KOREA

Perjalanan Karir dan Sederet Kesuksesan WayV dari Awal Debut - Sekarang, Bikin Haru dan Bangga

Rabu, 01 September 2021 13:33 Penulis: Dhia Amira

WayV (credit: WayV_official Twitter)

Kapanlagi.com - WayV merupakan sub grup terakhir yang dimiliki NCT untuk saat ini, setelah NCT 127 dan NCT Dream. Berbeda dari grup lainnya, untuk sub grup WayV yang satu ini berbasis di Cina, sehingga WayV memfokuskan diri untuk merilis lagu berbahasa Mandarin. Perjalanan karir WayV tentu sangat menarik untuk diungkapkan, walaupun mereka menjadi salah satu sub grup NCT yang masih terbilang baru.

Bahkan penggemar dari WayV bukan hanya dari wilayah Cina saja loh, namun dari berbagai negara Asia lainnya. Seperti Korea, Thailand, bahkan hingga ke Indonesia. Tidak heran bila sub grup yang satu ini cepat naik daun dan populer. Bahkan mereka bisa mendapatkan perhatian yang luar biasa dari para penggemar.

Nah, kira-kira bagaimana ya perjalanan karir dari WayV yang merupakan sub unit NCT? Dilansir dari berbagai sumber, inilah perjalanan karir WayV dari awal debut hingga saat ini yang bikin haru dan membanggakan. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Awal Debut dan Formasi Member

Sebelumnya, seluruh anggota WayV awalnya merupakan bagian dari SM Rookies yang ada di Seoul, Korea Selatan. Kemudian pada tahun 2016, Ten NCT mulai debut sebagai member NCT U. Lalu pada tahun yang sama Winwin NCT debut di dalam sub unit NCT 127.

Kemudian di akhir tahun 2016, SM Entertainment mengumumkan bahwa, NCT resmi membuat sub unit bernama WayV dengan anggota berjumlah 7 orang. Seluruh member WayV sendiri ada Lucas NCT, Winwin NCT, Kun NCT, Ten NCT, Hendery NCT, XiaoJun NCT, dan YangYang NCT. Sub grup ini memulai debutnya di bawah label eksklusif China SM Entertainment, yaitu Label V.

WayV akhirnya memulai debut pada 17 Januari 2019 dengan merilis single milik NCT 127, Regular, yang liriknya diubah ke dalam bahasa Mandarin. Pada awal debut, WayV belum memiliki album resmi. Namun walaupun begitu, antusias penggemar sangat luar biasa, hingga membuat WayV langsung naik dan mendapatkan banyak perhatian.

 

2. Merilis Mini Album

Setelah sukses dan menarik banyak perhatian, pada akhirnya WayV merilis album mini Take Off dengan singel utama sama seperti nama judul dari mini album tersebut yaitu, Take Off.

Walaupun terbilang menjadi salah satu pendatang baru tetapi mini album tersebut debut pada peringkat ke-7 dalam Billboard World Albums Chart dan meraih peringkat pertama dalam iTunes Top Album Chart di 30 wilayah berbeda loh. Setelah itu, pada 29 Oktober 2019, WayV merilis album mini kedua bertajuk Take Over the Moon dengan singel utama berjudul Moonwalk.

Dalam mini album ini, Hendery WayV dan Yangyang WayV diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam penulisan lirik untuk lagu King of Hearts dan We Go Nanana. Lajut pada 5 November 2019, mereka merilis versi bahasa Inggris dari Love Talk yang debut dan memuncak pada peringkat ke-3 dalam Billboard World Digital Song Sales.

 

3. Konser Daring Pertama

Begitu luar biasanya antusias para penggemar pada WayV, akhirnya pada tahun 2020 WayV menggelar konser daring yang diselenggarakan bersama oleh SM Entertainment dan Naver. Konser ini sebagai bagian dari seri konser daring pertama dunia Beyond LIVE.

Tentu saja menjadi grup baru dalam dunia K-Pop dan langsung menggelar konser daring menjadi sebuah perjalanan karir yang luar biasa bagi WayV. Bahkan gelaran konser ini sangat diterima dengan baik loh oleh para penggemar. Konser ini diadakan pada tanggal 3 Mei 2020. Mereka banyak membawakan lagu dengan sangat luar biasa.

 

4. Album Studio Pertama

Setelah menggelar konser dengan luar biasa, WayV kembali membuat penggemar merasa bahagia. Bagaimana tidak, mereka akhirnya memiliki album studio sendiri yang rilis tepatnya pada 9 Juni 2020. Album pertama milik WayV ini bertajuk Awaken the World. Album tersebut juga memuncak pada peringkat ke-9 dalam Billboard World Albums Chart.

Bahkan Awaken the World merupakan rilisan pertama WayV yang berhasil masuk dalam tangga lagu Jepang, dan muncul dalam Billboard Japan Hot Albums dan Oricon Weekly Albums Chart. Begitu luar biasanya WayV dalam menarik perhatian penggemar. Bahkan album studio pertama mereka pun sukses dengan luar biasa.

 

5. Album 2021 Hingga Project Duo

Sukses dengan album studio perdana mereka, pada tahun 2021 ini WayV kembali membuat mini album ketiga mereka dengan judul Kick Back, beserta dengan judul single yang sama. Namun sayangnya Winwin WayV dan Lucas WayV absen selama promosi album ini karena sedang menjalani karantina di Tiongkok untuk jadwal solo.

Pada 16 Juni, sub unit pertama WayV, yang terdiri dari Kun WayV dan Xiaojun WayV, merilis album singel pertama Back to You, yang berisi tiga lagu. Kemudian dilanjutkan dengan Lucas dan Hendery WayV yang merilis single berjudul Jalapeno. Namun masih tertunda karena masalah yang sedang menimpa Lucas. Tetapi penggemar masih sabar menunggu untuk rilisnya single tersebut.

 

6. Kesuksesan dan Popularitas

Setelah sukses dengan single, mini album, dan duo. Kali ini yang terakhir yaitu bentuk kesuksesan dan popularitas luar biasa yang diterima oleh WayV. Berikut ini sederet kesuksesan dan popularitas yang diterima oleh WayV yang diambil dari Wikipedia:

1. Mini Album The Vision masuk dalam peringkat 10 besar Billboard World Digital Songs (2019)

2. WayV debut pada peringkat ke-4 di Billboard Social 50. Ini sebagai bentuk debut terbaik dalam daftar tersebut sejak XXXTentacion pada Juni 2018.

3. Mini Album Take Off debut pada peringkat ke-7 dalam Billboard World Albums Chart dan meraih peringkat pertama dalam iTunes Top Album Chart di 30 wilayah berbeda.

4. Single Take Off debut pada peringkat ke-2 di QQ Music Weekly Popularity Chart.

5. WayV merilis album mini kedua Take Over the Moon dan masuk dalam peringkat ke-5 di Gaon Album Chart.

6. Lagu Love Talk dalam bahasa Inggris memuncak pada peringkat ke-3 dalam Billboard World Digital Song Sales.

7. Kemudian lagu Love Talk merupakan entri pertama mereka dalam QQ Music Weekly Digital Sales Chart dengan menduduki peringkat ke-2.

8. WayV meraih daftar 3 besar pertama mereka dalam Tencent Music UNI Chart dan Gaon Album Chart untuk album Awaken the World.

9. Kemudian album Awaken the World juga naik pada peringkat ke-9 dalam Billboard World Albums Chart.

10. Untuk single utama Turn Back Time menduduki peringkat ke-12 dalam World Digital Song Sales Chart.

11. Tak hanya itu, album Awaken the World merupakan rilis pertama WayV yang masuk dalam tangga lagu Jepang, dan muncul dalam Billboard Japan Hot Albums dan Oricon Weekly Albums Chart.

12. Kemudian lagu Bad Alive versi Bahasa Inggris berhasil meraih peringkat pertama dalam QQ Music Daily Digital Sales Chart dan mendapatkan sertifikasi emas beberapa jam setelah perilisan.

13. Lagu Bad Alive versi Bahasa Inggris juga meraih peringkat ke-6 dalam QQ Music Weekly Digital Sales Chart.

14. Pada akhir tahun 2020, WayV menerima penghargaan internasional dari Mnet Asian Music Awards dan Asia Artist Awards.

15. WayV juga meraih peringkat ke-3 dalam UNI Chart Top 10 Groups of 2020 berdasarkan prestasi mereka dalam tangga lagu lokal.

16. Mini Album ketiga WayV berjudul Kick Back berhasil menduduki peringkat pertama dalam Gaon Album Chart, serta mendapatkan sertifikasi pertama mereka setelah menjual lebih dari 250,000 eksemplar di Korea Selatan.

17. Kemudian masih banyak lagi kesuksesan dan popularitas yang diterima oleh WayV, baik dalam bentuk grup, duo hingga single.

Itulah perjalanan karir WayV yang sukses menarik perhatian penggemar dari awal debut hingga saat ini. Tidak heran bila setiap album hingga single mereka sukses menarik perhatian seluruh penggemar di berbagai dunia, termasuk Indonesia.

 


REKOMENDASI
TRENDING