penggemar dan boy group yang tidak akan berpisah.

Sementara itu, ARMY juga memiliki logo yang ternyata kebalikan dari logo BTS. Logo ARMY adalah berbentuk seperti pintu berwarna hitam kebalikan dari BTS. Sehingga kalau keduanya disatukan maka akan membentuk seperti perisai. Itulah apa arti ARMY yang perlu kalian ketahui. Sehingga tidak bingung lagi memahami apa arti ARMY jika kalian adalah penggemar BTS.

3. Apa Arti ARMY dan Sejarahnya

ulasan mengenai apa arti ARMY dan sejarahnya yang ternyata memiliki kisah cukup panjang. ARMY terbentuk pada 9 Juli 2013. Terbentuknya ARMY ini hanya terpaut 1 bulan saja sejak BTS memulai debut.

Namun ternyata pada awal terbentuknya nama fandom BTS ini, boy group BTS memiliki beberapa referensi nama. Melansir dari stylecaster.com, RM pernah membeberkan cerita kalau dulunya nama fandom BTS akan dinamai dengan The Bells. Pemilihan nama ini tidak lain karena  pengucapan kata Bell dalam bahasa Korea diungkapkan oleh RM mirip dengan kata Bang yang dikenal dengan Bang Wool. Namun nama tersebut tidak jadi digunakan dan memilih ARMY sebagai nama resmi fandom.

Selanjutnya tahun 2017 BTS meresmikan logonya yang dikenal hingga kini berbentuk seperti dua pintu berwarna hitam. Ini juga berkaitan dengan logo ARMY yang merupakan kebalikan dari logo BTS. Makna dari logo ARMY sendiri diketahui kalau sebenarnya memiliki arti bahwa para penggemarnya akan selalu menunggu serta menyambut BTS.

4. Alasan ARMY Jadi Fandom Terbesar K-Pop

ARMY menjadi fandom terbesar di dunia K-Pop. Pasalnya, penggemar tak hanya berasal dari lingkup negara asalnya yakni Korea Selatan, melainkan juga seluruh dunia. Tidak heran kalau ARMY disebut jadi fandom terbesar K-Pop.

Penggemar BTS berasal dari berbagai kalangan di seluruh dunia. Melansir dari laman btsarmycensus.com, melampirkan data tentang latar belakang pendidikan para ARMY di seluruh dunia yang memiliki penggemar terbanyak yakni pada jenjang di bawah SMA sebesar 36.08 persen. Sementara itu paling sedikit latar belakang pendidikannya berada pada tingkat phd yakni hanya 0,57 persen.

Sedangkan berdasarkan hasil data tahun 2020 lalu mengenai survey sensus ARMY di seluruh dunia yang diikuti oleh lebih dari 400 ribu penggemar ini menampilkan data dengan jumlah ARMY terbanyak. Di mana Indonesia menempati paling tertinggi jumlah ARMY berdasarkan laman ARMY sensus. Berikut ini informasi datanya Indonesia (80,895), India (15,440), Egypt (5,744), Korea Selatan (14,996), Russia (15,960), Mexico (42,891), USA (33,891), Peru (20,988), Brazil (8,413), Filipina (18,461). Tidak heran kalau ARMY jadi fandom K-Pop terbesar di seluruh dunia.

Itulah pembahasan mengenai apa arti ARMY yang merupakan fandom BTS. Sehingga memudahkan kalian memahami apa makna dari fandom BTS.


REKOMENDASI
TRENDING