KOREA

Mengenal Lebih dalam Grup K-Pop aespa, Dijuluki Rookie Monster - Ungkap Arti Nama yang Sesungguhnya

Jum'at, 17 September 2021 18:44 Penulis: Dhia Amira

aespa (@aespa_official)

Kapanlagi.com - Tahun 2020 menjadi sebuah tahun yang dimiliki oleh grup idol K-Pop wanita aespa. Ya, aespa begitu menarik perhatian para pecinta K-Pop karena tampilan mereka yang luar biasa. Walaupun baru awal debut, namun popularitas mereka begitu luar biasa loh. Bahkan ada banyak sekali fakta dan perjalanan karir dari grup hingga member aespa yang tak boleh kalian lewatkan.

aespa debut pada 17 November 2020 lalu, dan begitu mengguncang dunia K-Pop. Tampilan unik dan menarik dibanding dengan grup lainnya, membuat aespa langsung mendapatkan perhatian. Bukan hanya di Korea Selatan saja, namun juga mancanegara. Bahkan debut mereka menjadi salah satu debut yang diterima dengan positif loh. Selain itu banyak penggemar K-Pop yang memuji bagaimana SM Entertainment begitu siap dengan debut aespa.

Ya, aespa merupakan grup K-Pop wanita ke-5 yang dimiliki oleh SM Entertainment setelah The Grace, Girls Generation, F(x), Red Velvet. Untuk mengenal lebih dekat dengan aespa, yuk langsung saja kita lihat bagaimana perjalanan karir dan fakta lainnya tentang grup dan member aespa. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Perjalanan Karir aespa

aespa debut pada 17 November 2020, mereka grup yang berisikan 4 anggota. Para anggota tersebut terdiri dari Karina aespa, Giselle aespa, Winter aespa, dan Ningning aespa. Semua member aespa menjadi seorang trainee selama 4 tahun, kecuali Giselle yang hanya menjalani trainee selama 11 bulan saja sebelum akhirnya ia debut secara resmi menjadi member aespa.

Sebelum debut mereka yang resmi pada 17 November, ada sebuah video intro yang dirilis di media sosial aespa. Dalam video tersebut mengumumkan nama dan logonya di tanggal 26 Oktober 2020. Lalu keesokan harinya, SM Entertainment mengumumkan bahwa mereka akan mendebutkan sebuah grup vokal perempuan baru pada bulan November tahun 2020.

Kemudian di hari berikutnya anggota pertama grup yang dikenalkan yaitu ada Winter aespa. Lalu hari berikutnya dilanjutkan dengan Karina aespa, kemudian yang ketiga yaitu ada Ningning aespa, dan yang terakhir pada tanggal 30 Oktober 2020 ada Giselle aespa. Kemudian mereka debut dengan lagu Black Mamba, memiliki tarian kuat serta lebih energik.

 

2. Arti Nama aespa

Ternyata nama aespa sendiri memiliki sebuah arti loh KLovers, dan alasan mengapa dipilih dengan nama aespa. Nama aespa sendiri berasal dari penggabungan "æ" yang merupakan sebuah simbol atau arti dari "Avatar x Experience" dan "aspek".

Makna di balik nama tersebut adalah berbagai kegiatan inovatif yang akan hadir dengan tema "Mendapatkan pengalaman dunia baru melalui pertemuan 'avatar' dan 'diri yang lain'." Itulah mengapa aespa menjadi salah satu grup berbasis teknologi dan masa depan.

Dikutip dari Yonhap salah satu media Korea, bagaimana Karina menjelaskan bahwa, grup aespa berpusat pada konsep avatar, dimana mereka menciptakan sebuah kisah dalam MV, dan menjalankannya sebagai sebuah avatar di dalam MV tersebut.

"Bertemu dengan avatar, dan menjalani konsep yang belum pernah ada sebelumnya. Ini sangat bagus, kami datang dengan membawa warna dan gaya yang unik (melalui konsep)," ungkap Winter.

 

3. Dijuluki Rookie Monster

Walaupun menjadi seorang rookie di dunia idol, ternyata tidak membuat aespa tersingkirkan loh. Ya, mereka diterima dengan sangat baik oleh para penggemar K-Pop diberbagai negara. Bahkan aespa dijuliki sebagai "Rookie Monster". Ungkapan ini ditunjukkan bagaimana luar biasa mereka walaupun sebagai pendatang baru.

Hal ini bukan tanpa alasan ya KLovers. Dilansir melalui Koreaboo, diketahui bahwa single debut mereka yaitu Black Mamba sudah ditonton lebih dari 100 juta kali dalam waktu 51 hari. Kemudian disusul dengan single Next Level yang sudah ditonton lebih dari 100 juta kali dalam kurun waktu 32 hari.

Bahkan sebelumnya, lagu Next Level milik aespa ini ternyata sempat dilarang diputar loh di saat CSAT (College Scholastic Ability Test) yaitu ujian masuk perguruan tinggi di Korea Selatan. Tentu alasannya cukup mengagetkan loh, ternyata lagu aespa dinilai membuat kecanduan dan dapat mengalihkan konsentrasi. Wah, keren banget ya KLovers.

 

4. Karina aespa

Setelah mengetahui tentang grup aespa, kita juga perlu mengetahui tentang para member aespa. Yup! Untuk member yang pertama yaitu ada Karina aespa. Karina memiliki nama asli Yu Ji Min, ia merupakan seorang leader, main dancer, lead rapper, sub vocalis, dan Face Of The Group di aespa.

Ia menghabiskan masa trainee selama 4 tahun dan ditunjuk sebagai main dancer karena kemampuan menarinya yang sangat baik. Ternyata Karina dikenal sebagai ulzzang semasa sekolah loh, hal ini tentu kita tahu alasannya. Yup! Itu karena wajahnya yang cantik.

Ia juga diketahui cukup populer di media sosial, terutama Instagram. Tak heran ya jika Karina aespa menjadi salah satu artis SM Entertainment yang dicasting melalui Instagram. Gimana? Siapa nih yang udah jatuh cinta pada pandangan pertama sama mba Karina?

 

5. Winter aespa

Selanjutnya yaitu ada Winter aespa, ia memiliki nama asli Kim Min Jeong. Waktu pertama kali diperkenalkan oleh publik, Winter begitu dikagumi loh KLovers. Bahkan banyak yang menyandingkan ia dengan seniornya di SM Entertainment, Taeyeon Girls Generation.

Ya, banyak yang bila kalau wajah Winter sangat mirip dengan Taeyeon. Sama seperti Karina, ia juga menjadi trainee selama 4 tahun loh. Tak hanya pintar dalam menyanyi saja, diketahui bahwa Winter sangat pandai. Saat semasa sekolah, Winter pernah menjadi wakil ketua kelas dan memiliki nilai bagus dalam pelajaran matematika.

Bahkan juga pernah akselerasi atau menjalani sekolah dengan lulus lebih cepat untuk ke kelas yang lebih advanced loh. Wah, luar biasa banget kan Winter. Walaupun ia pintar dan suka menyanyi, nyatanya Winter tidak pernah berpikir akan menjadi seorang idol. Ia awalnya mendapat tawaran casting dari SM Entertainment, dan akhirnya bisa lolos hingga populer saat ini.

 

6. Giselle aespa

Giselle aespa menjadi salah satu member aespa yang mengalami masa trainee tersingkat. Ia hanya menjalani masa trainee selama 11 bulan sebelum akhirnya debut menjadi member aespa. Giselle juga merupakan keturunan Korea Jepang loh.

Ia pernah tinggal di Jepang untuk beberapa waktu dengan nama asli Uchinaga Aeri. Namun Giselle lahir di Korea dan lebih banyak menghabiskan waktu di Korea. Giselle aespa sendiri pintar dalam 3 bahasa, ia pintar dalam bahasa Korea, Jepang, dan juga Inggris.

Jauh sebelum debut, ternyata Giselle pernah tergabung dalam anggota paduan suara St. Mary’s Choir selama 4 tahun loh. Tak heran ya jika Giselle juga bisa menyanyi sekaligus rap dengan sangat baik.

 

7. Ningning aespa

Dan member terakhir sekaligus maknae di aespa ada Ningning aespa. Ningning memiliki nama asli Ning Yizhuo, ia merupakan seorang asli Tiongkok. Ningning memiliki warna suara yang unik, sehingga ia menjadi vokalis utama dalam grup aespa.

Ningning juga menghabiskan masa trainee selama 4 tahun, sebelum akhirnya ia debut secara resmi di grup aespa. Ningning juga merupakan anggota dari Let's Sing Kids di Tiongkok. Ia pernah mengikuti acara kontes MUSIC HONORS STUDENT yang juga tayang di negeri bambu tersebut.

Tak hanya itu, Ningnig pun pernah tampil dalam acara MBC SHINNING STAR yang tayang pada 16 Oktober 2017. Nining aespa diperkenalkan sebagai anggota SM Rookies pada 19 September 2016.

Itulah beberapa fakta tentang grup dan para member aespa yang saat ini begitu menarik perhatian. Tak hanya cantik dengan visual yang sempurna saja, para member aespa juga sangat berbakat dalam seni hingga lainnya.

 


REKOMENDASI
TRENDING