KOREA

Beda Dari Indonesia, Seleb Korea Dapat Hukuman Sosial Berat Jika Terlibat Skandal

Jum'at, 15 Maret 2019 07:01 Penulis: Rahmi Safitri

Jung Joon Young dan Seungri © Istimewa

Kapanlagi.com - Pecinta K-Drama dan K-Pop atau mungkin orang-orang yang sebelumnya tidak peduli dengan itu semua pastinya juga dengar tentang kasus yang tengah dialami oleh beberapa bintang K-Pop. Yap seperti yang kita ketahui Seungri dan Jung Joon Young kini sudah ditetapkan sebagai tersangka yang juga menyeret idola K-Pop lainnya seperti Lee Jong Hyun hingga Choi Jong Hoon.

Buat yang belum tahu kasus mereka bermula dari isi chat yang terungkap sejak Februari lalu. Seungri jadi tersangka dengan tuduhan penyediaan prostitusi kepada rekan bisnis. Sedangkan Jung Joon Young karena merekam video panas secara ilegal dan membagikannya di grup chat.

Mereka pun kini bukan hanya berurusan dengan pihak berwajib tapi juga mendapat hukuman sosial. Kalau di Indonesia, artis yang bikin skandal masih bisa bebas berkeliaran di televisi, hal itu bisa dibilang mustahil di Korea Selatan.

Note: skandal di sini bukan saja sekedar pelecehan seksual tapi juga narkoba dan lain-lain.

 

1. Istirahat Dari Dunia Hiburan

Setelah mereka ketahuan melakukan sebuah tindakan yang melanggar hukum, para selebritis Korea akan meminta maaf. Bisa dengan menulis surat yang ditulis tangan atau langsung di hadapan reporter. Setelah itu mereka akan melakukan introspeksi diri dengan rehat dari dunia hiburan selama beberapa tahun?

Bisakah mereka berkarir lagi? Bisa. Contohnya  Joo Ji Hoon. Ia pernah kena kasus penggunaan narkoba di 2008, setelah istirahat, sang aktor sukses kembali berkat aktingnya di film-film box office. 

Aktor Park Shi Hoo juga pernah istirahat dari dunia hiburan sejenak setelah kena skandal pelecehan seksual. Tapi kini ia kembali aktif main drama.

2. Wajib Militer

Satu hal yang sering dilakukan oleh selebritis Korea saat terlibat skandal adalah masuk wajib militer (buat yang belum menjalankan tugas negara ini). Hal ini pernah dilakukan oleh Kangin Super Junior saat ia melakukan tabrak lari dan kekerasan pada 2009.

Kangin sempat comeback bersama Super Junior setelah selesai wajib militer. Sayangnya skandal yang sama dilakukannya lagi di 2016 dan sampai sekarang ia masih belum punya aktivitas lagi di dunia hiburan.

3. Mundur Dari Dunia Hiburan

Kalau ini terjadi di skandal yang sedang heboh saat ini. Yap, setelah dinyatakan sebagai tersangka, Seungri, Jung Joon Young dan Jonghoon memutuskan untuk mundur dari dunia hiburan. YG Entertainment bahkan memutuskan kontrak Seungri. Begitu juga yang dilakukan oleh Make Us Entertainment terhadap Jung Joon Young.

Sedangkan Jonghoon memutuskan untuk mundur dari band FT Island di mana ia adalah leadernya.

4. Keluar Dari Grup

Kejadian ini juga yang dilakukan oleh Yong Junhyung. Karena namanya terseret dalam kasus Jung Joon Young. Meski bukan tersangka, Junhyung memutuskan mundur dari boyband HIGHLIGHT yang telah membesarkan namanya. Ia merasa tak tenang karena tahu adanya video yang direkam secara ilegal tersebut dan pernah melihat juga.

5. Dilarang Masuk Korea

Kalau ini dialami oleh Yoo Seung Joon, idol Korea super populer di era 90-an. Jadi di masa puncak kejayaannya, Yoo Seung Joon ditunjuk pemerintah Korea sebagai duta wajib militer. Tapi ketika gilirannya untuk masuk wamil, ia malah ke luar negeri dan pindah kewarganegaraan Amerika Serikat. Publik Korea pun marah besar dan sampai sekarang ia dilarang kembali.

Yoo Seung Joon pernah membuat video sambil berlutut dan menangis agar bisa diterima lagi di Korea. Tapi sampai sekarang belum ada kata maaf untuknya.

6. Dipecat Dari Acara Televisi

Variety show adalah salah satu acara televisi favorit di Korea. Biasanya tiap program memiliki anggota tetap. Itu pula yang sebelumnya dialami Jung Joon Young sebelum skandal. Selain penyanyi, ia dikenal sebagai sosok lucu yang membuat sebuah acara jadi meriah. Nggak heran ia pun jadi anggota tetap 2 Days 1 Night, Salty Tour, dan 4 Wheeled Restaurant. Tapi setelah kasus ini mengemuka, Jung Joon Young dikeluarkan dari semua acar tersebut.

Selain itu kalau biasanya sudah terlanjur syuting, sosok artis yang terlibat skandal akan diedit penampakannya sehingga tidak muncul di layar kaca.

7. Buruk di Mata Netizens

Setelah skandal bisa kembali ke dunia hiburan lagi? Bisa. Tapi tentu saja reputasi tak akan sama lagi seperti dulu. Di mata netizens mereka adalah sampah yang tak seharusnya muncul lagi di televisi. Itulah yang kini dihadapi oleh seleb yang pernah terlibat skandal pelecehan seksual seperti Park Shi Hoo, Yoochun JYJ dan Kim Hyun Joong.

Hal yang sama juga dialami oleh Kangin Super Junior. Banyak netizens yang sampai saat ini menyebutnya dengan 'Kangin Gusok' atau 'Kangin penjara' setelah kasusnya di tahun 2009 lalu.

 

8. Wajib Militer Dua Kali

Kalau yang ini dialami penyanyi Gangnam Style, PSY. Jadi dia sebenarnya sudah menjalankan wajib militer 2003, tapi karena alasan kesehatan ia akhirnya tidak menjadi tentara dan ditempatkan di sebuah program pengembangan software. Tapi setelah 35 bulan, ia ketahuan tak pernah datang untuk bekerja dan membuat publik marah besar, padahal dirinya dianggap sudah mendapat perlakukan spesial.

Perlakuan khususnya kemudian dicabut dan ia diharuskan wajib militer lagi. PSY sempat mengajukan banding tapi ditolak hingga akhirnya ia masuk wamil lagi di 2007 sebagai tentara aktif. Untungnya tidak membuat kesalahan yang sama lagi.


REKOMENDASI
TRENDING