Going Viral, Ini Alasan Joko Anwar Minta Netizen Bikin Meme 'Ibu'

Kamis, 12 Oktober 2017 08:15 Penulis: Guntur Merdekawan
Going Viral, Ini Alasan Joko Anwar Minta Netizen Bikin Meme 'Ibu' Joko Anwar © KapanLagi.com®/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Sosok 'Ibu' dalam film PENGABDI SETAN mendadak menjadi pembicaraan banyak orang. Terlebih setelah beredar meme dengan hastag #IbuSudahBisa dan #IbuDatangLagi di media sosial Twitter serta Instagram.

Rupanya orang yang pertama kali membuat hashtag ini ramai adalah Joko Anwar yang tak lain sutradara dan penulis naskah film PENGABDI SETAN versi reboot. Ia meminta netizen untuk berkreasi sebebas-bebas menggunakan gambar 'Ibu' yang duduk di ranjang dan dipindahkan ke latar lain.

Meme 'Ibu' lagi digendong Chicco © TwitterMeme 'Ibu' lagi digendong Chicco © Twitter



Dalam sekejap muncul meme-meme 'Ibu' dalam beragam gaya dari mendadak ikut yoga, menonton dangdut, kapoeira, berselancar air hingga memeluk Chicco Jericho. Lantas, apa alasan Joko meminta netizen 'hancurkan' sosok seram yang dimainkan oleh seniman Ayu Laksmi tersebut?

"Meme itu kebetulan aku sendiri yang buat idenya. Aku kasih satu gambar dan bilang pindahin ibu dong soalnya dia udah kelamaan di ranjang. Aku rasa penonton itu kalau diikutsertakan dalam suatu campaign, mereka akan merasa ini film bareng-bareng. Kita nggak mau men-treat penonton sebagai konsumen aja," ungkap Joko.

Joko otak dari viralnya meme 'ibu' © KapanLagi.com®/Bayu HerdiantoJoko otak dari viralnya meme 'ibu' © KapanLagi.com®/Bayu Herdianto



Selain imbas word of mouth, meme-meme ibu yang luar biasa kocak juga menjadi alasan mengapa masyarakat tertarik sambang ke bioskop. Kepada netizen pun Joko Anwar mengucapkan segenap terima kasih.

"Film PENGABDI SETAN nggak akan bisa mendapat sukses seperti sekarang kalau nggak didukung banyak pihak. Mereka menonton lalu mempromosikan. Kalau nggak ada mereka, film ini nggak bakal berhasil," tutup pria berusia 41 tahun ini seraya tersenyum simpul.

(kpl/abs/gtr)


REKOMENDASI
TRENDING