15 Kutipan Motivasi Dari Film Anak Indonesia

Jum'at, 04 Januari 2019 18:58 Penulis: Editor KapanLagi.com
15 Kutipan Motivasi Dari Film Anak Indonesia imdb.com

Kapanlagi.com - Sebuah film bukan hanya dirangkai untuk para penonton remaja atau dewasa saja. Anak-anak pun juga harus dijadikan sasaran untuk menikmati sebuah kehidupan lain yang dapat dilihat di layar lebar.

Kini, anak mana yang tidak mengenal karakter Ana dan Elsa dalam animasi sukses Disney yang berjudul Frozen, atau karakter Dory dan Nemo. Ternyata Indonesia juga memiliki film anak-anak yang nggak kalah kerennya loh.

Selain adanya film anak-anak, ternyata dalam adegannya juga terdapat motivasi-motivasi yang bisa kamu tunjukkan kepada adik kalian untuk dijadikan pegangan hidup sehari-hari.
Nah penasaran kan film anak Indonesia apa saja yang di dalamnya terdapat motivasi yang bisa kamu contoh? Berikut 15 Kutipan Motivasi dari Film Anak Indonesia.

1. UNTUK RENA

Credit: (milesfilms.net)Credit: (milesfilms.net)

Maudy Ayunda memang pernah bermain film anak yang berjudul UNTUK RENA bersama Surya Saputra, dan film satu ini disutradarai oleh Riri Riza. Cerita yang dihidupkan dalam film ini cukup sederhana, yakni tentang kehidupan keluarga kecil yang tinggal di sebuah desa dengan hamparan sawah dan latar belakang pegunungan. Rumah mereka bernama 'rumah matahari' panti asuhan dengan tokoh sentral seorang gadis kecil bernama Rena. Namun, suatu hari panti itu kedatangan seorang tamu yang tiba-tiba mengubah situasi kehidupan harmonis mereka.
Dalam adegan film ini terdapat kutipan motivasi yang bisa kamu contoh, yakni "Tidak perlu menghakimi seseorang jika masih belum tau keadaannya bagaimana".

2. GARUDA DI DADAKU 2

Credit: (mizanproduction.com)Credit: (mizanproduction.com)

Sepertinya sebagian besar anak Indonesia sangat menyukai olahraga satu ini. Yups, sepak bola. Bahkan tak jarang anak Indonesia ingin menjadi bagian dari timnas. Pun demikian yang dialami oleh bocah cilik yang bernama Bayu di film ini yang diperankan oleh Emir Mahira.
Kelihaiannya dalam mengolah si kulit bundar membuat sahabat Bayu, Heri, yakin sekali bahwa Bayu bisa mewakili Tim Nasional U-13. Sayang, kakek Bayu, tidak suka dengan hobi cucunya itu. Baginya sepak bola adalah hal yang tidak dapat menjanjikan masa depan yang baik.
"Bagaimana sikap bijaksana dan dukungan dari keluarga sangat dibutuhkan seorang anak dalam meraih impiannya" kutipan motivasi yang bisa diambil dari film ini.

3. DENIAS, SENANDUNG DI ATAS AWAN

Credit: (alenia-pictures.com)Credit: (alenia-pictures.com)

Mungkin film yang satu ini dapat mencerahkan anak-anak Indonesia, khususnya bagi mereka yang hidup di kota-kota besar. Kita bisa melihat kisah Denias, seorang anak dari suku pedalaman di Papua yang ingin mendapatkan pendidikan yang layak untuk dirinya. Dia harus berjalan puluhan kilo jauhnya hanya untuk sekolah. Dalam film garapan John de Rantau dan diproduseri oleh Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen ini, kita juga bisa melihat Pevita Pearce kecil lho. Film DENIAS, SENANDUNG DI ATAS AWAN ini sangat wajib dinikmati oleh anak-anak Indonesia dan keluarga, pasalnya dalam film tersirat motivasi yang bisa kalian contoh.

"pak guru juga yang menguatkan tekad Denias, bahwa anak pedalaman juga bisa sukses".

4. JOSHUA OH JOSHUA

Credit: (kapanlagi.com)Credit: (kapanlagi.com)

Siapa yang tidak mengenal Joshua Suherman, artis cilik yang juga telah beranjak dewasa itu? Pada tahun 2001 lalu, ia dan Mega Utami, salah satu artis cilik juga, pernah membintangi film khusus anak-anak yang diberi judul JOSHUA OH JOSHUA. Dalam film ini, kita juga dapat menikmati lagu-lagu yang dibawakan sangat riang Joshua dan teman-temannya. Kisah yang sederhana, bagaiamana Jojo yang harus bekerja mengamen untuk kehidupan sehari-harinya. Walau hidup susah, Jojo dan temannya, Jejen, tetap senang dan bersyukur akan kehidupannya. Mereka kerap bernyanyi, menari dan tentu saja belajar bersama. Cerita yang sederhana ini mungkin dapat dinikmati anak-anak sekaligus terdapat motivasi yang bisa kita ambil, yakni "bahwa sepahit apapun hidup harus tetap bersyukur dan jangan lupa untuk berbahagia bersama teman-teman".

5. PETUALANGAN SHERINA

Credit: (milesfilms.net)Credit: (milesfilms.net)

Wah, kalau film satu ini anak Indonesia mana sih yang belum menontonnya? PETUALANGAN SHERINA sendiri dirilis pada tahun 2000 lalu, dan langsung dapat menarik banyak penonton Indonesia untuk menikmatinya di layar lebar. Cerita yang sederhana dan dibalut dengan lagu-lagu yang dibawakan Sherina Munaf saat itu memang membuat film satu ini sulit dilupakan. Film besutan Riri Riza ini juga menampilkan alam Bandung yang memesona yang kerap membuat banyak orang setelah menontonnya ingin menikmati lokasi-lokasi tersebut.
Di dalam film PETUALANGAN SHERINA sendiri terdapat kutipan motivasi yang bisa kita tiru loh, yakni "menjalin persahabatan/ persaudaraan tanpa memandang status sosial, dan tolong-menolong sebagai wujud makhluk sosial, keberanian tidak didasari perbedaan gender".

6. LASKAR PELANGI

Credit:(milesfilms.net)Credit:(milesfilms.net)

Kalau film satu ini dapat dikatakan sebagai salah satu film Indonesia tersukses lho. Lokasi yang digunakan dalam film LASKAR PELANGI bahkan kini telah menjadi objek wisata nasional yang dapat menyerap wisatawan lokal dan internasional. Cerita yang diangkat dari novel karangan Andrea Hirata dengan judul yang sama sungguh sederhana nan indah. Kisah seorang bocah bernama Ikal dengan teman-temannya yang sekolah di SD Muhammadyah. Walau sekolah mereka sangat sederhana, tetapi tak mematahkan semangat Ikal dkk untuk terus mengenal dunia lewat pendidikan.
Sehingga kutipan motivasi yang dapat kita ambil dari film ini ialah "Tetap semangat dalam dunia pendidikan walaupun banyak rintangan yang telah di lalui".

7. TENDANGAN DARI LANGIT

Credit: (sinemart.com)Credit: (sinemart.com)

Film besutan Hanung Bramantyo dirilis pada saat libur sekolah. Bercerita tentang Wahyu (Yosie Kristanto), anak yang memiliki kemampuan luar biasa dalam bermain sepak bola.. Dengan memanfaatkan keahliannya, dia menjadi pemain sewaan dan bermain bola dari satu tim desa ke tim desa lainnya.Film yang juga dibumbui drama percintaan remaja antara Wahyu dan Indah (Maudy Ayunda) ini terdapat motivasi yang bisa kita contoh, yakni "Tetap berusaha meraih cita-cita meski banyak halang rintang di depan".

8. SERDADU KUMBANG

Credit: (kapanlagi.com)Credit: (kapanlagi.com)

SERDADU KUMBANG bercerita tentang tiga anak yang bersahabat, Amek, Umbe dan Acan di Desa Mantar, Nusa Tenggara Barat. Mereka hidup dalam kondisi serba kekurangan. Meskipun begitu, tak mengurungkan cita-cita mereka. Amek misalnya, dengan kekurangan fisiknya (bibir sumbing), ia tetap yakin untuk memperjuangkan cita-citanya menjadi presenter TV. Film yang disutradarai Ari Sihasale ini dirilis pada Juni 2011. Sehingga wajar saja jika film ini banyak di tonton oleh penikmat film terutama anak-anak yang membutuhkan motivasi tinggi dalam meraih cita-cita, seperti kutipan motivasi "Meskipun Kekurangan fisik, harus tetap yakin untuk memperjuangkan cita-cita".

9. JENDRAL KANCIL

Credit: (Headline : Kapanlagi)Credit: (Headline : Kapanlagi)

Disutradarai Harry Dagoe Suharyadi, film yang dirilis pada Juli 2012 ini bercerita tentang Guntur (Adam Farrel Xavier) si biang onar di sekolah. Akibat ulahnya, orang tua Guntur menuai banyak laporan dan kewalahan menghadapi panggilan dari sekolah. Namun, di balik kenakalannya, Guntur digambarkan sebagai anak setia kawan dan suka membela teman-temannya. Film ini merupakan remake film dengan judul sama di tahun 1985 yang diperankan oleh Ahmad Albar.
"Pintar di dalam kelas dan cerdik di luar sekolah" itulah kutipan motivasi dalam film ini yang bisa kalian contoh.

10. NAURA AND THE GANK

Credit: (imdb.com)Credit: (imdb.com)

Film yang rilis pada November 2017 ini merupakan film drama musical Indonesia. Bercerita soal Naura, Okky dan Bimo yang terpilih untuk mewakili sekolahnya dalam kompetisi sains di acara Kemah Kreatif. Dari sanalah petualangan Naura dan teman-temannya dimulai. Dalam film ini turut bermain juga aktor dan aktris lain seperti Shelomita, Joshua Rundengan, Totos Rasiti, dan lainnya.
Sehingga dalam film ini terdapat motivasi yang bisa kita ambil, yakni "Mengangkat nilai kebersamaan dan persahabatan yang sangat dibutuhkan anak-anak".

11. MERAIH MIMPI

Credit: (mediacorp.sg/en)Credit: (mediacorp.sg/en)

Film ini merupakan film animasi 3D musikal pertama dari studio animasi di Indonesia. Dirilis oleh Kalyana Shira Films, dengan Nia Dinata sebagai penulis naskahnya dan bintang-bintang besar seperti Jajang C. Noer, Cut Mini, Surya Saputra, Indra Bekti, dan Gita Gutawa terlibat sebagai pengisi suara peran-peran utama film ini. Menceritakan tentang tuan tanah yang kejam dan usaha seorang gadis cilik membebaskan penduduk desa dari kekejaman tuan tanahnya. Kisah ini dipermanis dengan cerita tentang cinta sebuah keluarga, terhadap binatang dan lingkungannya, dan terdapat kutipan motivasi yang bisa kita tiru, yaitu "di mana seseorang diajarkan untuk punya mimpi dan berjuang meraih apa yang diinginkannya".

12. SANG PEMIMPI

Credit: (milesfilms.net)Credit: (milesfilms.net)

Masih diadaptasi dari tetralogi novel LASKAR PELANGI, film SANG PEMIMPI menjadi film terlaris kedua di tahun 2009, dengan jumlah penonton 1,9 juta orang. Film yang dibintangi Lukman Sardi, Ariel Peterpan, Rieke Diah Pitaloka, Mathias Muchus dan bintang lain ini menceritakan tentang perjuangan tiga sahabat yang berjuang mencari identitas diri dan mengejar impian. Dipermanis dengan cerita anak remaja dengan problem cinta dan seksualitas usia 17 tahun, film ini menjadi inspirasi bagi anak remaja Indonesia.

13. TANAH AIR BETA

Credit: (alenia-pictures.com)Credit: (alenia-pictures.com)

Film yang disutradarai oleh Ari Sihasale ini mengisahkan perjuangan seorang anak di daerah perbatasan Indonesia dan Timor Leste, dengan didukung penampilan Alexandra Gottardo, Thessa Kaunang, Robby Tumewu dan Lukman Sardi. Film ini mengisahkan bagaimana beratnya kehidupan di kamp pengungsian, di mana banyak hal berat harus dihadapi. Sebuah perjuangan seorang ibu untuk bertemu dengan anak laki-laki yang terpisah darinya. Menyentuh setiap hati anak-anak dan orang tua, agar bisa saling menghargai di tengah kemudahan teknologi yang saat ini dinikmati.

14. RINDU PURNAMA

Credit: (mizanproduction.com)Credit: (mizanproduction.com)

Film ini disutradarai oleh aktor senior Mathias Muchus, yang mengangkat sekelumit cerita kehidupan anak-anak jalanan. Dalam scene-nya, digambarkan bagaimana mereka hidup dalam sebuah komunitas di tempat yang kumuh dan tak layak huni. Ibarat sudah jatuh tertimpa tangga, tempat tinggal mereka yang kumuh tersebut hendak digusur dan digantikan dengan gedung-gedung pencakar langit sebuah perusahaan. Film ini dibintangi Tengku Firmansyah, Titi Sjuman, dan bintang-bintang baru lainnya. Dalam alur cerita film, disisipkan sebuah drama kasih sayang seorang pengusaha kaya terhadap seorang anak jalanan bernama Rindu. Tak hanya membuka mata terhadap keadaan sekitar, dalm film ini juga terdapat kutipan motivasi yang bisa kita ambil, yakni "kasih sayang orang tua kepada anak-anak sepanjang masa". Jadi buat kalian yang masih memiliki orang tua lengkap, jaga dan sayanglah mereka seperti mereka menyayangi kita sewaktu kecil.

15. JAYDEN'S CHOIR (SIMFONI LUAR BIASA)

Credit: (kapanlagi.com)Credit: (kapanlagi.com)

Film berdurasi 100 menit ini merupakan garapan Awi Suryadi yang diproduseri oleh Delon Tio dan Nita Triyana. Keistimewaan film ini tak hanya karena dibintangi oleh sosok Christian Bautista, pelantun tembang Since I Found You, namun juga melibatkan artis senior lain seperti Ira Wibowo dan Ira Maya Sopha.
Film ini menyentuh setiap hati, dengan menghadirkan anak-anak berkebutuhan khusus yang ternyata piawai dalam bermusik. Christian Bautista, memerankan tokoh Jayden Valarao, sosok musisi yang mendambakan menjadi seorang bintang rock, dan hidup bebas tanpa tujuan yang pasti. Di dalam perjalanan hidupnya, ia bertemu dengan anak-anak berkebutuhan khusus yang tak hanya punya mimpi, namun juga punya semangat hidup tinggi serta tahu ke mana mereka harus melangkah.

Nah itulah beberapa film anak Indonesia yang di dalamnya terdapat motivasi yang bisa kita contoh dan kita tiru di kehidupan sehari-hari.

Penulis: Novi Hardita Larasati

(kpl/mag)


REKOMENDASI
TRENDING