70 Film Siap 'Bertarung' di Ajang FFI 2013 Semarang

Selasa, 24 September 2013 21:01 Penulis: Mahardi Eka
70 Film Siap 'Bertarung' di Ajang FFI 2013 Semarang dok. Merdeka.com/ Parwito
Kapanlagi.com - Sebanyak 70 film layar lebar Indonesia akan memperebutkan posisi nomor satu pada malam puncak penganugerahan Festival Film Indonesia (FFI) 2013 yang digelar di Semarang, Jawa Tengah mulai 5- 7 Desember mendatang.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Menteri Parekraf, Ukus Kuswara dalam sambutanya menyatakan momentum FFI 2013 merupakan sebuah perkembangan industri perfilman nasional oleh insan film. Dibuktikan dalam dekade per Juli 2013 ini sudah mencatat jumlah film sebanyak 77 judul dengan total produksi sekitar 90 film.

“Film nasional Indonesia meningkat 30 persen dari tahun sebelumnya. Jumlah penonton mencapai 1,5 juta orang. Belum lagi, bioskop yang tersebar di seluruh Indonesia,”ungkap Ukus usai pembukaan FFI 2013 di Wisma Perdamaian, Kota Semarang, Jawa Tengah Senin (23/9) malam.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengungkapkan Pemprov Jateng mempunyai program Visit Jateng Years 2013. Secara bersamaan dilaksanakan FFI di Semarang, ajang ini bisa menjadi ajang promosi wisata di Jawa Tengah. Selain itu memperkenalkan Jawa Tengah lebih dekat kepada para insan film.  

“Saya senang didatangi oleh teman-teman insan film. Saya penikmat film dan biar kelesuan film itu bangkit harus kita cubit bersama-sama. Saya kepingin ada nonton bareng (nobar) di kota tua Semarang, ada couching klinik sharing dan work shop tentang film pada sineas muda di Semarang juga. Bisa bangkitnya dunia perfilman di Indonesia bisa secara berkelanjutan,”ungkapnya.

Hadir dalam lounching dan pembukaan FFI 2013, beberapa aktris-aktor  serta sutradara ibu kota seperti artis senior Jenny Rachman, Yati Octavia, Paramitha Rusyadi, Didi Petet, Jeremy Thomas, Doni Damara dan Direktur Perfilman Indonesia Armen Firmansyah maupun artis film layar lebar lainnya.

Artis senior Yeny Rachman, kepada wartawan mengaku ingin membangkitkan kembali perfilman pada era 80-an. Dirinya saat itu dinobatkan sebagai artis terbaik.

“33 tahun lalu saya dinobatkan sebagai artis terbaik di Semarang. Saya berharap FFI di Semarang ini bisa mengangkat dan membangkitkan perfilman. Sebuah festival film Indonesia harus bisa menjadi cambuk dan barometer. Para pekerja kreatif punya satu tantangan kemudian mendapatkan penghargaan menjadi ajang penghormatan tertinggi. Insyallah saya yakin dengan adanya komitmen bapak gubernur dan walikota film akan bangkit dan kita akan mengembalikan kesuksesan film di tahun 80-an,”tuturnya.

Malam penghargaan FFI 2013 ini akan dipusatkan pelaksanaannya di Marina Convention Center Semarang, dan akan diisi rangkaian kegiatan selama tiga hari.

Beberapa rangkaian acara yang akan digelar adalah Pawai Artis, Pesta Rakyat, Apresiasi Film, Pameran Perfilman, Workshop dan Diskusi Film. Kemudian puncaknya diisi dengan detik-detik menegangkan penganugerahan Piala Citra ke-33 dan serta penganugerahan nominator FFI 2013.

 

(mdk/par/dka)

Editor:

Mahardi Eka


REKOMENDASI
TRENDING