KOREA

Populer Pada Masanya, 11 Istilah K-Pop Ini Sudah Mulai Jarang Dipakai Fans - Ada yang Kamu Baru Tahu?

Senin, 10 Oktober 2022 17:00 Penulis: Renisya Satya Putri

istilah K-Pop yang makin jarang dipakai (credit: istimewa)

Kapanlagi.com - Istilah di dunia K-Pop baik yang dibuat oleh idolnya sendiri maupun fandom memang selalu unik dan menarik. Yup, istilah-istilah ini biasa dipakai untuk menggambarkan hal yang sulit dideskripsikan dengan kosakata dalam bahasa mana pun.

Tapi seiring berjalannya waktu, beberapa istilah mulai jarang digunakan lagi. Bagi fans K-Pop baru, mungkin ada beberapa istilah yang asing di telinga. Di sisi lain, fans K-Pop veteran mungkin kangen sama istilah dalam daftar berikut. Penasaran? Intip selengkapnya yuk!

1. Bagel

"Bagel" adalah istilah yang berasal dari gabungan kata dalam bahasa Inggris, "baby" dan "glamour". Istilah ini digunakan untuk menggambarkan seseorang yang dianggap memiliki wajah awet muda, tapi di sisi lain selalu menampilkan sosok yang glamor.

Salah satu idol K-Pop yang mendapat julukan "bagel" dari fans adalah Hyosung, eks member SECRET.

2. Skinship

"Skinship" yang merupakan gabungan dari kata bahasa Inggris, "skin" dan "kinship", banyak digunakan di Jepang dan Korea Selatan. Istilah yang menggambarkan kontak fisik biasa atau sentuhan yang digunakan untuk menunjukkan kasih sayang.

Skinship sendiri biasanya dilakukan antar member dalam sebuah grup idol yang menunjukkan kedekatan satu sama lain.

3. Minihompy

Jauh sebelum media sosial seperti Instagram dan TikTok mendunia, Cyworld adalah situs jejaring sosial Korea yang populer di awal tahun 2000-an. Pengguna dapat membuat beranda mini yang disebut minihompy.

Pengguna bisa menyesuaikan minihomy mereka untuk mengekspresikan diri. Selain itu, mereka juga bisa memberikan hadiah virtual kepada teman-teman sesama pengguna berupa alter ego, avatar, dan lain sbeagainya.

4. Ulzzang

"Ulzzang" yang dieja eoljjang atau uljjang adalah istilah yang berasal dari gabungan kata dalam bahasa Korea "eolgul" yang berarti wajah, dan "jjang" yang berarti terbaik. Yup, istilah yang secara harfiah berarti "wajah terbaik" ini digunakan untuk menggambarkan orang-orang yang dianggap sangat menarik (cantik atau ganteng), yang mendapatkan perhatian dan punya banyak penggemar melalui sekolah, komunitas, atau media sosial mereka.

Banyak idol K-Pop yang dikenal sebagai ulzzang sebelum debut mereka, sebut saja Karina aespa, Irene Red Velvet, Jaehyo Block B, dan Sehun EXO.

5. S-Line

Istilah S-Line digunakan untuk menggambarkan bentuk tubuh bak jam pasir. Seperti lekukan pada huruf "S", bisa dikatakan bahwa pemilik S-Line punya body goals yang diidamkan banyak orang.

Tzuyu TWICE, Seolhyun AOA, dan HyunA adalah beberapa idol yang sering disebut memiliki S-Line oleh netizen dan fans pada khususnya.

6. Kkap

Istilah "kkap" mungkin asing bagi sebagian fans K-Pop zaman sekarang. Tapi, istilah ini begitu populer digunakan di era K-Pop generasi 2.

Kkap sendiri merupakan istilah di mana seseorang dengan sengaja menari secara energik, konyol, dan berlebihan yang sering digunakan untuk momen komedi di variety show. Ada beberapa idol yang menjadi terkenal karena tarian kkap mereka, seperti Jo Kwon 2AM, Min eks Miss A, dan Key SHINee.

7. 4D

"4D" atau "4D personality" digunakan untuk menggambarkan seseorang yang sering terlihat asyik dengan dunianya sendiri. Pemilik kepribadian 4D biasanya tidak dapat diprediksi dan eksentrik dengan cara yang menyenangkan.

Park Bom eks 2NE1, Beomgyu TXT, dan Jisoo BLACKPINK adalah beberapa idol pemilik kepribadian menggemaskan yang siap mencuri perhatian fans kapan saja. Yup, seperti itulah para 4D.

8. Kill-heel

"Kill-heel" adalah variasi dari "killer heels" yang mengacu pada stiletto atau sepatu hak tinggi lainnya. Meski terlihat menawan, di sisi lain kill-heel memiliki potensi berbahaya bagi penggunanya karena bisa menimbulkan kerusakan pada beberapa bagian tubuh jika sering dipakai.

9. Selca

Selca yang merupakan singkatan dari kata "self camera" adalah istilah lain untuk selfie yang banyak digunakan di Korea Selatan. Dari istilah ini muncul tradisi selca day, hari di mana para fans mengunggah foto mengenakan pakaian, bergaya, bahkan menampilkan latar belakang yang sama dengan idolnya.

10. Aegyo-sal

Aegyo-sal yang merupakan istilah dalam bahasa Korea dapat diterjemahkan menjadi "lemak imut (atau indah)" dan mengacu pada kantong lemak di bawah mata. Seiring dengan popularitas K-Pop dan drama Korea, aegyo-sal juga menjadi tren yang mendunia. Biasanya para idol menekankan aegyo-sal mereka menggunakan make-up atau "eye smile" bagi yang memilikinya.

11. Flower Boy

"Flower boy" merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan seorang pria yang memiliki penampilan lembut, kulit halus, sopan santun, serta memakai riasan dan pakaian modis. Istilah flower boy atau kkotminam di Korea Selatan sendiri sudah ada sejak tahun 1990-an.

Meski flower boy masih digunakan sampai sekarang, istilah ini lebih populer pada generasi K-Pop sebelumnya.

Dari list di atas, mana nih yang KLovers baru tahu atau sudah lama nggak dengar dipakai lagi di kalangan fans K-Pop?

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake
REKOMENDASI
TRENDING