KOREA

Jang Hansol Bantu Sebarkan Berita Pelanggaran HAM Pada ABK Indonesia, Dennis Adishwara: Influencer yang Bisa Gunakan Influence-nya

Jum'at, 08 Mei 2020 11:45

Jang Hansol dan Dennis Adishwara (credit: Istimewa)

Kapanlagi.com - Nama Jang Hansol ramai dibicarakan di media sosial. Bagi pecinta Youtube dan hal-hal berbau Korea, Youtuber asal Korsel yang jago berbahasa Indonesia bahkan Jawan dan punya logat medok ini pastinya sudah tak asing lagi.

Selama ini Jang Hansol suka sekali memberikan informasi akurat seperti hal-hal yang sedang viral di Korea Selatan. Caranya berbagi cerita juga mudah dipahami dan nggak asal diomongkan begitu saja, tapi lewat berbagai riset terlebih dahulu sehingga subscribers-nya tidak mendapatkan berita hoax.

1. Soal ABK

Kamis (7/5/2020), Jang Hansol mendadak ramai dibicarakan bahkan namanya dan nama channel Youtube-nya, Korea Reomit, sempat trending di Twitter. Ini setelah ia menerjemahkan sebuah berita yang sedang trending di Korea Selatan agar publik Indonesia aware.

Dalam berita yang dijelaskan Jang Hansol tersebut, ada jenazah anak buah kapal dari Indonesia yang dibuang begitu saja ke laut. Perlakuan tidak manusiawi itu terjadi di sebuah kapal berbendara China dan disiarkan oleh channel MBC. ABK asal Indonesia yang bekerja di kapal tersebut juga disebut membanting tulang 18 jam dalam sehari dengan gaji sedikit.

2. Dipuji Netizens

Lewat berita yang diterjemahkan oleh Jang Hansol ini publik Indonesia pun akhirnya tahu dan pihak pemerintah diharapkan segera bertindak dengan tegas untuk mencegah kejadian serupa terjadi kembali.

Apa yang dilakukan oleh Jang Hansol ini pun membuat banyak orang Indonesia berterima kasih dan memberinya pujian. Salah satunya aktor dan sineas Dennis Adishwara dalam cuitannya di Twitter. Ia memuji Hansol yang bisa menggunakan pengaruhnya dengan cara benar.

3. Pujian Dennis Adishwara

"Jang Hansol ini adalah influencer yang mengerti betul bahwa dia bisa menggunakan influence-nya untuk membuka mata kita akan adanya pelanggaran HAM di luar negeri. Yang ia lakukan simpel: menerjemahkan berita dan menyiarkannya. Be like Jang Hansol," tulis Dennis lengkap dengan emoticon jempol.

Tweet Dennis ini mendapat persetujuan dari ribuan netizens yang juga merasa senang dengan konten-konten buatan Jang Hansol selama ini. Sampai berita ini diturunkan, cuitan Dennis mendapat 13.600 RT dan di-likes lebih dari 42 ribu kali.


REKOMENDASI
TRENDING