Film 'YASMINE' Jawab Kerinduan Masyarakat Brunei

Senin, 18 Agustus 2014 22:51 Penulis: Mahardi Eka
Film 'YASMINE' Jawab Kerinduan Masyarakat Brunei dok. KapanLagi.com®
Kapanlagi.com - Setengah abad lebih masyarakat Brunei menantikan film yang dibuat oleh sineas negeri sendiri. Dan film tersebut akhirnya muncul juga. Sutradara Siti Khamaludin lah yang akhirnya mewujudkannya dalam film berjudul YASMINE.

Ide untuk membuat film ini diakuinya berasal dari kerinduannya sendiri akan film yang dibuat oleh sineas Brunei. "Kalo ada pribadi memang merindukan nonton konten film yang dibuat oleh orang Brunei sendiri," ujarnya saat ditemui di  Brunei Darussalam, Sabtu (16/8). Meski demikian sejatinya ia ingin membuat film yang bisa dinikmati oleh banyak negara, terutama Indonesia yang punya kemiripan bahasa.

Keinginannya itu ternyata bersambut baik karena ia mengaku tak menemui kesulitan berarti dalam menggaet beberapa nama untuk menggarap filmnya. "Sebenarnya gak begitu sulit, karena semuanya berawal dari niat. Pertama kali saya bertemu, saya bilang, 'Brunei tidak punya film, saya rasa kita harus membuat film dengan cerita dari Brunei'. Dan aku gambarkan film yang mau aku garap itu ingin tentang Silat yang ada action-nya. Begitu aku tawarkan dia bilang oke," ceritanya.

Hal yang sama pun dialaminya saat menggaet aktor-aktor dari Indonesia, seperti Reza Rahadian, Dwi Sasono, dan Agus Kuncoro. "Aku dikasih beberapa nama sama dia, aku juga nama sama penulis skenario Salman Aristo, dia merekomendasikan Agus Kuncoro dan Dwi Sasono," cerita Siti.

Untuk pemilihan Reza, Siti punya cerita unik. Saat melakukan riset, secara tak sengaja ia menonton akting sang aktor dalam film HABIBIE AINUN. "Aku sempat nanya 'Itu film apa?'. Kata temanku itu film tentang mantan presiden Indonesia. Nah aku langsung jatuh cinta sama permainan Reza," pungkasnya.

(kpl/hen/dka)

Editor:

Mahardi Eka


REKOMENDASI
TRENDING