KOREA

Lagi Viral! Fakta Unik Series Korea ‘SQUID GAME’ yang Tayang di Netflix, Sebagus Apa?

Jum'at, 01 Oktober 2021 15:00 Penulis: Editor KapanLagi.com

Squid Game (Credit: IMDb)

Kapanlagi.com - Resmi tayang pada 17 September 2021 lalu, SQUID GAME menjadi trending topic of the month di Twitter dan media sosial lainnya. Perbincangan SQUID GAME terus menyita perhatian publik. Hingga muncul beberapa threads Twitter yang membahas keseruan dan aksi series thriller survival korea tersebut.

Series tersebut mengisahkan tentang kisah 456 orang yang memiliki permasalahan berbeda-beda dan masing-masing terjerat masalah keuangan di kehidupannya. Mereka kemudian berpartisipasi dalam sebuah permainan yang dibuat oleh perkumpulan rahasia. Permainan yang mempertaruhkan nyawa itu diiming-imingi hadiah uang dengan nominal 45,6 miliar won atau setara dengan Rp 500 miliar.

Biasanya drama korea selalu identik dengan genre romance, kali ini drama korea yang viral ini mengangkat genre yang tak biasa. SQUID GAME bergenre survival dengan bumbu-bumbu thriller di dalamnya. Permainan yang dimainkan juga merupakan blood game yang menampilkan pembunuhan dalam eliminasi permainannya. Seseru apa sih? Berikut ulasan lengkap beserta fakta-fakta seputar series SQUID GAME.

1. Ditulis 2008 dan Difilmkan Setelah 10 Tahun

Hwang Dong Hyuk sebagai penulis, menulis naskah serial ini pada tahun 2008. Ia banyak mempertimbangkan tulisan naskahnya tersebut sebab mengandung banyak adegan kekerasan dan kontroversial. Hal tersebut membuatnya sulit mendapatkan investor untuk memfilmkan naskahnya.

Ditambah, pemilihan pemain dengan adegan yang menguras tenaga bukanlah hal yang mudah. Hwang mengaku membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menimang naskahnya untuk difilmkan. Sebuah kebanggaan, akhirnya Netflix memberinya kesempatan untuk mewujudkan impiannya memfilmkan naskahnya tersebut setelah sepuluh tahun lamanya. Akhirnya, series SQUID GAME kini diminati para penikmat Netflix hingga menjadi trending topic di media sosial.

 

 

 

2. Judul dan Asal Game yang Dimainkan Dalam Serial

Hwang Dong Hyuk yang sekaligus sutradara membeberkan alasannya memberi judul seriesnya dengan SQUID GAME. Ia teringat dengan permainan masa kecilnya yang ia lakukan di halaman sekolah dan rumahnya. Alhasil, ia menamai serialnya dengan SQUID GAME untuk mengisahkan orang-orang yang telah tumbuh dewasa dan memainkan permainan itu kembali.

Ia menambahkan bahwa SQUID GAME merupakan permainan yang menguras tenaga. Meski begitu, permainan tersebut adalah permainan favorit masa kecilnya. Menurutnya, SQUID GAME adalah permainan representasi dari kondisi masyarakat saat ini.

 

 

 

3. Bukan Genre Survival Biasa

Berbeda dengan film atau serial survival lainnya, SQUID GAME memiliki keunikan dengan menampilkan permainan atau game sebagai cara para karakter berjuang bertahan hidup dan menjadi pemenang. Dengan cerita yang tak bisa ditebak, series ini menampilkan berbagai macam permainan yang harus dipecahkan oleh para karakter.

Hal ini membuat penonton ikut menebak-nebak permainan apa yang akan dimainkan selanjutnya dan siapa saja yang akan tereliminasi. Bukan sekedar tereleminasi, para peserta pun akan dibunuh dan uang hadiahnya akan menjadi pemilik pemenang. Episode demi episode menampilkan permainan yang berbeda dan bagaimana strategi para pemain.

 

 

 

4. 456 Karakter

Bukan main-main, SQUID GAME merupakan serial yang menampilan pemain terbanyak dengan berbagai karakter. 456 orang tersebut diceritakan memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Namun, kebanyakan mereka memiliki masalah keuangan yang mendorong mereka untuk mengikuti permainan ini agar menjadi pemenang dan mendapat uang 45,6 miliar won.

Pemain utamanya, Gi Hun yang diperankan oleh Lee Jung Jae, berkarakter sebagai seorang duda yang terlilit hutang dan harus mencari uang untuk pengobatan ibunya yang sedang sakit. Lalu ada teman masa kecilnya, Sang Woo yang diperankan oleh Park Hae Soo, yang menjadi buronan setelah usaha investasinya mengalami kebangkrutan dan membuatnya harus terlilit hutang.

Ada juga karakter wanita yang paling menonjol bernama Sae Byeok yang diperankan oleh Jung Ho Yeon, pembelot Korea Utara yang sedang berjuang menemukan orang tuanya dan membutuhkan uang untuk membayar seseorang. Tak kalah menjadi sorotan perhatian adalah seorang aktor berdarah Pakistan Tripathi Anupam yang memerankan sosok Ali yang menjadi imigran Pakistan. 

 

 

 

5. Sebagus Apa ‘SQUID GAME’ Harus Ditonton?

Well, buat kamu pecinta genre survival dengan thriller, sepertinya ini series yang cocok untukmu. Terlebih, series ini menawarkan sensasi menegangkan saat menonton episode per episode. Untuk penonton yang biasanya suka menebak-nebak apa yang akan terjadi dengan kelanjutan cerita sebuah film atau series, maka kamu harus cobain sensasi nonton film yang mindblowing satu ini.

Dengan karakter sebanyak 456 orang, kamu akan mengikuti proses satu per satu karakter yang gugur dalam permainan hingga konflik antar kelompok untuk saling menyingkirkan satu sama lain demi menjadi pemenang dan mendapatkan hadiah. Tak hanya itu, makin lama kamu akan mengetahui rahasia gelap permainan tersebut dan cerita di balik orang-orang yang terlibat.

Artikel ini ditulis oleh: Aditia Lestari

 

 

REKOMENDASI
TRENDING