FILM INDONESIA

Borong 10 Piala Citra FFI 2018, 'MARLINA' Bersyukur Diapresiasi di Negeri Sendiri

Senin, 10 Desember 2018 01:10 Penulis: Wulan Noviarina Anggraini

MARLINA ┬ętwitter.com/festivalfilmid

Kapanlagi.com - Film MARLINA SI PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK besutan Mouly Surya telah keliling di pelbagai festival bergengsi dunia. Namun pencapaian itu dirasa belum cukup lantaran kurangnya apresiasi di dalam negeri.

Namun hal itu kini terbayar lunas ketika film bersetting Sumba ini berhasil memborong sepuluh Piala Citra dari 14 nominasi di Festival Film Indonesia 2018. Kemenangan didapat untuk kategori Pemeran Utama Wanita, Pemeran Pendukung Wanita, Pengarah Artistik, Penyunting Gambar, Penata Suara, Penata Musik, Penulis Skenario Asli, Pengarah Sinematografi, Sutradara dan terakhir, Film Terbaik.

"Piala Citra adalah bentuk penghargaan, kami senang kalau kami dihargai di negeri sendiri, di negeri tempat kami tinggal dan hidup. Kami bangga karena film kita udah ke mana-mana, tapi yang paling bikin orangtua bangga tetap dari penghargaan yang ada di negara sendiri," kata Rama Adi selaku produser dan penulis skenario ditemui di Teater Taman Ismail Marzuki, kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Minggu malam (9/12/2018).



1. Kemenangan Personal

Di Festival Film Indonesia 2018, kemenangan MARLINA SI PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK tak lagi menjadi kemenangan bersama. Tapi juga kemenangan personal orang-orang di balik layar yang secara nyata diapresiasi.

"Saya senang teman-teman kru dapat apresiasi. Saya senang mereka bisa diapresiasi secara personal, secara mereka sendiri yang naik ke panggung dan dapat piala. Menurut saya itu real buat mereka," tambah Mouly yang juga membantu proses penulisan skenario.


2. Kans Berlaga di Academy Award

Seperti diketahui, MARLINA SI PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK tengah bersaing dalam bursa Best Foreign Language untuk Oscar. Fauzan Zidni selaku salah satu produser mengaku optimis, tapi ia tidak mau terlalu berharap banyak mengingat film saingan dari negara lain cukup berat.

"Tanggal 17 Desember pengumuman shortlist, dari 87 jadi sembilan film, lalu tahun depan jadi lima, habis itu melaju di Oscar. Kita nggak tahu akan kayak apa," kata Fauzan.

Rama Adi menambahkan, "Untuk bisa masuk shortlist, syukur-syukur nominasi, itu kita ikhtiar saja. Cuma, ya, dari 87 negara, 87 film, bayangin aja," pungkasnya.

Film yang memiliki judul internasional MARLINA THE MURDERER IN FOUR ACTS ini berkisah tentang Marlina (Marsha Timothy), wanita Sumba pemenggal kepala perampok yang menyatroni rumahnya. Ia lalu melakukan perjalanan panjang membawa kepala tersebut ke kantor polisi.

(kpl/abs/phi)

Reporter: Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING