KOREA

Bedah Lagu BTS - Dynamite dari Kacamata Music Director Radio: Perfectly Perfect!

Minggu, 23 Agustus 2020 10:48

(c) Youtube.com / Big Hit Labels

Kapanlagi.com - Meski 2020 berjalan cukup berat bagi para pelaku industri musik di hampir seluruh belahan dunia, tapi tampaknya K-Pop tetap tak akan pernah kehilangan antusiasme untuk diikuti. Tahun ini deretan girlgroup dan boygroup andalan merilis karya-karya fundamental yang sukses menorehkan berbagai rekor mencengangkan. Paling gres tentunya boygroup terdepan BTS yang pada hari Jumat tanggal 21 Agustus 2020 kemarin tepat pada pukul 11.00 WIB merilis single terbaru berjudul Dynamite.

 

1. Single Perdana Full English

Lagu berdurasi 3:19 menit ciptaan Jessica Agombar & David Stewart ini menjadi single pertama BTS yang keluar dari zona nyaman karena full menggunakan bahasa inggris. Sepertinya Dynamite merupakan pemantapan boygroup beranggotakan 7 orang itu untuk merilis karya menggunakan full english. Hal ini dilakukan setelah beberapa kolaborasi brilian yang menggandeng deretan superstar dunia, seperti Halsey, Lauv, Sia, hingga Nicki Minaj.

2. Rekor Fantastis

Bicara soal rekor, lebih fantastis lagi! Sudah tak terhitung berapa banyak pemberitaan yang mengabarkan pencapaian Dynamite. Misalnya, rekor premiere di Youtube yang mengalahkan BLACKPINK hingga 10 juta views dalam waktu 1 jam. Tentunya beragam pencapaian tersebut akan memberikan dampak yang signifikan pada peringkat di chart Billboard Hot 100. 

3. Heavy Rotation Radio Airplay

Diprediksi jika peringkat Dynamite di chart Billboard Hot akan melampaui single ‘On’ yang sanggup menembus #4. Bahkan beberapa menyebutkan kalau single ini bakal debut #1, mengingat kabarnya lagu ini juga dilepas sebagai single yang diputar di radio-radio di Amerika Serikat. Bicara soal kiprah Dynamite di radio, menarik untuk membedah secara lebih detail tentang komposisi lagu ini. Dipastikan dalam paling tidak 3 sampai 6 bulan ke depan, radio-radio di seluruh dunia termasuk Indonesia akan memasukkan lagu ini dalam daftar lagu yang diputar secara heavy rotation

4. Sounds International

Pertama kali mendengar Dynamite dari BTS, sound di part awal seketika mengingatkan pada lagu-lagu DJ dan produser kelas dunia seperti Jonas Blue dan Calvin Harris. Style banger disko anthemic yang digunakan mengingatkan pada beberapa hits single seperti Naked dari Jonas Blue feat. Max, kemudian beberapa tone pun akan mengingatkanmu pada One Kiss atau Promises milik Calvin Harris, serta ada juga part bassline funky yang terdengar seperti lagu Jax Jones berjudul Harder feat. Bebe Rexha

5. Flow Lagu yang Ritmis

Bicara tentang flow lagu ini malah lebih komplet dan menyenangkan lagi, di mana Dynamite benar-benar menjadi sajian yang ‘sopan’ untuk dikonsumsi telinga. Pada part awal, lagu ini langsung menggebrak dengan part awal chorus lagu yang dibawakan secara prima oleh vokal menawan dari Jungkook. Lagu-lagu dengan style yang menggunakan part chorus sebagai opening memang ampuh untuk membuat single tersebut gampang diingat saat pertama kali dengar. Setelah itu dilanjut dengan bassline yang funky pada intro dan disambut pre chorus oleh half-rapping RM dan dipermanis dengan vokal J-Hope.

(c) Youtube.com / Big Hit Labels

Pada part selanjutnya, lagi-lagi Jungkook memamerkan karakter vokalnya yang manis secara keseluruhan dengan menyanyikan bagian chorus. Ditambah suara Jimin dengan timbre tipis makin membuat keseluruhan chorus makin dinamis.

(c) Youtube.com / Big Hit Labels

Verse 2 dilanjut oleh style nyanyi V yang super cool dan ditutup speech RM yang lagi-lagi menggunakan style half-rapping. Berlanjut pada pre chorus lagi, tapi kali ini giliran suara Suga, Jimin, dan RM yang dibawakan begitu harmonis. Chorus selanjutnya, siap-siap dimanjakan lagi-lagi dengan suara Jungkook yang kali ini dibawakan bersama V.

(c) Youtube.com / Big Hit Labels

Vokal Jin yang lembut dapat kamu temukan pada bagian post-chorus yang diwarnai juga tetap dengan vokal Jungkook dan Jimin. Menginjak Bridge, Jungkook, J-Hope, Jimin, dan V akan memanjakanmu untuk mengantarkan lagu pada bagian chorus sebelum overtune. Nah, klimaks bakal sangat menghentakmu saat overtune di chorus terakhir, di mana bagian ini berperan penting dalam meninggalkan taste ‘kecanduan’ agar pendengar tak bosan-bosannya mendengar Dynamite lagi dan lagi.

6. Harmonisasi Vokal yang Cantik

Pembagian vokal di atas jelas membuktikan jika Dynamite dirumuskan begitu sempurna bagi tiap personel BTS. Hanya saja memang, porsi Jin sedikit lebih ‘minim’ dibanding personel lain. Harmonisasi vokal juga terjalin begitu harmonis di mana kamu juga masih akan mendengarkan cengkok khas K-Pop star yang terkadang dihiasi dengan suara tarikan nafas para personel.

(c) Youtube.com / Big Hit Labels

Harmonisasi vokal yang ‘cantik’ makin sempurna berkat komposisi musik yang sebenarnya cukup kompleks namun diracik brilian sehingga tetap mudah didengar alias easy listening. Saat didengarkan secara saksama, selain bassline yang funky kamu juga akan menemukan beberapa isian gitar yang berperan (sadar atau tidak) untuk membuat lagu ini terdengar manis.

7. Repetisi Tepat Sasaran

Daya tarik mengesankan lain adalah penempatan repetisi tepat sasaran yang sangat berperan untuk membuat lagu ini begitu enjoyable buat dinyanyikan. Tentunya kita takkan pernah lupa pada part Boy With Luv yang hampir selalu akan membuatmu bernyanyi pada bagian, “Oh my my my, oh my my my”. Bersiaplah karena formula serupa di Dynamite pada partDyn-na-na-na, na-na, na-na, ayy. Light it up like dynamite,” yang diulang beberapa kali. Pemilihan repetisi terbilang jenius karena diletakkan pada diksi paling menonjol, yakni judul lagu ‘Dynamite’. 

8. It’s A Colorful Song!

Dynamite ini lagu yang colorful. Komposisi instrumen serta harmonisasi vokalnya semakin dipertegas oleh Music Video yang memanjakan mata: warna-warni dan tentunya dihiasi koreografi super atraktif. Selain itu, Dynamite juga merupakan tipikal lagu industrial dengan taste internasional yang dibuat sangat radio friendly. Tipe lagu yang pasti akan memperoleh radio airplay tinggi, bertahan di chart selama berbulan-bulan, serta menggaet pendengar seara lebih masif.

(c) Youtube.com / Big Hit Labels

Yes, it’s sure that Dynamite is perfectly perfect song for everyone, especially for radio listener. Menurut prediksimu sendiri KLovers, apakah Dynamite dari BTS ini bakal debut #1 di Billboard Hot 100?

Penulis: Miki Adhitia (Music Director Radio Elfara FM)

(kpl/zki)


REKOMENDASI
TRENDING