KOREA

Ditinggal Leader, 10 K-Pop Group Ini Tak Berhenti Berkarya: Ada iKON - AB6IX

Sabtu, 31 Oktober 2020 13:01 Penulis: Editor KapanLagi.com

AB6IX © https://Twitter.com/AB6IX & iKON © https://Twitter.com/YG_IKONIC

Kapanlagi.com - Seorang leader atau pemimpin dalam grup pastinya sangat dibutuhkan. Seseorang tersebut ditunjuk menjadi leader karena sifatnya atau kepribadiannya yang mempunyai jiwa kepemimpinan. Biasanya dalam beberapa grup K-Pop, leader dipilih berdasarkan pengalaman atau umur tertua di antara member lainnya. Namun bagaimana jika para leader yang sudah dipercaya untuk memimpin malah memilih untuk hengkang dari grupnya?

Seperti beberapa K-Pop grup berikut yang ditinggal oleh leadernya. Dikarenakan terlibat skandal maupun ingin keluar dari kehidupan selebriti. Siapa saja mereka? Yuk kita cek bersama!

 

1. iKON - B.I

Pada tahun 2019, boy group iKON harus kehilangan salah satu member sekaligus leader dalam grupnya. Ialah B.I, pemimpin yang juga berperan sebagai produser iKON ini terpaksa harus meninggalkan grup karena tersandung kasus pembelian obat-obatan terlarang. Meski kasusnya masih diselidiki, ia tetap memutuskan untuk hengkang dan mengakhiri kontraknya dengan YG Entertainment. Lewat akun sosial media, idol yang memiliki nama asli Kim Hanbin ini meminta maaf kepada para penggemarnya. Ia juga mengaku memang sempat berpikir untuk membeli obat terlarang tersebut, tetapi ia mengurungkan niatnya.

Sementara itu pada awal tahun 2020 pihak kepolisian telah mengkonfirmasi bahwa B.I negatif dari penggunaan narkoba dan investigasi atas kasusnya pun dihentikan. Kini boy group yang dulu dipimpin oleh B.I ini pun berpromosi dengan 6 member yaitu Jay, Bobby, Song, DK, June, dan Chan.

iKON - B.IPada tahun 2019, boy group iKON harus kehilangan salah satu member sekaligus leader dalam grupnya. Ialah B.I, pemimpin yang juga berperan sebagai produser iKON ini terpaksa harus meninggalkan grup karena tersandung kasus pembelian obat-obatan terlarang. Meski kasusnya masih diselidiki, ia tetap memutuskan untuk hengkang dan mengakhiri kontraknya dengan YG Entertainment. Lewat akun sosial media, idol yang memiliki nama asli Kim Hanbin ini meminta maaf kepada para penggemarnya. Ia juga mengaku memang sempat berpikir untuk membeli obat terlarang tersebut, tetapi ia mengurungkan niatnya. Sementara itu pada awal tahun 2020 pihak kepolisian telah mengkonfirmasi bahwa B.I negatif dari penggunaan narkoba dan investigasi atas kasusnya pun dihentikan. Kini boy group yang dulu dipimpin oleh B.I ini pun berpromosi dengan 5 member yaitu Jay, Bobby, Song, DK, June, dan Chan.

 

2. APRIL - Somin

APRIL merupakan girl group asuhan DSP Media yang memulai debutnya pada tahun 2015 dengan 6 member. Awalnya APRIL dipimpin oleh seorang leader bernama Somin. Namun pada bulan November di tahun yang sama, Somin memutuskan untuk mengundurkan diri dari grup. APRIL pun sempat berpromosi sebagai grup dengan 5 member sebelum akhirnya Hyunjoo juga hengkang dari grup untuk fokus berakting. Lalu pada akhir tahun 2016, sang agensi pun mengumumkan bahwa APRIL akan ada penambahan 2 member baru yakni Chaekyung dan Rachel.

Kini grup yang beranggotakan Chaekyung, Chaewon, Naeun, Yena, Rachel, dan Jinsol ini pun mempercayai posisi leader kepada Chaekyung. Sementara leader terdahulunya yakni Somin, kini merupakan anggota dari grup KARD.

 

3. Wonder Girls - Sunye

Girl group asuhan JYP Entertainment yang debut pada tahun 2007 ini semakin naik namanya ketika mempromosikan lagu No Body pada tahun 2008. Namun mereka harus kehilangan leader dalam grupnya yaitu Sunye pada tahun 2015. Ia memutuskan untuk hengkang dari grup karena ia ingin fokus mengurus keluarganya.

Setelah ditinggal sang leader, Wonder Girls pun berpromosi dengan 4 member saja yakni Hyelim, Sunmi, Yubin, dan Yenny. Grup yang berkarir selama 10 tahun ini akhirnya memutuskan untuk bubar pada tahun 2017 dengan merilis single terakhir bertajuk Thank You For Being So Wonderful.

 

4. 2PM - Jay Park

2PM yang debut pada tahun 2008 ini sebelumnya dipimpin oleh Park Jaebum atau yang kini dikenal dengan nama Jay Park. Namun pada tahun 2009 leader 2PM tersebut hengkang dari grup karena terkena skandal yang diakibatkan oleh postingan lamanya di sosial media.

Setelah sang leader keluar dari grup, 2PM berpromosi sebagai grup dengan 6 member tanpa seorang pemimpin. Sementara Jay Park kini sukses dengan membuat label musiknya sendiri yang bernama AOMG.

 

5. F.T. Island - Choi Junghoon

Choi Junghoon merupakan leader dari grup band pop-rock asal FNC Entertainment yaitu F.T. Island. Namun pada Maret 2019 lalu ia memutuskan untuk keluar dari grup dan pensiun dari industri musik Korea. Hal ini disebabkan oleh keterlibatannya dalam grup chat Jung Joon Young dalam kasus Burning Sun. Lelaki kelahiran tahun 1990 ini juga terdakwa atas kasus kekerasan seksual dan menerima hukuman penjara selama 5 tahun.

 

6. Block B - ZICO

ZICO, solois yang sangat terkenal dengan singlenya yang bertajuk Anysong ini sebelumnya merupakan leader dari boy group Block B. Debut pada tahun 2011, ia berkarir sebagai member Block B selama 7 tahun. ZICO kemudian memutuskan untuk hengkang dari grup pada tahun 2018 karena tidak memperpanjang kontraknya dengan agensi Seven Season. Ia pun memutuskan untuk fokus dalam karir solonya di bawah naungan agensinya sendiri yaitu KOZ Entertainment.

 

7. B.A.P - Bang Yongguk

B.A.P merupakan boy group yang debut pada tahun 2012 di bawah naungan TS Entertainment. Beranggotakan 6 member, grup ini dipimpin oleh seorang leader bernama Bang Yongguk. Namun pada tahun 2018, sang leader meninggalkan grup karena masa kontraknya dengan agensi telah berakhir.

Sempat berpromosi sebagai 5 member yakni Himchan, Zelo, Daehyun, Youngjae, dan Jongup, B.A.P akhirnya bubar pada Februari 2019. TS Entertainment selaku agensi yang menaunginya mengumumkan bahwa kontrak para membernya telah berakhir, dan B.A.P resmi dibubarkan.

 

8. SONAMOO - Sumin

Sama seperti B.A.P, SONAMOO juga merupakan grup yang berada di bawah naungan TS Entertainment. Debut sebagai 7 member pada tahun 2017, girl group ini dipimpin oleh Ji Sumin. Namun pada tahun 2019, Sang leader bersama satu member lainnya yakni Nahyun memutus kontraknya dengan sang agensi dan keluar dari grup. Kini 5 member yang tersisa yaitu Minjae, D.ana, Euijin, High.D, dan Newsun. Posisi leader pun digantikan oleh Euijin.

 

9. AB6IX - Youngmin

Pada tanggal 8 Juni 2020, leader AB6IX yakni Lim Youngmin memutuskan untuk hengkang dari grup. Hal ini dikarenakan dirinya yang tertangkap mengemudi dalam keadaan mabuk. Ia pun lalu berdiskusi panjang dengan sang agensi BRANDNEW MUSIC dan memutuskan untuk keluar agar tidak memberi citra buruk pada grupnya.

AB6IX yang berencana melakukan comeback dengan 5 member pada awal Juni 2020 pun terpaksa memundurkan jadwalnya hingga tanggal 29 Juni 2020. Pihak manajemen melakukan banyak perubahan pada AB6IX dari koreografi hingga digital audionya. Mereka bahkan memproduksi ulang lagu yang sebelumnya dinyanyikan oleh 5 orang, menjadi hanya dinyanyikan oleh 4 orang member tersisa.

 

10. AOA - Jimin

Pada awal Juli 2020, leader AOA Shin Jimin terlibat skandal pembullyan terhadap mantan membernya yakni Kwon Mina. Berawal dari postingan Mina yang menceritakan kronologi pembullyan tersebut, kasus ini menjadi marak diperbincangkan oleh para netizen.

Meskipun sempat meminta maaf dengan mendatangi Mina, Jimin akhirnya memutuskan untuk hengkang dari grup dan menghentikan kegiatannya di dunia hiburan untuk sementara waktu.

Ditulis oleh: Fitri Mardiana

 


REKOMENDASI
TRENDING