KOREA

Berantakan! Ini Beberapa Konser K-Pop yang Pelaksanaannya Tidak Berjalan Mulus Sesuai Rencana

Jum'at, 24 September 2021 14:55

BTS Konser (Credit: Instagram/bts.bighitofficial)

Kapanlagi.com - Salah satu hal yang paling ditunggu dan memiliki antusiasme yang tinggi dari aktivitas para idol K-Pop adalah penyelenggaraan konser mereka. Hal ini karena dengan konser ini lah para penggemar dapat melihat penampilan dari para idola mereka secara langsung. Di samping itu, biasanya pelaksanaan konser juga dibarengi dengan kegiatan lain seperti fanmeeting yang menghadirkan interaksi idola dengan penggemarnya.

Namun, tak jarang juga pelaksanaan konser suatu idol K-Pop berlangsung secara tidak lancar dan berantakan. Hal tersebut terjadi karena berbagai macam alasan. Bisa terjadi disebabkan oleh kinerja penyelenggara yang kurang baik, atau bisa juga karena kericuhan yang dibuat oleh para penggemar fanatik dari para idol K-Pop.

Hal tersebut mengundang kekecewaan para pengunjung dan penggemar dari idol K-Pop itu sendiri. Tak jarang juga kericuhan yang terjadi juga sampai melakukan perilaku yang cukup ekstrem dan menimbulkan korban luka. Untuk itu, inilah beberapa konser K-Pop yang berlangsung ricuh dan berantakan, di antaranya adalah:

1. Konser Wanna One di Indonesia dan Malaysia

Konser K-Pop yang berlangsung ricuh salah satunya adalah konser Wanna One yang berlangsung di Indonesia dan Malaysia. Konser ini berlangsung pada tahun 2018 silam. Di Indonesia, konser ini berlangsung di  ICE BSD, Tangerang pada 15 Juli 2018. Sedangkan di Malaysia, konser ini berlangsung di Kuala Lumpur pada 21 Juli 2018. 

Di Indonesia, konser Wanna One ini sempat dihentikan selama lebih dari 30 menit setelah Wanna One melantunkan lagu Boomerang, karena penonton dianggap terlalu ricuh dan saling mendorong untuk berebut di posisi paling depan. Sedangkan di Malaysia, konser disertai dengan kericuhan hingga ada penonton yang terluka. 

 

2. Konser Konser K-Pop Knight

Masih di tahun yang sama, yaitu di tahun 2018, konser K-Pop Knight di London juga berlangsung berantakan. Konser K-Pop Knight ini digelar pada 27 Januari 2018 di SSE Arena, Wembley. Di dalam konser ini, dimeriahkan oleh beberapa bintang K-Pop besar seperti Monsta X, Se7en, Seven O'Clock

Jika kebanyakan konser dihadiri oleh banyak sekali penonton hingga kelebihan muatan, hal ini malah sebaliknya. Venue yang muat menampung 13 ribu penonton hanya dihadiri oleh 300 orang penonton saja. Hal ini membuat piak penyelenggara memberikan tiket gratis kepada masyarakat sekitar. Salah satu isu yang menyatakan alasan bahwa konser ini sepi adalah tiket konser yang terlalu mahal. 

 

3. Konser EXO di China Tahun 2016

Salah satu konser K-Pop yang juga pelaksanaannya kacau balau terjadi di tahun 2016 di China. Pertunjukan ini adalah konser EXO yang bertajuk EXO's K-FRIENDS. Konser ini digelar di Shanghai pada tanggal 27 Maret 2016. Pelaksanaan konser ini menuai banyak sekali kritik dan protes di akhir. 

Hal tersebut terjadi karena banyak sekali hal-hal yang dijanjikan oleh promotor acara, tidak ditepati. Salah satu member Lay yang berasal dari China bahkan tak turut hadir karena bertabrakan dengan jadwal lainnya. Banyak sekali keperluan konser diminta oleh penyelenggara kepada para penggemar. Tidak hanya itu, konser juga berakhir lebih cepat. EXO yang direncanakan menampilkan sepuluh lagu, tetapi berakhir dengan hanya lima lagu saja.

 

4. Konser BTS di Amerika

Konser yang berlangsung dengan kacau selanjutnya adalah datang dari salah satu boy group kenamaan Korea Selatan BTS. Pasalnya di dalam konser tersebut, sang bintang utama BTS malah dilempar dengan suatu benda asing oleh para penonton. 

Konser yang dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober 2018 ini dinilai membahayakan BTS. Karena walaupun sudah diperingatkan untuk berhenti, penonton seolah tetapi melempari BTS dengan barang-barang seperti boneka, uang, dan benda-benda lain. Di balik itu, konser ini tetap berlangsung dan meraup keuntungan yang luar biasa. 

 

5. Korea Music Drive-in Festival 2020

Jika tadi ada konser-konser yang digelar secara offline terjadi secara kacau, kali ini Korea Music Drive-in Festival 2020 juga memiliki permasalahan yang hampir sama. Walaupun konsep konser yang dirancang menyesuaikan dengan situasi pandemi yang ada, acara ini masih mengalami masalah. Konser ini mengharuskan para penonton untuk datang dengan mobil mereka dan menyaksikan acara di dalamnya.

Kekacauan mulai terjadi saat para penonton merasa tak puas dan keluar dari mobil untuk menyaksikan para bintang tampil di atas panggung. Beberapa di antara penonton bahkan ada yang sampai menaiki mobil mereka untuk dapat melihat para bintang dengan lebih jelas. Hal ini membuat acara menjadi sangat kacau dan melanggar protokol kesehatan di kala pandemi.

Itu tadi adalah beberapa konser yang terlaksana tidak mulus sesuai dengan rencana yang telah dibuat. Tak hanya kesalahan promotor acara dan pihak penyelenggara, kerusuhan penonton juga membuat konser menjadi kacau balau. Jadi, jangan ditiru ya KLovers! Selalu patuhi peraturan dan tertib jika ingin menghadiri suatu konser untuk melihat para idola kamu.

Ditulis oleh : Muhammad Ancah

 

 


REKOMENDASI
TRENDING