HOME » KOREA
KOREA

Mantan Idol K-Pop Ungkap 2 Cara yang Dipakai Sasaeng Fans Untuk Dapatkan Nomor Telepon Mereka

Kamis, 30 Juli 2020 12:21 Penulis: Renisya Satya Putri

Soobin 'Tina' eks Blady © Star Planet Entertainment

Kapanlagi.com - Masalah sasaeng ("fans" penguntit) sudah menjadi momok para idol sejak lama. Bahkan, eks personel girl group Blady, Soobin (dikenal dengan nama panggung Tina), yang sudah meninggalkan industri K-Pop sejak 2017 masih menjadi korban sasaeng sampai hari ini.

Mantan idol kelahiran California ini mengungkapkan bahwa pada bulan Januari tahun ini saja, sudah dua kali media sosial dan akun emailnya diretas oleh sasaeng. Sebagai mantan idol, tentu saja ini bukan pertama kalinya dia diretas.

Sayangnya, banyak idola mengalami nasib yang sama. Seringkali para idol dibanjiri panggilan telepon dan chat dari sasaeng saat sedang melakukan siaran langsung. Semua insiden ini mendorong Soobin untuk menjawab rasa penasaran fans melalui kanal YouTube pribadinya, bagaimana para sasaeng obsesif ini bisa mendapatkan informasi pribadi para idol K-Pop?

"Kenapa kalian tertarik banget sama kehidupan pribadiku?" ungkap Soobin dilansir dari Koreaboo.

1. Membayar Pekerja di Perusahaan Telepon

Sebenarnya Soobin nggak mau merilis detail spesifik yang bisa diikuti oleh sasaeng lain, tetapi ia menyebutkan ada dua metode yang biasa digunakan oleh para sasaeng obsesif. Metode yang pertama melibatkan perusahaan telepon.

Di Korea Selatan, gaji staf layanan pelanggan di perusahaan telepon relatif rendah. Akibatnya, mereka sering merekrut anak muda yang mencari pekerjaan sederhana.

Soobin kemudian menjelaskan bahwa keamanan dan privasi relatif buruk di perusahaan-perusahaan ini. Dengan informasi yang mudah didapat seperti nama dan tanggal lahir saja, pekerja layanan pelanggan dapat mencari nomor telepon siapa pun dengan cepat. Jadi, para sasaeng menghubungi anak muda yang bekerja di perusahaan-perusahaan ini dan membayar mereka untuk menemukan nomor telepon idol K-Pop yang diinginkan.

2. Sering Ganti Nomor Telepon

Soobin juga mengatakan kepada pemirsa bahwa banyak idol K-Pop yang mengganti nomor telepon mereka secara rutin untuk menghindari panggilan telepon dan chat dari sasaeng. Namun, karena nomor telepon di Korea Selatan perlu terdaftar dengan nama resmi, mudah banget bagi sasaeng obsesif untuk menemukannya lagi dan lagi.

Menurut Soobin, ada cara yang bisa dilakukan idol untuk menghindari hal ini, yakni dengan meminta keluarga atau kenalan untuk mendaftarkan nomor telepon mereka.

3. Tebak-Tebak Berhadiah

Selanjutnya Soobin membahas masalah KakaoTalk, aplikasi perpesanan paling populer di Korea Selatan. Banyak orang Korea yang menghubungkan nomor telepon dengan aplikasi KakaoTalk, sehingga para sasaeng dapat menemukan ID messenger idol K-Pop setelah mendapatkan nomor telepon mereka.

Namun, ada juga idol yang KakaoTalk-nya tetap ketahuan dan diretas meski mereka tidak menghubungkan aplikasi ini ke nomor telepon. Hal ini terjadi karena banyak idol baru yang belum berpengalaman dengan stalker memilih ID KakaoTalk yang mudah ditebak.

4. Dipakai untuk Memeras Idol K-Pop

Soobin mengatakan bahwa tingkat keamanan aplikasi ini relatif rendah, sehingga penggemar bisa terus menebak ID (seperti gabungan nama dan ulang tahun idol) sampai mereka menemukan akun yang dicari. Hal ini nggak hanya dilakukan oleh penggemar yang ingin lebih dekat dengan idolanya, terkadang ada oknum yang menggunakan informasi tersebut untuk memeras idol K-Pop.

Singkatnya, Soobin meminta para sasaeng untuk "tahu batas" karena nggak ada gunanya terobsesi dengan kehidupan pribadi orang lain. Kelakuan sasaeng yang bikin risih ini jangan ditiru ya KLovers!


REKOMENDASI
TRENDING